Sukses

Ceramahnya Soal KDRT Viral, Ini Klarifikasi Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi unggah klarifikasi dan permohonan maaf soal isi ceramahnya.

Liputan6.com, Jakarta Sejak Kamis (3/2/2022) aktris sekaligus ustazah Oki Setiana Dewi ramai dibahas warganet di media sosial. Bahkan namanya pun hingga kini masih menjadi trending topik.

Sosoknya ramai dibahas usai potongan video ceramahnya beredar luas di dunia maya. Dalam video itu tampak kakak Ria Ricis ini sedang menjadi pembicara dan menyampaikan ceramahnya soal istri yang ditampar oleh suami.

Dalam video berdurasi empat menit dan empat detik itu berjudul Tingkat Tertinggi Akhlak Istri. Isinya tentang perempuan yang menutup-nutupi kondisi rumah tangganya, meski terjadi kekerasan.

Isi ceramah tersebut pun menuai perdebatan lantaran diduga menormalkan kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT. Sontak warganet pun membanjiri komentar pro dan kontra di Instagram Oki Setiana Dewi.

Ramai dibahas hingga trending topik, aktris sekaligus penulis dan pendakwah ini pun buka suara. Lewat Insatgramnya, Oki Setiana Dewi menyampaikan klarifikasi dan permohonan maafnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ceramah 2 Tahun Lalu

Dilansir dari akun Instagramnya @okisetianadewi, ia mengunggah video ceramahnya yang viral dan menuai perdebatan itu. Di detik pertama yang diunggah Oki tertulis jika ceramah tersebut adalah ceramahnya 2-3 tahun lalu tepatnya pada 2019 di Masjid Al-Muhajirin, Magelang.

"Assalamu’alaikum sahabat semua, kemarin saya mendapatkan pesan dari beberapa teman mengenai potongan ceramah saya 2 atau 3tahun lalu. Di atas inilah videonya versi lebih panjang" tulisnya.

"Terimakasih atas perhatian dan kasih sayangnya. Tentu saya sangat menolak kekerasan dalam rumah tangga." lanjutnya lagi.

3 dari 4 halaman

Mohon Maaf

Selanjutnya wanita berusia 33 tahun ini pun memohon maaf atas potongan videonya yang singkat sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda-beda.

"Mohon maaf lahir batin atas kesalahan dalam menyampaikan dan semoga Allah mengampuni saya dalam setiap kesalahan-kesalahan saya"

"Mohon doa agar Allah membimbing setiap ucap hingga kedepannya mendatangkan maslahat. InsyaAllah saya akan terus belajar , memperbaiki diri dan menyampaikan dengan lebih baik ke depannya. Mohon bimbingan juga dari sahabat2 semua" tutupnya.

4 dari 4 halaman

Isi Ceramah yang Viral

Diketahui isi ceramah Oki Setiana Dewi tersebut sebenarnya sudah diunggah pada di kanal YouTube pada 20 Maret 2019. Ceramah tersebut berjudul Tingkat Tertinggi Akhlak Istri.

"Membicarakan aib orang lain atau aib suami sendiri, buat apa tema-teman sekalian," kata Oki. Ia kemudian mencontohkan tentang kisah nyata yang terjadi di Jeddah, Arab Saudi.

"Ada sebuah kisah nyata di Jeddah. Suami istri sedang bertengkar. Suaminya marah besar kepada sang istri, dipukullah wajah istri," ungkap Oki. Kemudian istrinya menangis. Tiba-tiba bel pintu rumah berbunyi. Ketika sang istrinya membuka pintu dalam keadaan sembap, ternyata yang datang ibunya.

"Ya Allah istriku ini pasti ngadu ini sama mertuaku ini nih, bahwa tadi baru dipukul," kata sang suami, seperti diungkapkan Oki.

"Anakku, matamu sembap menangis, kenapa?" tanya ibunya.

"Aku nangis itu karena rindu pada ibu dan ayah. Ternyata Allah langsung menjawab doaku, dan kau semakin terharu.. Aku nangis itu karena rindu sama ibu,"

"Ya Allah istriku. Istriku padahal bisa saja mengadu pada ibunya. Aku baru saja memukul istriku. Terjadi KDRT. Istriku itu masya Allah," puji sang suami, seperti ditirukan Oki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.