Sukses

Ilmu Adalah Pengetahuan Suatu Bidang, Ketahui Pengertian dan Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang telah disusun menurut suatu metode tertentu sehingga dapat dijelaskan secara rinci dan memiliki kebenaran yang bersifat umum. Sedangkan pengetahuan adalah informasi akan suatu kejadian yang belum teruji kebenarannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, ilmu adalah pengetahuan tentang bidang tertentu yang dibuat secara sistematis. Sederhananya, maka ilmu adalah kumpulan pengetahuan berdasarkan sumber dan teori yang telah disepakati secara bersama. 

Ilmu adalah sesuatu yang pasti kebenarannya karena terbukti secara ilmiah dan bersifat objektif. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari, ilmu sangat bermanfaat untuk semua orang. Dari sebuah ilmu, kita jadi tau kebenaran dan banyak hal.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian ilmu menurut para ahli, manfaat, serta perbedaan ilmu dan pengetahun yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (2/2/2022).

2 dari 4 halaman

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat sejumlah pendapat mengenai pengertian ilmu menurut para ahli, yaitu:

The Liang Gie

Ilmu adalah rangkaian kegiatan manusia yang rasional dan kognitif dengan metode berupa macam-macam prosedur dan susunan langkah yang kemudian akan menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai berbagai gejala kealaman, kemasyarakatan atau individu untuk tujuan mencapai kebenaran yang sebar-benarnya, mendapatkan pemahaman dan memberikan penjelasan atau melakukan penerapan.

Mohammad Hatta

Ilmu adalah pengetahuan mengatur tentang suatu pekerjaan umum, karena akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sama baik dilihat dari kedudukannya ataupun hubungannya yang tampak dari luar, maupun dalam.

Minto Rahayu

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum.

Harold H.titus

Ilmu diartikan sebagai common science yang diatur serta diorganisasikan dengan mengadakan pendekatan terhadap benda atau peristiwa dengan menggunakan cara atau metode observasi yang teliti serta kritis.

NS. Asmadi

Ilmu adalah suatu sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahuai melalui penyeledikan yang sistematis dan terkendali.

Dr. H. Ali As’ad

Ilmu adalah sebuah sifat yang apabila dimiliki seseorang maka akan menjadi jelas mengenai apa yang terlintas di dalam pengertiannya

Nazir

Ilmu adalah suatu pengetahuan yang memiliki sifat umum serta sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum.

Robert Ackerman

Ilmu adalah kajian tajam mengenai pendapat-pendapat ilmiah dan perbandingan terhadap parameter-parameter yang dikembangkan dari gagasan tertentu. Selain itu, ilmu pengetahuan bisa didapatkan dari studi atau latihan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Ilmu bagi Kehidupan

Dalam kehidupan dunia, ilmu berperan penting bagi perkembangan dan kemajuan umat manusia. Berbagai keberhasilan yang dicapai manusia saat ini tidak lepas dari peran ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, setiap orang harus menyadari betapa pentingnya mencari ilmu. Di samping itu, hampir semua agama menyatakan bahwa ilmu dapat meningkatkan kebaikan bagi masing-masing individu. Dengan ilmu, seseorang dapat berperilaku baik di kehidupan sosial masyarakat. Secara umum, berikut ini beberapa manfaat ilmu adalah:

1. Meraih Kesuksesan

Hampir dapat dipastikan keberhasilan atau kesuksesan seseorang selalu berkaitan dengan ilmu yang dimiliki. Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin berpeluang besar bisa meraih kesuksesan. Banyak para pengusaha yang telah membuktikan bahwa ilmu bisa membuat hidup seseorang lebih sukses.

2. Bijaksana dalam Mengambil Keputusan

Manfaat ilmu untuk kehidupan sehari-hari berikutnya yaitu bisa membuat seseorang bijaksana dalam mengambil keputusan. Orang yang berilmu cenderung lebih bijak dan hati-hati dalam menyikapi berbagai persoalan.

3. Memudahkan dalam Beribadah

Tak bisa dimungkiri bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa ilmu. Hampir semua sendi kehidupan membutuhkan ilmu, terutama dalam hal ibadah. Yang mana dengan ilmu, manusia bisa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Ilmu pengetahuan menjadi salah satu kebutuhan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Dengan ilmu pengetahuan, seseorang bisa meningkatkan derajatnya dan juga berpeluang untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik. Meski banyak orang berusaha mendapatkan ilmu pengetahuan, namun sedikit dari mereka yang tertarik untuk mengetahui arti dari kata ilmu pengetahuan. Dan pasti banyak juga orang yang tidak tahu jika dua kata ini memiliki arti yang berbeda.

1. Ilmu

Ilmu adalah sebuah bentuk dari rangkuman dari beragam macam bentuk dari pengetahuan yang dimana terbentuk atas beragam macam teori yang telah dilakukan kesepakatan dan juga akan dapat dilakukan dengan cara yang sistematik dan dilakukan pengujian dari sebuah perangkat metode yang dimana telah diakui  kedalam sebuah bidang ilmu tertentu.

2. Pengetahuan

merupakan sebuah informasi yang dimana disadari dari seorang manusia. Kemudian pengetahuan akan termasuk yang dimana tidak akan dibatasi dari sebuah deskripsi, hipotesis, hingga konsep maupun teori.Pengetahuan sendiri merupakan sebuah bentuk dari gejala yang dimana akan didapatkan oleh manusia dari sebuah pengamatan.