Sukses

Viral Pesawatnya Diusir, Ini 6 Potret Sukses Susi Pudjiastuti di Dunia Penerbangan

Intip potret sukses Susi Pudjiastuti di Dunia Penerbangan

Liputan6.com, Jakarta Nama Susi Pudjiastuti sudah tak asing lagi bagi masyarakat Tanah Air. Seorang mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini begitu disegani dan selalu menginspirasi. Meski tak lagi menjabat sebagai menteri, namun bisnis dunia penerbangannya begitu cemerlang. Tak lain ialah maskapai Susi Air yang begitu fenomenal. Hingga belakangan beredar video salah satu maskapai Susi Pudjiastuti diusir dari hanggar pesawat oleh sekelompok satpol PP.

Video yang beredar menunjukkan proses menarik paksa pesawat Susi Air dari sebuah hanggar. Video berdurasi 30 detik tersebut pertama kali diketahui oleh Susi setelah mendapatkan tautan dari putrinya, Nadine Kaiser. Sontak hal ini membuatnya kaget dan geram akan aksi yang diketahui terjadi di hanggar Malinau yang ada di Kalimantan Utara.

Tiga pesawat yang dikeluarkan paksa dari hanggar berjenis, Cessna Grand Caravan C200B PK-BVR, Pilatus Porter PK-VVW, serta Air Tractor AT-802 PK-VVY. Satpol PP tampak mendorong 3 pesawat itu menuju luar hanggar, dan membiarkan pesawat itu teronggok di rerumputan tanpa atap. Tanpa pikir panjang, Susi mengunggah ulang video tersebut dalam akun Twitternya dengan memberikan tanggapan. Susi merasa kaget dan kecewa dengan tindakan Pemda Malinau. 

“Seringkali ada kejutan dlm hari-hari kita .. Kejutan hari ini, sy dapat video dari anak saya ttg pesawat Susi Air dikeluarkan paksa oleh sekumpulan Satpol PP dari Hanggar Malinau setelah kita sewa selama 10 tahun ini untuk melayani penerbangan di wilayah Kaltara,” cuitnya, dikutip Jumat (4/2/2022).

Terlepas dari kejadian pengusiran pesawat, kiprah Susi Pudjiastuti telah dimulai sejak tahun 2004. Hingga kini puluhan pesawatnya masih beroperasi dari Sumatera hingga Papua. Berikut Liputan6.com merangkum potret sukses Susi Pudjiastuti di dunia penerbangan melansir dari Instagram @susiairoffficial, dan @susipudjiastuti115, Jumat (4/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mulanya pesawat milik Susi Pudjiastuti digunakan untuk mengangkut muatan hasil laut perusahaan lain milik Susi PT ASI Pudjiastuti.

3 dari 7 halaman

2. Hingga pada tahun 2004, membuatnya terdorong untuk terjun membantu penyaluran logistik dan keselamatan bencana gempa dan tsunami di Aceh.

4 dari 7 halaman

3. Secara bertahap Susi mulai memperbanyak armadanya yang lebih diprioritaskan menjangkau daerah pelosok.

5 dari 7 halaman

4. Jenis pesawatnya didominasi oleh pesawat kecil yang melayani penerbangan lokal, seperti Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, hingga Papua.

6 dari 7 halaman

5. Berbagai jenis pesawat Susi di antaranya seperti pesawat porter dengan 7 penumpang, Helikoper, hingga Pesawat Charter VIP yang mampu menampung 6-8 penumpang

7 dari 7 halaman

6. Kesuksesan Susi Air sangat terasa atas jasanya menghubungkan daerah terpencil yang sulit dijangkau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.