Sukses

10 Makanan Pereda Radang Tenggorokan yang Mudah Didapatkan

Liputan6.com, Jakarta Makanan pereda radang tenggorokan bisa kamu konsumsi saat mengalami masalah kesehatan tersebut. Apalagi, masalah radang tenggorokan ini bisa membuat kamu yang mengalaminya merasakan perih dan kesulitan dalam menelan makanan atau minuman.

Tapi, ternyata radang tenggorokan juga bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Makanan-makanan sehat seperti sup ayam, bawang putih, madu, teh, jahe, hingga pisang merupakan beberapa di antaranya.

Makanan yang baik untuk penderita radang tenggorokan adalah makanan-makanan yang lembut, menyejukkan, dan bergizi. Jadi, selain menghindari berbagai makanan penyebab radang tenggorokan, kamu bisa juga meredakannya dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/2/2022) tentang makanan pereda radang tenggorokan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Makanan Pereda Radang Tenggorokan

Pisang

Makanan pereda radang tenggorokan yang ampuh salah satunya adalah pisang. Hal ini tidak terlepas dari konsistensi buahnya yang lembut dan menyehatkan, sehingga buah berwarna kuning ini cocok menjadi camilan saat kamu mengalami radang tenggorokan. Buah dengan daging yang lembut ini juga mengandung vitamin yang penuh untuk menangani rasa sakit tenggorokan.

Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur atau makanan pereda radang tenggorokan berikutnya. Hal ini disebabkan karena bawang mimiliki kandungan antibakteri dan antivirus. Kamu dapat memilih bawang putih sebagai antibiotik alami dalam meringankan rasa sakit tenggorokan.

Sup ayam

Sup ayam hangat juga dapat menjadi pilihan makanan pereda radang tenggorokan. Hal ini disebabkan karena nutrisi pada sup ayam bisa memberikan sensasi nyaman pada tenggorokan. Menurut penelitian, sup berisi sayuran dan ayam dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan, karena memiliki sifat antiinflamasi yang membantu membersihkan saluran udara. Sayuran dan daging ayam yang ada di dalam sup juga memiliki nutrisi baik untuk orang  yang sedang sakit. Terlebih, kuah kaldu ayam yang hangat dapat membantu membuat tenggorokan jadi terasa nyaman.

3 dari 4 halaman

Makanan Pereda Radang Tenggorokan

Madu

Madu adalah pemanis alami yang dapat membantu melawan infeksi dan membantu penyembuhan luka. Konsumsi madu dapat dilakukan dengan menjadikannya campuran saat minum teh atau pemanis di dalam makanan lainnya.

Mencampurkan segelas teh dengan jahe dan madu akan menenangkan rasa sakit pada tenggorokan. Teh yang memiliki kekuatan untuk melawan infeksi, akan mengurangi peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan.

Jahe

Jahe juga dapat menjadi pilihan makanan pereda radang tenggorokan. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Jahe dapat diolah menjadi berbagai bentuk, salah satunya berupa bubuk minuman hangat atau teh.

Teh

Tidak hanya makanan, ada beberapa minuman yang baik untuk radang tenggorokan, salah satunya teh. Minum teh hangat dapat membantu tenggorokan terasa lebih nyaman sehingga penderita sakit tenggorokan merasa lebih baik. Satu studi menemukan bahwa berkumur dengan larutan teh hijau menjadi makanan pereda sakit tenggorokan setelah operasi. Teh hijau memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu menurunkan peradangan. 

4 dari 4 halaman

Makanan Pereda Radang Tenggorokan

Jeruk

Nutrisi dalam jeruk memiliki khasiat besar untuk menangani infeksi virus yang terjadi pada tenggorokan. Jika kamu merasakan sakit hingga kesulitan menelan, jeruk menjadi pilihan yang tepat untuk penyembuhan yang efektif.

Jamur

Makanan pereda radang tenggorokan berikutnya adalah jamur. Nutrisi yang penting disertai sifat antibakteri yang ada pada jamur mampu menyembuhkan rasa gatal dan sakit pada tenggorokan.

Kunyit

Kunyit juga merupakan salah satu makanan pereda radang tenggorokan yang cukup ampuh. Banyak yang menggunakan kunyit sebagai campuran teh atau campuran herbal berbasis susu. Kunyit dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan karena memiliki sifat penyembuhan, antiseptik, dan antiinflamasi. 

Air Putih

Makanan pereda radang tenggorokan yang terakhir dan paling utama adalah air putih. Penderita radang tenggorokan sebaiknya minum air putih sesering mungkin untuk membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Pastikan bahwa hidrasi tubuh baik untuk membantu proses penyembuhan peradangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.