Sukses

18 Manfaat Jamu Kunir Asem untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan

Manfaat jamu kunir asem juga baik untuk siapa saja.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jamu kunir asem telah lama dikonsumsi sebagai minuman tradisional. Jamu kunyit asam termasuk jamu yang sering dicari, terutama oleh wanita. Manfaat jamu kunir asem sering digunakan untuk mengatasi gejala saat haid.

Selain untuk wanita, manfaat jamu kunir asem juga baik untuk siapa saja. Jamu yang berbahan dasar kunyit ini memiliki segudang khasiat yang menyehatkan. Jamu ini sangat digemari banyak orang karena rasanya yang manis asam dan kaya manfaat.

Manfaat jamu kunir asem didapat dari kandungan kurkumin dalam kunyit dan vitamin dalam asam jawa. Kedua bahan ini bersifat antiinflamasi serta antibakteri. Ini membuat manfaat jamu kunir asem baik untuk menjaga kesehatan.

Ada banyak manfaat jamu kunir asem yang bisa didapat. Berikut manfaat jamu kunir asem, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (1/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Kaya antioksidan

Manfaat jamu kunir asem yang pertama adalah ia kaya antioksidan. Kunyit mengandung kurkumin, zat dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Sementara asam jawa mengandung polifenol seperti flavonoid. Asam jawa juga relatif tinggi magnesium. Ini merupakan mineral penting yang berperan dalam lebih dari 600 fungsi dalam tubuh.

Tingkatkan daya tahan tubuh

Berkat kandungan antioksidan dan anti-inflamasinya, kunyit dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bukan hanya itu, kandungan vitamin C yang terdapat dalam campuran asam jawa, dapat dikatakan sebagai pelindung utama tubuh dari berbagai ancaman bakteri, kuman, dan virus yang dapat menyebabkan penyakit.

3 dari 9 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Atasi peradangan

Zat aktif kurkumin dalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Kurkumin diyakini bekerja memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal. Ada kurang lebih 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit segar yang diparut halus atau versi bubuknya.

Atasi keputihan

Jamu kunir asem juga sering digunakan wanita untuk mengatasi masalah keputihan. Kandungan mineral dan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi serta efektif mencegah keputihan. Manfaat jamu kunir asem ini akan lebih terasa jika konsumsi secara rutin dengan takaran yang wajar.

4 dari 9 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Atasi perut kembung

Manfaat jamu kunir asem bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung. Kurkumin membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Kuyit juga sekaligus membantu lambung menghentikan produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung.

Turunkan berat badan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam jawa memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu kandungan dalam asam jawa juga dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih optimal dan dapat menghambat produksi lemak. Dengan berbagai kandungan asam jawa yang tercampur dalam minuman kunyit asam bisa digunakan sebagai ramuan untuk menurunkan berat badan secara efektif dan tanpa adanya efek samping yang merugikan.

5 dari 9 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Melancarkan haid

Manfaat jamu kunir asem sering digunakan untuk melancarkan menstruasi. Kunyit juga merupakan emmengagog yang dapat merangsang aliran darah di rahim dan daerah panggul. Kunyit memiliki efek antispasmodik pada tubuh, yang memperluas rahim dan menginduksi menstruasi. Jamu kunir asem sering digunakan untuk mengurangi ketidakteraturan haid.

Mengurangi nyeri haid

Kandungan kurkumin dalam kunyit asam bekerja mengurangi ias iaslandin yang dapat memicu peradangan dan rasa nyeri. Bukan hanya itu, campuran kunyit dengan asam jawa juga dapat memberikan pengaruh baik pada ias saraf otak. Di mana otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh agar kontraksi ias dan nyeri yang ditimbulkannya ias berkurang.

6 dari 9 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Hilangkan racun di dalam tubuh

Manfaat jamu kunir asem baik untuk membersihkan racun dalam tubuh. Jamu ini bisa disebut sebagai minuman detoksifikasi. Racun atau toksin dapat ditemui di mana saja, terutama berasal dari polusi udara yang tercemar oleh asap kendaraan. Jika racun tersebut tidak dibersihkan maka akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Hal ini bisa dinetralisir dengan mengonsumsi kunyit asam sebagai detoks alami yang dapat membersihkan semua racun dalam tubuh.

Turunkan risiko penyakit jantung

Jamu kunir asem yang dikonsumsi rutin dapat bermanfaat jangka panjang. Ia dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena kurkumin memiliki fungsi utama sebagai antioksidan dan antiradang. Selain itu dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa mengonsumsi kurkumin secara rutin dapat mengurangi risiko komplikasi akibat penyakit jantung.

Turunkan kadar gula darah

Buah asam memiliki kandungan magnesium dan polifenol yang mampu mencegah penyakit diabetes, tidak terkecuali kunyit yang mampu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, kunyit juga memiliki enzim alpha-amilase yang mampu menghentikan penyerapan karbohidrat. Oleh sebab itu, manfaat kunir asem sering direkomendasikan bagi para pengidap diabetes.

7 dari 9 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Turunkan risiko kanker

Manfaat jamu kunir asem yang tak kalah hebat adalah mencegah kanker. Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki khasiat untuk mencegah penyakit kanker. Kurkumin juga berfungsi sebagai antiperadangan dan antioksidan, sehingga dapat mencegah risiko mutasi sel kanker dalam tubuh.

Tingkatkan fungsi otak

Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit asam mampu meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Dengan begitu, fungsi otak dapat meningkat dengan baik sehingga dapat menghindarkan dari penyakit Depresi, Alzheimer dan penyakit yang menyerang otak lainnya. Manfaat jamu kunir asem ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi secara rutin.

8 dari 9 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Cegah penuaan dini

Manfaat jamu kunir asem baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan dalam minuman ini membantu melawan tanda-tanda penuaan dini dan mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Cegah jerawat

Sering kali para wanita yang menjelang masa haid akan mengalami timbulnya jerawat hormonal di wajah, namun semua itu bisa diatasi dengan kunyit asam. Kunyit asam dapat meredakan peradangan dan mencegah timbulnya jerawat karena mengandung vitamin A dan vitamin C dalam kunyit.

Mencerahkan kulit

Kulit yang cerah bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi kunyit asam secara teratur. Manfaat jamu kunir asem ini dipengaruhi oleh antioksidan dan vitamin C yang dimilikinya. Bekas jerawat hingga wajah kusam dapat Anda atasi dengan rutin dan disiplin mengonsumi kunyit asam.

9 dari 9 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Kurangi bau badan

Manfaat jamu kunir asem juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan. Kurkumin memiliki sifat anti-bakteri yang sangat kuat yang membantu mencegah agregasi bakteri penyebab bau badan di tempat-tempat di mana ada keringat berlebihan seperti ketiak. Untuk mendapatkan hasil maksimal, bisa dengan menambahkan daun beluntas ke dalam ramuan kunyit asam yang akan dikonsumsi.

Perbaiki suasana hati

Minum jamu kunir asem bisa membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati. Kunyit dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi yang luar biasa, yang berpotensi mengurangi peradangan yang terkait dengan gangguan depresi mayor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.