Sukses

10 Ciri-Ciri Benda Padat dan Contohnya, Mudah Dipahami

Liputan6.com, Jakarta Apa itu benda padat? Memahami benda padat adalah memiliki wujud yang tetap dan tidak bisa mengikuti bentuk wadah. Meski begitu, ciri-ciri benda padat tetap beragam.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan benda padat adalah benda (barang) yang wujudnya padat dan mempunyai bentuk tertentu (seperti batu, besi, dan kayu). 

Benda padat adalah berwujud padat. Dalam buku berjudul Seri Sains: Benda dan Sifatnya oleh Agus Riyadi, dijelaskan ciri-ciri benda padat partikel-partikelnya tersusun rapat, lebih rapat dari wujud benda lainnya.

Jika partikel benda padat menempati pola tertentu yang teratur, maka disebut kristal. Sementara, jika partikel benda padat menempati pola yang tidak teratur, maka disebut amorf.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang ciri-ciri benda padat dan contoh bendanya, Jumat (4/2/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Benda Padat

Memahami benda padat adalah memiliki wujud yang padat dan bentuknya akan tetap. Bagaimana ciri-ciri benda padat? Dalam buku berjudul Seri Sains: Benda dan Sifatnya oleh Agus Riyadi, ciri-ciri benda padat berupa:

1. Ciri-ciri benda padat adalah wujud tidak mengalir.

2. Ciri-ciri benda padat adalah punya kerapatan besar.

3. Ciri-ciri benda padat adalah partikel-partikelnya tersusun rapat.

4. Ciri-ciri benda padat adalah gerakan partikelnya hanya berupa getaran di sekitar pola atau posisi tetapnya.

5. Ciri-ciri benda padat adalah partikel benda padat tidak bebas untuk mengubah kedudukannya.

6. Ciri-ciri benda padat adalah gaya tarik antar partikel sangat kuat.

7. Ciri-ciri benda padat adalah partikel-partikelnya menempati posisi yang tetap.

8. Ciri-ciri benda padat adalah jika partikel benda padat menempati pola tertentu yang teratur, maka disebut kristal.

9. Ciri-ciri benda padat adalah jika partikel benda padat menempati pola yang tidak teratur, maka disebut amorf.

10. Ciri-ciri benda padat adalah pada zat padat kristal, susunan partikel teratur membentuk pola khusus, sehingga muncul geometri tertentu.

3 dari 4 halaman

Contoh Benda Padat

Apa saja yang termasuk contoh benda padat dengan ciri-ciri benda padat seperti yang sudah dijelaskan? Ini contoh benda padat yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Kayu

2. Batu

3. Kerikil

4. Kaca

5. Besi

6. Plastik

7. Gula

8. Keramik

9. Tembok

10. Seng

11. Alumunium

12. Kertas

13. Karet

14. Tanah liat

15. Kain

16. Pensil

17. Bolpoin

18. Rambut

19. Emas

20. Lampu

21. Dadu

22. Daun

23. Tisu

24. Sepatu

25. Kardus

4 dari 4 halaman

Perubahan Wujud Benda

Ada enam perubahan wujud benda yang perlu diketahui, mulai dari padat menjadi cair, padat menjadi gas, cair menjadi padat, dan masih banyak lagi. Ini penjelasan perubahan wujud benda yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Mengkristal

Mengkristal merupakan perubahan wujud benda dari gas menjadi benda padat. Aksi atau tindakan yang menyebabkan proses kristalisasi adalah adanya pelepasan energi panas dari benda.

Contoh terjadinya proses mengkristal adalah berubahnya uap air di udara menjadi salju. Lalu berubahnya udara dalam lemari pendingin menjadi bunga es.

2. Membeku

Membeku adalah proses perubahan wujud dari benda cair menjadi benda padat. Aksi dilakukan untuk mengubah wujud benda cair menjadi padat adalah dengan mendinginkan hingga ke titik beku.

Contoh perubahan wujud benda dengan cara pembekuan yaitu saat air dimasukkan freezer akan menjadi es atau membeku.

3. Menyublim

Proses menyublim adalah perubahan wujud zat pada menjadi uap. Perubahan wujud zat ini bisa berlaku sebaliknya. Contoh proses menyublim adalah kapur barus, pewangi ruangan berbentuk padat, iodium, es kering yang mengandung karbon dioksida padat, dan lain-lain.

Kondisi benda yang berubah dari padat menjadi gas seperti pada kapur barus atau kamper mengalami sublimasi atau menyublim dengan molekul yang saling berjauhan dan tidak beraturan. Ini yang membuat kamper bisa mengeluarkan bau harum karena telah berubah menjadi gas (menyublim).

Fenomena menyublim adalah menurut Encyclopedia Britannica hasil dari tekanan uap dan hubungan suhu. Pengeringan beku makanan untuk mengawetkannya melibatkan sublimasi air dari makanan dalam keadaan beku di bawah vakum tinggi. Seperti halnya ketika ada penguapan karbondioksida beku dari es kering pada tekanan dan suhu atmosfer biasa.

4. Menguap

Menguap merupakan perubahan wujud benda dari cair menjadi gas. Adapun hal yang menyebabkan terjadinya penguapan adalah dengan cara dipanaskan atau menaikan suhu.

Contoh: air yang dipanaskan lama-kelamaan akan mendidih, dan kemudian akan menguap. Hal itu berarti, air berubah dari wujud cair menjadi wujud gas (uap air).

5. Mengembun

Mengembun merupakan perubahan wujud benda yang asalnya berbentuk gas, berubah menjadi bentuk cair. Hal ini akibat adanya paparan energi panas yang dialami benda tersebut.

Contohnya, saat menaruh es batu pada gelas maka bagian luar gelas akan menjadi basah. Selain itu, rumput yang ada di lapangan pada saat pagi hari mejadi basah padahal sore harinya tidak ada hujan.

6. Mencair

Mencair terjadi bila bentuk benda asal adalah padat, kemudian berubah menjadi cair. Tindakan atau aksi yang dilakukan untuk mengubah benda menjadi cair adalah dengan memanaskan atau menaikkan suhu benda.

Contohnya, saat es dalam freezer diletakkan di area terbuka atau di bawah sinar matahari. Setelah beberapa waktu, es tersebut akan berubah menjadi cair. Es yang semula merupakan benda padat telah berubah menjadi benda cair.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.