Sukses

Dimensi Adalah Ukuran, Ketahui Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Dinamis adalah ukuran yang berupa panjang, tinggi, lebar, luas, dll.

Liputan6.com, Jakarta Dimensi adalah istilah yang memiliki pengertian sangat luas. Jika didasarkan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, istilah ini bisa dimaknai sebagai ukuran yang berupa panjang, tinggi, lebar, dan luas.

Selain populer hanya sebagai sebuah istilah, dimensi bisa diartikan dari berbagai sudut pandang, tergantung konteks yang dibicarakan. Salah satu yang menggunakan istilah dimensi adalah bidang kesenian, lebih khususnya yaitu pada seni rupa.

Maksud dari dimensi pada seni rupa adalah suatu karya seni yang memiliki ukuran, bisa berupa panjang, lebar, hingga volume. Adapun panjang, lebar, dan volume tersebut adalah karakteristik khusus dari dimensi.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian dimensi secara luas, beserta jenis dan unsur-unsurnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (3/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Dimensi Secara Luas

KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian dimensi adalah ukuran yang berupa panjang, lebar, tinggi, luas, volume, dll.

Cabang Kesenian

Sedangkan jika dilihat dari karya seni rupa, pengertian dimensi adalah suatu karya seni yang memiliki ukuran, bisa berupa panjang, lebar, hingga volume.

Ilmu Fisika dan Matematika

Sementara, jika dilihat dari ilmu fisika dan matematika, pengertian dimensi adalah ruang yang memiliki ukuran titik koordinat.

3 dari 5 halaman

Dimensi dalam Bidang Kesenian

Istilah dimensi juga digunakan dalam bidang kesenian. Dalam bidang kesenian, dimensi adalah suatu karya seni yang memiliki ukuran, bisa berupa panjang, lebar, hingga volume. Adapun panjang, lebar, dan volume tersebut adalah karakteristik khusus dari dimensi. Dalam karya seni rupa, terdapat beberapa jenis, yakni dimensi satu, dua, tiga, dan empat. Untuk lebih memahaminya, anda perlu mengetahui perbedaan dari keempat jenis dimensi tersebut.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Dimensi

Berikut terdapat beberapa jenis-jenis dimensi adalah:

1. Dimensi Satu

Dimensi satu adalah dimensi yang hanya memiliki satu unsur dimensi saja, yakni panjang. Benda-benda dimensi bisa bergeak dengan bebas ke arah kanan dan ke arah kiri. Contohnya adalah garis.

2. Dimensi Dua

Dimensi dua adalah dimensi yang memiliki dua unsur dimensi, yakni unsur panjang dan lebar. Benda-benda dimensi dua ini bisa bergerak ke arah kanan, kiri, atas, dan bawah. Benda dimensi dua juga sering disebut dengan bangun datar karena berciri memiliki luas dan keliling. Contohnya seperti persegi panjang, persegi, dan segitiga.

3. Dimensi Tiga

Dimensi tiga adalah dimensi yang memiliki tiga unsur panjang, lebar, serta tinggi. Benda-benda dimensi tigas dapat bergerak ke kanan, kiri, atas, bawah, depan, dan belakang. Dimensi tiga disebut juga dengan bangun ruang. Salah satu ciri dimensi tiga adalah dapat diisi benda tertentu karena memiliki volume. Contohnya seperti kubus, tabung, mobil, dan rumah.

4. Dimensi Empat

Hingga saat ini, pengertian dimensi empat masih banyak diperdebatkan. Sebagian ahli mengatakan bahwa dimensi empat sangat berkaitan dengan masalah waktu. Jadi, bisa dibilang jika dimensi empat dapat diartikan sebagai dimensi tiga yang sudah dilengkapi dengan dimensi waktu.

5 dari 5 halaman

Unsur-Unsur Seni Rupa Dua Dimensi dan Tiga Dimensi

Berdasarkan dimensinya, karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi memiliki unsur yang membentuk kesatuan sehingga mempunyai nilai estetika. Unsur-unsur yang membentuk adalah bidang, garis, titik, tekstur, ruang, dan bentuk. Berikut rinciannya:

1. Bidang

Unsur ini terbentuk dari beberapa garis yang menjadi satu kesatuan. Bidang mempunyai dimensi panjang dan lebar. Adapun beberapa jenis bidang di antaranya bidang geometris, bidang simetris, bidang organis, dan lainnya.

2. Garis

Garis dapat terbentuk dari gabungan beberapa titik. Garis biasanya berbentuk memanjang dengan arah tertentu. Unsur ini memiliki beberapa sifat seperti pendek, panjang, vertikal, horizontal, tebal, dan tipis.

3. Titik

Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar dan sederhana. Dari titik, kita bisa membuat sebuah garis atau bidang.

4. Tekstur

Tekstur adalah sifat permukaan sebuah benda. Sifatnya bisa kasar, halus, lembut, licin, mengkilap, dan berpori. Berdasarkan dari jenisnya tekstur terbagi menjadi dua jenis, yaitu tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur nyata mempunyai kesesuaian kandungan dari apa yang ditangkap oleh indera mata dan indera peraba, sedangkan tekstur semu sebaliknya.

5. Bentuk

Bentuk dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bangun dan plastis. Bangun mempunyai bentuk yang polos sedangkan plastis memiliki nilai dan maknanya. Contoh bentuk plastis ialah lemari baju yang memiliki kegunaan untuk meletakkan pakaian.

6. Ruang

Unsur seni rupa ini dapat dimanipulasi berdasarkan bagaimana seorang seniman menempatkan garis, bentuk, bidang, dan warna. Ruang mengacu pada jarak atau area di sekitar, di antara, dan di dalam komponen sebuah karya. Ruang bisa positif atau negatif, terbuka atau tertutup, dangkal atau dalam, dan dua dimensi atau tiga dimensi. Terkadang ruang tidak disajikan secara eksplisit dalam sebuah karya, tetapi ilusi darinya. Ruang dalam unsur seni rupa memberikan referensi kepada penonton untuk menafsirkan sebuah karya seni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.