Sukses

1 Dollar Berapa Rupiah? Pahami Nilai Mata Uang dan Cara Menghitungnya

1 dollar berapa rupiah bisa saja berbeda-beda tiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta 1 Dollar berapa rupiah mungkin menjadi pertanyaan yang kerap muncul bila kamu ingin pergi ke luar negeri, ataupun merencanakan pulang ke Indonesia. Pasalnya, mata uang yang dipakai setiap negara memang ada yang sama dan ada juga yang berbeda-beda.

Harga dollar menjadi salah satu acuan mata uang di dunia. Biasanya harga dolar digunakan untuk membandingkan nilai mata uang negara lain. Hingga saat ini, harga dolar AS masih menjadi pengukuran nilai tukar yang paling populer.

1 Dollar berapa rupiah bisa saja berbeda-beda tiap harinya. Hal ini tentunya merujuk kepada beragam faktor, seperti nailai tukar dollar yang sedang menguat, sehingga nilai tukar ke rupiah menjadi melemah, begitu pula sebaliknya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/2/2022) tentang 1 dollar berapa rupiah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Mata Uang Dollar

Sebelum menjawab pertanyaan 1 dollar berapa rupiah, kamu tentunya perlu mengenal lebih lanjut terkait mata uang dolar. Negara yang menggunakan dollar di antaranya seperti Amerika, Australia, Brunei, Kanada, Hong Kong, Jamaika, Liberia, Namibia, Taiwan, Selandia Baru, dan Singapura. Simbol untuk sebagian besar mata uang dollar adalah $.

Pada awalnya, yang disebut dollar adalah koin perak yang beredar di banyak negara Eropa. Saat ini, dollar AS adalah mata uang paling kuar di dunia. Sebagian besar transaksi internasional dilakukan dalam harga dollar.

Melansir The Balance, sebelum menggunakan dollar, sebagian besar negara mengikuti standar emas. Awal mula harga dollar menjadi acuan nilai mata uang adalah adanya perjanjian Bretton Woods pada 1944. Perjanjian ini diteken oleh 44 negara dan berisi kebijakan moneter pasca perang dunia II. Dalam perjanjian Bretton Woods, negara-negara yang mengklaim dirinya sebagai negara maju berkomitmen mengontrol nilai tukar mata uang lokal dengan dollar AS.

Jika nilai mata uang suatu negara menjadi terlalu lemah relatif terhadap dollar, bank akan membeli mata uangnya di pasar valuta asing. Jika harga mata uang menjadi terlalu tinggi, bank sentral harus mencetak lebih banyak. Produksi percetakan ini akan meningkatkan pasokan dan menurunkan harga mata uang.

3 dari 5 halaman

1 Dollar Berapa Rupiah?

Memantau harga dolar menjadi aktivitas penting bagi pelaku keuangan, ekonomi, hingga perdagangan. Harga dolar sering kali menjadi penentu turun naiknya harga barang dan jasa. Dolar juga menjadi salah satu patokan valuta asing di seluruh dunia.

Nilai tukar memberi tahu berapa harga dolar pada waktu tertentu di pasar luar negeri. Salah satu cara mudah untuk mengetahui nilai dolar adalah dengan memantau kurs valuta asing. 

Harga dolar AS dapat dikatakan kuat ketika nilai tukar ke dolar relatif lebih tinggi terhadap mata uang lain. Alasan dollar AS menjadi mata uang cadangan dunia berawal dari masa pasca perang. Pasca perang dunia II, Amerika Serikat memegang tiga perempat dari pasokan emas dunia. Nilai harga dolar adalah 1/35 dari satu ons emas. Ini membuat tidak ada negara lain yang memiliki cukup emas untuk mengganti dolar sebagai acuan nilai tukar. Perjanjian Bretton Woods membuat dolar AS secara perlahan mengubah standar emas di dunia. Akibatnya, nilai dolar mulai meningkat relatif terhadap mata uang lainnya.

Jadi pertanyaan 1 dollar berapa rupiah bisa kamu cari di lamam Google. Biasanya akan langsung muncul 1 dollar berapa rupiah per tanggal pencarian yang kamu lakukan. Per tanggal 11 Februari 2022, 1 dollar berapa rupiah yaitu Rp 14.348,85 bila dilihat di laman utama Google.

Sementara itu, jika dilihat pada situs Bank Indonesia, 1 Dollar berapa rupiah yaitu Rp 14.415,72. Jadi, setiap kamu ingin mendapatkan 1 dollar AS, maka kamu harus memiliki mata uang rupiah sebanyak Rp 14.415,72.

4 dari 5 halaman

Pengukuran Nilai Dollar

Nilai harga dollar AS diukur dengan tiga cara yakni nilai tukar, catatan Treasury, dan cadangan devisa.

- Nilai tukar. Nilai tukar membandingkan harga dollar dengan mata uang negara lain. Ini akan menentukan berapa banyak mata uang tertentu yang dapat ditukarkan dengan dollar. Pengukuran nilai tukar yang paling populer adalah Indeks Dolar AS. Nilai tukar ini berubah setiap hari karena mata uang diperdagangkan di pasar valuta asing.

Nilai ini tergantung pada beberapa faktor termasuk suku bunga bank sentral, tingkat utang negara, dan kekuatan ekonomi. Ketika faktor-faktor ini kuat, maka hal yang sama juga terjadi dengan nilai mata uangnya.

- Cadangan mata uang asing. Dollar dipegang oleh pemerintah asing dalam cadangan mata uang mereka. Negara yang tidak menggunakan dollar sebagai mata uang utamanya menimbun dolar karena mengekspor lebih banyak daripada yang mereka impor dan menerima dollar sebagai pembayaran. Banyak negara melakukan ini untuk mempertahankan dollar untuk menjaga nilai mata uang mereka lebih rendah.

Ketika dolar menurun, nilai cadangan negara lain juga menurun. Akibatnya, mereka kurang bersedia menyimpan dolar sebagai cadangan. Mereka melakukan diversifikasi ke mata uang lain, seperti euro, yen, atau bahkan yuan Tiongkok.

- Catatan perbendaharaan. Dollar juga bergerak selaras dengan permintaan uang kertas. Departemen Keuangan AS menjual catatan untuk tingkat bunga tetap dan nilai nominal, investor menawar pada lelang perbendaharaan lebih atau kurang dari nilai nominal, dan kemudian mereka dapat menjualnya kembali di pasar sekunder.

5 dari 5 halaman

Harga Dollar Terbaru (11 Februari 2022)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, 1 dollar berapa rupiah bisa juga dilihat dari situs resmi Bank Indonesia. Selain menjawab pertanyaan 1 dollar berapa rupiah, kamu juga bisa menilik nilai tukar mata uang lainnya. Berikut harga dolar dan mata uang asing lainnya, per 11 Februari 2022, dikutip dari situs Bank Indonesia:

Dolar AS (USD)

Harga jual: Rp 14.415,72

Harga beli: Rp 14.272,28

Dolar Australia (AUD)

Harga jual: Rp 10.362,02

Harga beli: Rp 10.253,21

Euro (EUR)

Harga jual: Rp 16.482,93

Harga beli: Rp 16.317,50

British Pound (GBP)

Harga jual: Rp 19.541,95

Harga beli: Rp 19.341,79

Dolar Hong Kong (HKD)

Harga jual: Rp 1.849,81

Harga beli: Rp 1.831,35

Yen Jepang (JPY)

Harga jual: Rp 12.474,66

Harga beli: Rp 12.349,47

Won Korea (KRW)

Harga jual: Rp 12,06

Harga beli: Rp 11,94

Yuan Tiongkok (CNY)

Harga jual: Rp 2.266,87

Harga beli: Rp 2.244,00

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.