Sukses

Pengertian Senam Aerobik, Sejarah dan Dasar Gerakannya

Liputan6.com, Jakarta Pengertian senam aerobik termasuk cabang olahraga aerobik. Senam aerobik adalah senam yang paling dinamis dan energik dari semua disiplin senam. Pengertian senam aerobik melibatkan melakukan pola gerakan lincah.

Pengertian senam aerobik menjelaskan tentang ciri, jenis, dan manfaatnya. Senam aerobik termasuk olahraga berintensitas tinggi yang bermanfaat. Pengertian senam aerobik juga dapat menelusuri sejarah awal dari cabang olahraga ini.

Ada banyak manfaat dari senam aerobik. Senam aerobik bisa dilakukan baik secara individu atau kelompok. Jika kamu sedang mencari jenis olahraga aerobik yang menyenangkan, pengertian senam aerobik bisa coba dipahami. Pengertian senam aerobik akan membuatmu paham cara kerja dari senam ini.

Berikut pengertian senam aerobik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (4/2/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Pengertian senam aerobik

Pengertian senam aerobik adalah cabang olahraga senam dengan rangakain gerakan yang disertai dengan irama musik ritmis, kesinambungan, dan durasi tertentu. Senam ini melibatkan melakukan pola gerakan lincah dengan musik yang membuat jantung terpacu.

Senam aerobik meliputi kemampuan menampilkan pola gerakan yang kompleks dan berintensitas tinggi secara terus menerus terhadap musik, yang bersumber dari tarian aerobik tradisional. Senam aerobik merupakan olahraga yang sempurna untuk orang yang aktif untuk membakar energi.

Pola gerakan aerobik adalah kombinasi langkah-langkah tarian aerobik bersama dengan pola gerakan lengan, dilakukan dengan musik untuk menciptakan urutan gerakan berdampak tinggi dan rendah yang dinamis, berirama dan berkelanjutan.

3 dari 6 halaman

Sejarah senam aerobik

Melansir laman resmi Fédération Internationale de Gymnastique, kata "Aerobik" diciptakan pada tahun 1875, ketika Louis Pasteur menemukan bahwa bakteri "Aerobik" tertentu membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Selama tahun 1960-an, seorang dokter Amerika bernama Ken Cooper mengembangkan serangkaian "latihan aerobik" yang dirancang untuk memerangi penyakit kardiovaskular.

Latihan aerobik menjadi bagian dari tren kebugaran di seluruh dunia selama tahun 1980-an, dan kompetisi olahraga yang menampilkan pesaing berpakaian spandeks melakukan rutinitas yang menakjubkan dan melenturkan otot mereka yang melimpah mendapatkan popularitas.

Benih-benih perpaduan Aerobik dengan Senam akhirnya ditaburkan pada tanggal 30 Oktober 1993, ketika federasi yang berafiliasi secara resmi meminta Komite Eksekutif Fédération Internationale de Gymnastique (FIG) untuk memperkenalkan Aerobik sebagai disiplin dalam program kompetisi FIG. Tahun berikutnya, pada Kongres FIG di Jenewa, Presiden FIG Yuri Titov (RUS) mengundang para delegasi untuk menerima pembentukan Komisi Olahraga Aerobik, serta pengorganisasian Kejuaraan Dunia pada tahun 1995.

Pada tahun 1996, FIG secara resmi mengakui Senam Aerobik sebagai disiplin FIG dan terus berkembang sebagai olahraga dalam beberapa tahun terakhir. Disiplin ini sangat populer di Asia, di mana dipraktikkan oleh sejumlah tim universitas.

Sekolah Senam yang kuat di Cina, Rumania, dan Rusia telah beralih ke kesuksesan dalam Senam Aerobik. Beberapa juara olahraga paling produktif memulai karir mereka di disiplin Senam lainnya.

4 dari 6 halaman

Gerakan aerobik

Melansir laman resmi Fédération Internationale de Gymnastique, dasar dari semua rutinitas aerobik terletak pada kinerja dan kombinasi tujuh gerakan aerobik dasar yang melibatkan kedua lengan dan kaki: March, Jog, Skip, Knee Lift, Kick, Jack, dan Lunge. Menguasai gerakan-gerakan ini sering menjadi fokus program senam aerobik pengantar.

Elemen-elemen Senam Aerobik diklasifikasikan ke dalam salah satu dari empat kelompok: Elemen kekuatan dinamis (seperti push-up, push-up eksplosif, penyangga eksplosif, dan lingkaran kaki), Elemen kekuatan statis (termasuk dukungan dan planch), Lompat dan lompatan (termasuk yang mendarat dalam split atau push-up posisi), dan elemen Keseimbangan dan fleksibilitas.

5 dari 6 halaman

Gerakan aerobik

Berikut gerakan dasar senam aerobik:

March

March atau jalan di tempat adalah cara yang bagus untuk meningkatkan detak jantung tanpa membebani persendian. Ini adalah gerakan kardio berdampak rendah yang menghangatkan otot dan mempersiapkan tubuh untuk latihan yang lebih berat.

Jog

Jog atau joging adalah gerakan berlari teratur. Jog dilakukan dengan kecepatan lambat atau santai. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik dengan lebih sedikit tekanan pada tubuh daripada berlari lebih cepat tetapi lebih dari berjalan.

Skip

Skip atau lompatan adalah gerakan aerobik menggunakan otot perut untuk menstabilkan tubuh, kaki untuk melompat dan bahu serta lengan. Skipping meningkatkan detak jantung dan mengencangkan otot.

Knee lift

Knee lift atau mengangkat lutut adalah latihan kardio-intensif yang dilakukan dengan langkah cepat. Ini melibatkan inti, memperkuat semua otot di kaki, dan meningkatkan detak jantung

6 dari 6 halaman

Gerakan aerobik

Kick

Kick atau tendangan adalah latihan kardio berdiri yang meningkatkan detak jantung dan meregangkan paha belakang dan glutes. Ketika dilakukan dengan postur yang tepat, gerakan ini membantu meningkatkan mobilitas pinggul serta fleksibilitas pada glutes dan paha belakang.

Jack

Jack melibatkan gerakan seperti dongkrak. Ini adalah latihan lompat fisik yang dilakukan dengan melompat ke posisi dengan kaki terentang lebar dan tangan di atas kepala, terkadang bertepuk tangan, dan kemudian kembali ke posisi dengan kaki rapat dan lengan di samping.

Lunge

Lunge dapat merujuk pada posisi tubuh manusia mana pun di mana satu kaki diposisikan ke depan dengan lutut ditekuk dan kaki rata di tanah sementara kaki lainnya diposisikan di belakang. Ini melibatkan melangkah maju, menurunkan tubuh ke tanah, dan kembali ke posisi awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.