Sukses

10 Keutamaan Puasa Rajab, Beserta Bacaan Niat dan Amalan Sunnahnya

Bulan Rajab merupakan salah satu dari 4 bulan yang diagungkan dan dimuliakan Allah SWT, serta penanda datangnya bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui keutamaan puasa Rajab mampu menguatkan niat untuk menjalankan puasa sunnah pada bulan Rajab. Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalander Islam atau kalender Hijriah. Bulan Rajab menandakan telah dekatnya bulan Ramadan. Selain itu, bulan Rajab juga merupakan salah satu dari 4 bulan yang diagungkan dan dimuliakan Allah SWT.

Setiap datang bulan Rajab, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah, salah satunya dengan melaksanakan dan meraih keutamaan puasa Rajab. Sebab, dengan menjalankan puasa sunah pada 10 hari pertama di bulan Rajab akan mendapatkan keutamaannya.

Tak hanya itu, bagi setiap umat muslim yang taat juga dianjurkan untuk melakukan setiap amalan sunnah di bulan Rajab, supaya mendapatkan pahala berlipat ganda. Amalan sunnah ini dapat menyempurnakan ibadan anda pada bulan Rajab.

Berikut ulasan mengenai keutamaan puasa Rajab beserta bacaan niat dan amalan sunnahnya yang  telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (2/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa Rajab

Berikut ini beberapa keutamaan menjadalan puasa Rajab, antara lain:

1. Puasa sunnah bulan Rajab 1 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sehari di bulan Rajab murni karena Allah tanpa ada niat lainnya, maka akan selalu mendapat ridho agung Allah dan dijanjikan tempat surga Firdaus.

2. Puasa sunnah bulan Rajab 2 hari

Bagi orang muslim yang melaksanakan puasa di bulan Rajab selama 2 hari, akan mendapatkan pahala dua kali hitungan semua gunung di dunia.

3. Puasa sunnah bulan Rajab 3 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah di bulan Rajab selama 3 hari, akan mendapat pahala penghalang neraka.

4. Puasa sunnah bulan Rajab 4 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 4 hari, maka akan mendapatkan pahala diselamatkan dari segala bala' yang menimpa serta diselamatkan dari fitnah Dajjal.

5. Puasa sunnah bulan Rajab 5 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 5 hari, maka akan mendapat ganjaran selamat dari siksa kubur.

6. Puasa sunnah bulan Rajab 6 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 6 hari, akan mendapat jaminan wajahnya bersinar saat keluar dari kubur sebagaimana sinar rembulan tanggal empat belas.

7. Puasa sunnah bulan Rajab 7 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 7 hari, maka akan mendapat pahala tertutupnya tujuh pintu neraka.

8. Puasa sunnah bulan Rajab 8 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 8 hari, maka keutamaannya adalah dibukakan 8 pintu surga.

9. Puasa sunnah bulan Rajab 9 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama sembilan hari, maka keutamaannya adalah bangun dari kubur dan memanggil kalimat 'La ilaaha illallah' dan langsung masuk surga.

10. Puasa sunnah bulan Rajab 10 hari

Sementara itu, bagi orang muslim yang berpuasa sunnah selama 10 hari di bulan Rajab, maka akan mendapat pahala jalan mulus menuju shiratal mustaqim.

3 dari 4 halaman

Bacaan Niat Puasa Rajab

Puasa ini bisa dilakukan selama masih masuk bulan Rajab, dengan catatan menjadi makruh atau tidak baik tapi tidak berdosa jika dilakukan selama satu bulan penuh. Sedangkan, orang yang masih memiliki utang di puasa Ramadan, diperbolehkan mengganti atau mengqadhanya bersamaan dengan puasa sunnah Rajab. Jika dilakukan bersamaan, maka otomatis membayar utang puasa Ramadan, dan dapat pahala sunah puasa Rajab sekaligus.

Sebagaimana puasa pada umumnya, waktu niat puasa Rajab adalah pada malam hari, yakni sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar. Berikut adalah lafal niatnya:

Nawaitu shauma Rajaba sunnatan lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa Rajab, sunnah karena Allah ta‘âlâ.”

Hanya saja, karena puasa Rajab merupakan puasa sunnah, maka bagi orang yang lupa niat pada malam hari, boleh niat siang harinya, yakni dari pagi hari sampai sebelum tergelincirnya matahari atau waktu zuhur. Selagi ia belum melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

4 dari 4 halaman

Amalan Sunnah yang Dianjurkan pada Bulan Rajab

Berikut ini terdapat beberapa amalan sunnah yang dianjurkan pada bulan Rajab, yaitu:

1. Mengadakan salat khusus pada malam pertama bulan Rajab.

2. Mengadakan salat khusus pada malam Jumat pekan pertama.

3. Salat khusus pada malam Nisfu Rajab (pertengahan atau tanggal 15 Rajab).

4. Salat khusus pada malam 27 Rajab (malam Isra' dan Mi'raj).

5. Puasa khusus pada tanggal satu Rajab.

6. Puasa khusus hari Kamis pekan pertama bulan Rajab.

7. Puasa khusus pada hari Nisfu Rajab.

8. Puasa khusus pada tanggal 27 Rajab.

9. Puasa pada awal, pertengahan dan akhir bulan Rajab.

10. Berpuasa khusus sekurang-kurangnya sehari pada bulan Rajab.

11. Mengeluarkan zakat khusus pada bulan Rajab.

12. Umroh khusus di bulan Rajab.

13. Memperbanyak istighfar khusus pada bulan Rajab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.