Sukses

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Secara Online, Simak Jadwal Gelombang 23 dan Syaratnya

Liputan6.com, Jakarta Kartu Pra Kerja sudah ada sejak 2020, tapi masih banyak  yang belum mengetahui cara daftar Kartu Pra Kerja. Kartu Pra Kerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang tiap pesertanya akan diberikan total Rp 3,55 juta secara bertahap. 

Program Kartu Pra Kerja sendiri merupakan salah satu program bantuan biaya untuk pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan untuk para pelaku usaha. Bantuan ini ditunjukkan untuk para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK hingga pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, dan semua pelaku usaha mikro dan kecil.

Dikutip dari laman resminya prakerja.go.id, untuk sementara waktu, program ini akan diprioritaskan untuk pekerja atau buruh yang terkena PHK, akibat dampak dari pandemi Covid-19. Lalu bagaimana cara daftar Kartu Pra Kerja dan syaratnya?

Berikut ini ulasan mengenai cara daftar Kartu Pra Kerja, jadwal gelombang 23, dan syaratnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (14/2/2022).

2 dari 6 halaman

Mengenal Kartu Pra Kerja

Sebelum mengetahui cara daftar Katu Pra Kerja, ada baiknya bila anda mengetahui apa itu Kartu Pra Kerja. Seperti yang dijelaskan di atas, program Kartu Pra Kerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Kartu Pra Kerja merupakan kartu yang diberikan kepada pencari kerja atau pekerja untuk mendapatkan layanan pelatihan vokasi (skilling dan re-skilling). Skilling menyasar bagi pencari kerja berstatus fresh graduate baik baru lulus sekolah maupun kuliah.

Sementara re-skilling menyasar pekerja ter-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau berpotensi ter-PHK. Pembekalan bertujuan memberikan keterampilan yang berbeda atau baru untuk alih profesi misalnya menjadi wirausaha. Tujuan program Kartu Pra Kerja adalah mengurangi pengangguran maupun mencegah pengangguran kembali. Kartu ini juga digunakan untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi kerja.

Dalm hal ini, BUMN dan BLK juga ikut andil dalam program Kartu Pra Kerja tersebut. Para pemilik Kartu Pra Kerja bisa memilih langsung pelatihan atau kursus yang diminati melalui platform digital yang telah disiapkan pemerintah. Akan ada berbagai jenis pelatihan yang disiapkan. Kartu Pra Kerja ini diproyeksikan bisa menyasar 2 juta orang peserta yang akan difasilitasi dengan pelatihan vokasi seperti keterampilan di bidang manufaktur, pariwisata, ekonomi digital, dan sebagainya.

3 dari 6 halaman

Kapan Jadwal Gelombang 23 Dibuka

Pendaftaran Kartu Pra Kerja 2022 gelombang 23 masih belum dibuka hingga saat ini. Namun demikian, masyarakat yang ingin daftar Kartu Pra Kerja dapat melakukan pendaftaran akun di laman www.prakerja.go.id. Pembuatan akun Pra Kerja sendiri sudah dibuka sejak Rabu, 5 Januari 2022.

Bagi Anda yang berminat daftar Kartu Pra Kerja, bisa langsung mengunjungi situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar dari sekarang. Sementara bagi yang sudah memiliki akun Pra Kerja, nantinya hanya tinggal klik gabung dan mengikuti seleksi saat program Kartu Pra Kerja gelombang 23 dibuka.

"Sobat Pra Kerja, sambil menunggu pembukaan gelombang, pastikan sudah membuat akun di situs resmi www.prakerja.go.id," tulis akun instagram @prakerja.go.id

4 dari 6 halaman

Syarat Pendaftaran Program Kartu Pra Kerja

Sebelum melakukan cara daftar Kartu Pra Kerja, peserta harus memperhatikan syarat yang perlu dipenuhi. Berikut informasi mengenai syarat untuk mendaftar Kartu Pra Kerja yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar:

1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Berusia 18 tahun ke atas.

3. Calon peserta tidak sedang menempuh pendidikan formal.

4. Calon peserta sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, pelaku usaha mikro dan kecil.

5. Calon peserta bukan penerima bantuan sosial (bansos) lainnya selama pandemi Covid-19.

6. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa, perangkat desa dan direksi/komisaris/dewan pengawas di BUMN atau BUMD.

7. Maksimal 2 NIK di dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang diperbolehkan menerima Kartu Pra Kerja.

5 dari 6 halaman

Cara Buat Akun Prakerja

Untuk mengikuti program Kartu Pra Kerja gelombang 23 nantinya, calon peserta wajib memiliki akun Pra Kerja di situs www.prakerja.go.id. Simak cara daftar akun Pra Kerja di bawah ini:

1. Kunjungi situs resmi Kartu Prakerja (www.prakerja.go.id).

2. Masukan email yang Anda gunakan lalu klik tanda panah biru di samping kotak email.

3. Mengisi data untuk pendaftaran yang terdiri dari alamat email dan password.

4. Klik Daftar.

5. Akan ada notifikasi verifikasi via email.

6. Buka email dan lakukan verifikasi yang sudah dikirimkan melalui email.

6 dari 6 halaman

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Berikut cara daftar Kartu Pra Kerja secara online yang perlu anda ketahui, yaitu:

1. Setelah berhasil membuat akun Pra Kerja, lakukan login akun di situs resmi www.prakerja.go.id.

2. Verifikasi data KTP dengan mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir sebagai calon peserta.

3. Klik tombol Lanjut.

4. Lengkapi data diri yang diminta dengan sesuai dan benar.

5. Pastikan nama lengkap calon peserta dan nama ibu kandung calon peserta sudah sesuai (jika ada data yang tidak sesuai, silahkan langsung hubungi Dukcapil melalui nomor telepon 1500537, WhatsApp/SMS ke 08118005373, atau via email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id).

6. Unggah foto KTP sesuai dengan ketentuan yang sudah dicantumkan agar mempermudah proses verifikasi e-KTP.

7. Jika sudah selesai mengisi data, silahkan verifikasi nomor HP dan klik tombol Kirim.

8. Masukkan kode OTP yang dikirim via SMS ke No HP calon peserta, lalu klik Verifikasi.

9. Isi kolom Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi calon peserta.

10. Jika sudah selesai mengisi, silahkan klik Oke.

11. Lakukan tes motivasi dan kemampuan dasar dengan mengklik Mulai Tes.

12. Pilih gelombang yang sesuai dengan domisili calon peserta dan klik Gabung.

13. Akan muncul surat Persetujuan Pra Kerja yang berisi pernyataan, silahkan baca dengan seksama dan klik Saya Menyetujui jika calon peserta benar-benar menyetujui persetujuan yang tertera.

Setelah anda mengikuti setiap cara daftar Kartu Pra Kerja hingga selesai, pihak Kartu Pra Kerja akan mengevaluasi hasil tes tersebut. Notifikasi kelolosan akan dikirim melalui SMS dan email setelah penutupan gelombang. Jika calon peserta masih belum berkesempatan untuk lolos, silahkan mengikuti program Kartu Pra Kerja gelombang berikutnya yang bisa dipilih kembali di dashboard akun Kartu Pra Kerja calon peserta.