Sukses

15 Macam-Macam Jurusan Kuliah Paling Populer dan Prospek Kerjanya

Ada beragam macam-macam jurusan kuliah dan prospek kerjanya yang wajib ketahui oleh calon mahasiswa baru

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam macam-macam jurusan kuliah dan prospek kerjanya yang wajib ketahui oleh calon mahasiswa baru. Meskipun banyak pilihan jurusan kuliah, tak sedikit siswa yang masih bingung akan jurusan kuliah yang akan dipilih.

Hal ini disebabkan, banyaknya pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah, mulai dari minat atau kemampuan hingga prospek kerja setelah lulus kuliah nanti. Memilih jurusan kuliah sesuai dengan bakat yang dimiliki merupakan suatu keharusan bagi siswa SMA yang baru lulus.

Dengan mencari macam-macam jurusan kuliah dan prospek kerjanya akan lebih bisa membantu kamu memilih jurusan dan kampus mana yang kamu minati serta sesuai dengan lulusan SMA baik IPA maupun IPS.

Berikut ini ulasan mengenai macam-macam jurusan kuliah dan prospek kerjanya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (9/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

1. Teknik Informatika

Macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati adalah teknik informatika. Kebutuhan tenaga di bidang teknik informatika juga semakin bertambah. Oleh karenanya, jurusan teknik informatika termasuk dalam jurusan dengan prospek karier kerja yang menjanjikan. Beberapa prospek pekerjaan dengan latar belakang pendidikan teknik informatika antara lain programmer, web developer, pembuat aplikasi, software engineer dan lain-lain.

2. Arsitektur

Macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah jurusan arsitektur. Mahasiswa di program studi arsitektur akan mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan. Profesi arsitek mempunyai prospek yang bagus. Hampir semua perusahaan properti dan konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Selain menjadi arsitek, lulusan arsitektur juga bisa menjadi konsultan.

3. Farmasi

Macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah farmasi. Farmasi adalah jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran kimia. Prospek kerja jurusan adalah spesialis kimia, dokter pengobatan preventif dan apoteker.

4. Statistika

Macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah statistika. Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Fungsi statistika sendiri adalah sebagai pijakan pengambilan keputusan. Tanpa analisis data akurat, pengambilan keputusan tepat tidak akan pernah bisa terjadi. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran matematika. Prospek kerja jurusan adalah peneliti survei, ahli statistik, dan aktuaria.

5. Bioteknologi

Macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah bioteknologi. Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia. Saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat. Hal yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman, serta rekayasa genetika. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran biologi. Prospek kerja jurusan ini adalah ahli biomedis, teknisi pembangkit biomassa, peneliti bioinformatika.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

6. Psikolog

Macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah psikologi. Jurusan psikologi juga punya banyak peminatan, misalnya psikologi anak, psikologi pendidikan, dan psikologi industri lulusan psikologi juga memiliki prospek kerja yang luas. Selain bisa menjadi psikolog, lulusan psikologi juga bisa bekerja sebagai HRD, market research, dan peneliti.

7. Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi juga salah satu jurusan yang paling diminati di fakultas berbasis ilmu-ilmu sosial, selain hukum. Salah satu penyebabnya adalah lulusan ilmu komunikasi memiliki peluang karier yang luas, tidak hanya terbatas di satu bidang. Beberapa prospek kerja lulusan ilmu komunikasi adalah public relation, fotografer, penulis, market research analyst, marketing communication, jurnalis atau yang berkaitan dengan media, dan lain-lain.

8. Hubungan Internasional

Macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah hubungan internasional. Untuk prodi ini, kamu bisa belajar banyak tentang relasi, interaksi antarnegara, diplomasi, kajian sosial transnasional, politik internasional, dan lain-lain. Sedangkan saat lulus kuliah, nantinya kamu bisa kerja sebagai diplomat, peneliti, dosen, atau pun PNS.

9. Ekonomi dan Bisnis

Selain hukum dan ilmu komunikasi, jurusan favorit lainnya di bidang ilmu sosial adalah ekonomi dan bisnis. Ada banyak disiplin ilmu yang bisa dipelajari di sini antara lain seperti akuntansi, manajemen, dan bisnis. Setelah lulus, kamu bisa menjadi akuntan, analis investasi, penasihat keuangan, manajer pajak, konsultan bisnis, ataupun wirausaha.

10. Desain Game

Perkembangan teknologi juga memunculkan profesi serta dunia baru yakni game online. Di balik pembuatan game ternyata ada jurusan kuliah desain game. Desain game adalah macam-macam jurusan kuliah yang terbilang baru dan semakin populer karena permintaan di industri terus meningkat.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Jurusan Kuliah dan Prospek Kerjanya

11. Pendidikan Kedokteran

Macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati adalah pendidikan kedokteran. Tidak heran persaingan masuk jurusan pendidikan dokter terbilang cukup sulit karena banyaknya peminat. Setelah lulus dan mendapat gelar dokter, kamu dapat mengabdi sebagai dokter di klinik dan rumah sakit milik pemerintah ataupun swasta. Jika kamu ingin membuka praktek dokter sendiri, kamu harus mengantongi Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek setelah melalui tahap internship. Pilihan lainnya adalah melanjutkan studi kedokteran lagi untuk mengambil pendidikan dokter spesialis.

12. Teknik Industri

Macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah teknik industri. Teknik Industri merupakan ilmu yang mempelajari proses industri, baik dari sisi manajemen maupun teknik. Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin. Walau demikian, para mahasiswa juga harus mempelajari disiplin ilmu lain, seperti matematika, fisika, fisiologi, bahkan manajemen. Fokus teknik industri adalah perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan, dan energi. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Matematika. Prospek kerja jurusan adalah sales engineer, ahli teknik industri, ahli teknik manufaktur, teknisi produksi manufaktur.

13. Ilmu Hukum

Macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah ilmu hukum. Jurusan ilmu hukum termasuk program studi yang paling populer. Hal itu lantaran lulusan ilmu hukum memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan dan bisa masuk di berbagai bidang pekerjaan. Beberapa prospek kerja lulusan ilmu hukum antara lain praktisi hukum seperti pengacara, notaris, hakim, jaksa, ataupun konsultan hukum. Namun di luar itu, lulusan hukum juga banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan karena kebanyakan perusahaan memiliki divisi legal untuk mengurus perjanjian ataupun kontrak kerja.

14. Ilmu Gizi

Macam-macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah ilmu gizi. Jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia. Ilmu gizi juga mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Yang tak kalah penting adalah mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran biologi ataupun kimia, dengan prospek kerja adalah ahli diet dan nutrisi, praktisi keluarga dan umum.

15. Jurnalistik

Pekerjaan seorang jurnalis semakin banyak diminati oleh anak muda. Lulusan jurnalis banyak dibutuhkan di media cetak, digital, radio atau televisi, atau perusahaan bidang media lainnya. Pekerjaan ini juga memiliki pilihan karier yang banyak seperti penulis konten, editor situs web, produser video, content creator, manajer media sosial, dan seterusnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.