Sukses

Arti dari Barakallah Fii Umrik, Simak Hukum Mengucapkan dan Keutamaannya

Liputan6.com, Jakarta Apa arti dari barakallah fii umrik? Memahami arti dari barakallah fii umrik adalah ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab. Tujuannya, memberikan doa kepada orang lain agar selalu diliputi keberkahan dalam hidupnya.

Apabila dikupas satu persatu sesuai kata pembentuknya, arti dari barakallah fii umrik adalah “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Umurmu” atau “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Kelahiranmu” atau “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Kehidupanmu.”

Dalam kitab berjudul Al-Iqna' fi Halli Alfazhi Abi Syuja oleh Asy Syarbini, hukum memberi ucapan milad seperti barakallah fii umrik adalah mubah. Mubah adalah perbuatan yang condong dianjurkan tetapi tidak ada jaminan pahala. “Tidak sunnah dan tidak pula bid’ah,” dijelaskan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam arti dari barakallah fii umrik, hukum mengucapkan, dan keutamaannya, Kamis (3/2/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Memahami Arti dari Barakallah Fii Umrik

Pertama, memahami arti dari barakallah fii umrik dari istilah “barakallah” yang berasal dari kata dasar bahasa Arab “baaraka” yang memiliki arti berkah, kemanfaatan, dan kebaikan. Kedua, “Allaah” yang artinya Allah SWT.

Kedua, apabila kedua kata berbahasa Arab tersebut digabung menjadi barakallah, maka arti dari barakallah fii umrik dari istilah barakallah adalah “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah” atau “Semoga Allah Memberkahi.”

Ketiga, memahami arti dari barakallah fii umrik berdasarkan kata bahasa Arab “fii” yang memiliki makna kepada, pada, pada yang, tentang, dan masih banyak lagi. Apabila keduanya digabung menjadi barakallah fii, maka artinya “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada” atau “Semoga Allah Memberkahi kepada.”

Keempat, memahami kata bahasa Arab “umrik” yang memiliki makna umur atau usia atau kelahiran atau kehidupan. Apabila ketiga istilah itu digabung, maka arti dari barakallah fii umrik menjadi “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Umurmu” atau “Semoga Allah Memberkahi kepada Umurmu.”

Itulah arti dari barakallah fii umrik, yakni:

1. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Umurmu.”

2. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Usiamu.”

3. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Kelahiranmu.”

4. “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah kepada Kehidupanmu.”

Memahami arti dari barakallah fii umrik adalah umumnya digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun hingga kelahiran seseorang. Tujuan utama mengucapkan arti dari barakallah fii umrik, yakni mendoakan agar orang lain diberi keberkahan.

3 dari 5 halaman

Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun

Memberi ucapan selamat milad atau selamat ulang tahun dalam Islam adalah mubah atau diperbolehkan. Apa arti hukum mubah? Mubah adalah perbuatan yang condong dianjurkan tetapi tidak ada jaminan pahala.

Hal ini merujuk pada kitab berjudul Al-Iqna' fi Halli Alfazhi Abi Syuja oleh Asy Syarbini. Selama ini, para ulama berselisih pendapat tentang hukum memberi ucapan milad. Akan tetapi, pendapatnya tahniah (ucapan selamat) itu mubah.

“Tidak sunnah dan tidak pula bid’ah,” dijelaskan.

Dimubahkannya hukum memberi ucapan milad adalah dengan catatan tidak ada perbuatan munkar seperti menyalakan lilin, campur baur antara laki-laki dan perempuan, permainan musik, memasang gambar, patung, dan lainnya.

Selain “barakallah fi umrik,” arti milad kerap pula disandingkan dengan “yaumul milad” yang artinya juga selamat ulang tahun, ini serapan dari bahasa Arab. Orang yang mengucapnya, belum tentu mereka sosok Islami.

Jawaban yang pas ketika mendapat ucapan selamat milad adalah “Jazakallahu khairan” yang artinya “Semoga Allah membalas dengan kebaikanmu.” Ucapan selamat milad adalah semata wujud terima kasih dengan doa.

4 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Lainnya

1. Barakallahu fii umrik, semoga di umurmu sekarang ini kamu diberkahi oleh Allah SWT. Milad Mubarak.

2. Selamat Ulang Tahun wahai soohibuni, semoga selalu diberi umur yang berkah, sehat selalu dan bahagia di dunia dan akhirat.

3. Barakallahu fii umrik ukhti (saudara perempuan). Semoga selalu diberi kesehatan, selalu diberi umur yang berkah, dan sukses selalu, aminn.

4. Happy Milad Sahabatku, Semoga kamu bisa menjaid pribadi yang lebih bertaqwa lagi, dan semoga engkau selalu diberikan rezeki yang berlimpah serta keselamatan di dunia dan akhirat nanti.

5. Tidak ada nikmat yang paling indah selain umur yang panjang dan berkah yang telah tuhan berikan untukmu. Semoga di usia mu yang sekarang umur mu semakin berkah dan segala yang anda cita-citakan bisa terwujud.

6. Ied milad sahabat terbaikku, bertambah satu tahun lagi usiamu sekarang ini, dan hanya doa yang bisa aku berikan untukmu. Semoga Allah memberimu kesehatan, rezeki yang melimpah dan kesuksesan, serta umur panjang. Aamiin.

7. Miladuki sa’idy. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan disisa umur yang diberikan-Nya. Semoga dapat menjadi wanita yang dirindukan oleh surga. Aamiin.

8. Met milad, barakallahu fii umrik, semoga cita-citanya tercapai, senantiasa ada di dalam rahmat Allah.

9. Milad mubarak, Barakallah fii umrik, semoga kamu sehat selalu dan diberikan rezeki yang melimpah. Aamiin.

10. Happy milad, semoga barokah sepanjang hayat, makin belajar, makin bermanfaat untuk orang lain.

11. Miladuki sa’idy istriku. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan di sisa umur yang diberikan-Nya, semoga dapat menjadi wanita yang dirindukan oleh surga dan menjadi istri serta ibu yang dilimpahkan kebahagiaan selalu. Aamiin.

12. Yaumul milad, barakallahu fii umrik “selamat ulang tahun, semoga Allah senantiasa memberi berkah atas umurmu.

13. Selamat milad untukmu, saudaraku. Semoga semakin diluaskan akalmu, semakin dibersihkan hatimu, semoga jasad semakin cekatan dalam berbuat kebajikan.

14. Milad mubarak! Semoga keberkahan selalu engkau dapatkan, rezeki terus mengalir, dan semoga semua yang engkau citakan tercapai.

15. Selamat ulang tahun! Semoga Allah SWT menerima semua keinginan dan doa sepenuh hatimu hari ini. Barakallah fii umrik.

16. Barakallah fii umrik anakku, yaumul milad sayang. Semoga mimpi-mimpi yang telah kamu bangun dapat tercapai dengan baik. Doa Mama dan Papa akan selalu menyertai setiap langkah hidupmu.

17. Selamat ulang tahun, barakallah fii umrik. Semoga Allah selalu memberimu kebahagiaan dan kesuksesan.

18. Barakallah fii umrik untuk wanita tersayangku, semoga apa pun yang kamu harapkan akan segera terwujud.

19. Pengulangan hari ulang tahun adalah wujud rasa syukurmu kepada Allah SWT, semoga makin istikamah di jalan Allah.

20. Barakallahu fii umrik yaa. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia maupun urusan akhirat.

5 dari 5 halaman

Keutamaan Mengucapkan Barakallah

Ada banyak sekali keutamaan dari mengucapkan “barakallah” kepada orang lain. Ini penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Ucapan Ulang Tahun

Jika mendapati seseorang sedang ulang tahun, kamu bisa mengucapkan kalimat "Baarakallah fii umrik" yang artinya semoga umurmu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

2. Ucapan Pernikahan

Dalam riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengucapkan kalimat “baarakallah" untuk mendoakan pengantin dengan ucapan:

"Baarakallahu Laka wa baaraka alayka wa jama'a baynakuma fii khoir"

Artinya “Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

3. Mendoakan Orang yang Melahirkan

Ucapan "Baarakallah" juga bisa digunakan untuk mendoakan teman atau kerabat yang baru saja melahirkan. Kita bisa mengucapkan:

“Barokallahu laka fil mawhuubi laka wa syakarta al waahib, wa balagho asyuddahu, wa ruziqta birrohu”

Semoga Allah memberkahimu dan anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya.

Lalu jika diberi ucapan tersebut, hendaknya membalas dengan jawaban “Barokallahu laka wa baroka ‘alaika wa jazakallahu khoiron wa rozaqokallahu mitslahu aw ajzalallahu tsawabak”

Semoga Allah juga memberkahimu dan melimpahkan kebahagiaan untukmu. Semoga Allah membalasmu dengan sebaik-baik balasan, mengaruniakan kepadamu sepertinya dan melipatgandakan pahalamu.

4. Ketika Bertemu Sahabat atau Kerabat

Dalam sebuah riwayat hadis, para sahabat Nabi juga saling mengucapkan "barakallah" . Seperti yang dilakukan Abdurrahman bin Auf untuk Said bin Rabi’ al Anshari.

"Baarakallahu Laka Fii Ahlika wa Maalika"

Artinya: Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu pada keluarga dan hartamu (HR. Bukhari)

5. Mendoakan Kesuksesan Orang Lain

Pengucapan Barakallah juga bisa digunakan untuk mendoakan kesuksesan orang lain.  Pada intinya, pengucapan Barakallah ini bisa digunakan agar kita bisa mendoakan keberkahan bagi orang yang kita temui. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.