Sukses

9 Ciri-Ciri Teks Eksposisi, Pengertian, Struktur, dan Jenis yang Wajib Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui ciri-ciri teks eksposisi dapat membedakannya dengan jenis teks yang lain. Teks eksposisi adalah karangan yang berisi informasi ataupun pendapat yang disampaikan untuk menjelaskan suatu topik.

Teks eksposisi bersifat ilmiah dan non-fiksi. Sebab, tujuan teks eksposisi tersebut memang untuk menjelaskan sebuah topik kepada pembaca melalui informasi dan data. Informasi yang dipaparkan juga harus jelas dan sesuai fakta  demi bertambahnya wawasan pembaca. 

Biasanya, teks eksposisi akan membahas isu pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan masih banyak lagi. Sebelum menulis teks eksposisi, anda terlebih dahulu memahami ciri-ciri teks eksposisi dan strukturnya.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian teks eksposisi beserta ciri-ciri teks eksposisi, struktur, dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (7/2/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Pengertian Teks Eksposisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian teks eksposisi adalah uraian (paparan) yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan, seperti suatu karangan. Tujuan dalam teksi eksposisi sebagai sarana memberikan informasi-informasi tertentu supaya dapat menjadi jelas untuk menambah wawasan informasi untuk pada pembaca. Tujuan ditulisnya teks eksposisi adalah untuk memberikan informasi, supaya menjadi jelas demi bertambahnya wawasan informasi bagi pembaca teks tersebut.

Sedangkan menurut H. Dalman dalam Keterampilan Menulis (2016), teks eksposisi adalah karangan yang menjelaskan atau memaparkan pendapat, gagasan, keyakinan yang memerlukan fakta yang diperkuat angka, statistik, peta dan grafis, tetapi tidak bersifat memengaruhi pembaca.

Dengan demikian, teks eksposisi artinya penulis harus menyajikan gagasan dengan baik dan mudah dipahami oleh pembaca. Teks jenis ini juga menjelaskan suatu hal, menerangkan proses maupun hubungan satu hal dengan hal lain. 

Teks eksposisi umumnya dibuka dengan pendapat penulis yang memaparkan topik yang dibahas. Kemudian pendapat tersebut didukung dengan fakta dan data yang kuat, bisa berupa pernyataan ahli, data penelitian, hingga kutipan jurnal. Bagian akhir teks eksposisi biasanya berisi kesimpulan berdasarkan hal-hal yang disampaikan sebelumnya. 

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Beberapa ciri-ciri teks eksposisi, antara lain:

1. Ciri-ciri teks eksposisi yang pertama adalah menjelaskan informasi-informasi pengetahuan.

2. Ciri-ciri teks eksposisi yang lainnya adalah gaya informasi yang mengajak.

3. Ciri-ciri teks eksposisi yang lainnya adalah biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana.

4. Ciri-ciri teks eksposisi yang lainnya adalah berusaha menjelaskan tentang sesuatu.

5. Ciri-ciri teks eksposisi yang lainnya adalah gaya penulisannya bersifat informatif.

6. Ciri-ciri teks eksposisi yang lainnya adalah terdapat fakta uraian singkat, padat, dan akurat.

7. Ciri-ciri teks eksposisi yang lainnya adalah berusaha menjelaskan sesuatu.

8. Ciri-ciri teks eksposisi yang lainnya adalah penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku.

9. Ciri-ciri teks eksposisi yang lainnya adalah tak memihak, yang berarti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca.

4 dari 6 halaman

Struktur Teks Eksposisi

Seperti jenis teks yang lain, teks eksposisi juga memiliki struktur di dalamnya. Sebuah teks eksposisi umumnya memiliki tiga struktur berikut ini: 

1. Tesis (pernyataan pendapat)

Bagian ini berisi teori yang nantinya diperkuat oleh argumen. Penulis akan menyampaikan pernyataan dan pandangannya terkait masalah yang di bahas pada bagian tesis. 

2. Argumentasi (bukti atau alasan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis)

Bagian ini mencantumkan bukti yang mendukung pandangan penulis. Argumentasi bisa berupa pernyataan umum, hasil penelitian, kutipan pernyataan ahli, maupun fakta-fakta dari sumber terpercaya.

3. Reintegrasi (pernyataan atau penegasan ulang pendapat)

Bagian tersebut berisi penegasan atas tesis dan argumentasi. Penegasan ulang biasanya terletak pada bagian akhir teks. 

5 dari 6 halaman

Unsur Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Dalam teks eksposisi harus menggunakan kaidah kebahasaan yang sesuai, yakni:

1. Menggunakan pronomina

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pronomina adalah kata yang dipakai untuk mengganti orang atau benda. Contohnya adalah saya, aku, kita, dan kami. Pronomina digunakan dalam bagian pernyataan pendapat atau tesis dan penegasan ulang pendapat.

2. Menggunakan Nomina

Nomina adalah kelas kata yang dalam bahasa Indonesia ditandai oleh tidak dapatnya bergabung dengan kata tidak. Contohnya adalah komunitas, rakyat, atau negara.

3. Menggunakan verba

Verba adalah kata kerja yang menggambarkan proses atau perbuatan. Contohnya adalah dituntut, dibentuk (verbal pasif), mendorong, menetapkan (verbal aktif).

4. Menggunakan adjektiva

Adjektiva adalah kata yang menerangkan kata benda dan dapat melekat pada kata sangat, sekali. Contohnya adalah optimistis, potensial, dan yakin.

5. Menggunakan adverbia

Adverbia adalah kata yang memberikan keterangan pada verba, dan abjektiva. Contohnya adalah tidak berpotensi, sangat optimistis, dan yakin sekali.

6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Berikut ini terdapat sejumlah jenis-jenis teks eksposisi, antara lain:

1. Teks Eksposisi Definisi

Pengertian teks eksposisi definisi adalah paragraf eksposisi yang memaparkan mengenai definisi atau pengertian suatu topik tertentu.

2. Teks Eksposisi Proses

Pengertian teks eksposisi proses adalah karangan yang berisi tahapan-tahapan atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.

3. Teks Eksposisi Ilustrasi

Pengertian teks eksposisi ilustrasi ialah paragraf yang menyajikan informasi dan penjelasan berupa gambaran sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya, yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.

4. Teks Eksposisi Laporan

Pengertian teks eksposisi laporan adalah paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan sebuah peristiwa atau penelitian tertentu.

5. Teks Eksposisi Perbandingan

Pengertian teks eksposisi perbandingan adalah paragraf eksposisi yang berisi ide atau gagasan. Biasanya gagasan tersebut dipaparkan dengan cara membandingkan.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Pengertian teks eksposisi pertentangan adalah paragraf eksposisi yang berisi mengenai hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

7. Teks Eksposisi Berita

Pengertian teks eksposisi berita adalah paragraf eksposisi yang memberikan informasi dari suatu kejadian, sering dijumpai dalam berita atau surat kabar.

8. Teks Eksposisi Analisis

Pengertian teks eksposisi analisis adalah paragraf eksposisi yang memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, kemudian melakukan pengembangan secara berurutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.