Sukses

7 Potret Studio Musik Rhoma Irama yang Jarang Tersorot, Bernuansa Alam

Liputan6.com, Jakarta Nama Rhoma Irama tentu sudah tak asing lagi di dunia musik tanah Air. Sosok yang dijuluki Raja Dangdut ini sukses melahirkan karya-karya musik melayu yang legendaris. Semuanya tak lepas dari tempat dan alat musik milik Raden Haji Oma Irama. Berbagai judul lagu tercipta di studio musik yang dapat menampung Soneta Group dalam mengiringi Rhoma Irama Bernyanyi.

Belakangan, YouTuber Atta Halilintar berkesempatan untuk mengunjungi studio yang jadi tempat Rhoma Irama membuat lagu. Memang studio Rhoma Irama jarang tersorot, mengingat studio ini hanya sering dilakukan untuk melakukan latihan. Beberapa kali studio Rhoma Irama digunakan untuk live streaming di saat pandemi. 

Sebagai seorang musisi, mantan suami Angel Lelga ini punya studio yang begitu luas dan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Meski telah menginjak usia 75 tahun, pelantun lagu “Begadang” ini kerap berlatih dengan Soneta Group. Berbagai karya legendaris lahir meramaikan industri musik Tanah Air.

Studio musik Rhoma Irama punya desain yang unik dan minimalis. Penampakan studionya kental dengan nuansa alam. Berikut Liputan6.com merangkum potret studio musik Rhoma Irama melansir dari berbagai sumber, Rabu (2/2/2022).

2 dari 8 halaman

1. Tepat berada di rumah Rhoma Irama, studio musik ini nampak begitu luas yang mampu menampung seluruh crew Soneta Group.

3 dari 8 halaman

2. Lantai warna hijau membuat kesan sejuk dalam ruangan studio, seluruh lantainya tertutupi dengan karpet yang mampu meredam suara.

4 dari 8 halaman

3. Motif dan logo soneta bernuansa arab menjadi identitas musik dangdut Rhoma Irama yang mencampur budaya muslim Timur Tengah dan lantunan lagu melayu.

5 dari 8 halaman

4. Begitu pula tembok yang didekorasi dengan nuansa bebatuan layaknya punggung pegunungan yang menambah kesan alami dan membantu menghasilkan suara yang diinginkan.

6 dari 8 halaman

5. Tak hanya satu, Rhoma Irama bahkan punya beberapa studio lain yang menghasilkan karya besar sang Raja Dangdut.

7 dari 8 halaman

6. Berbicara kelengkapan alat, markas Soneta Group ini punya berbagai peralatan canggih yang menunjang produksi musik mereka.

8 dari 8 halaman

7. Dibangun pada 1982, studio tersebut ternyata terinspirasi dari sebuah studio di Australia yang digunakan untuk memproses lagu 'Satria Bergitar'.