Sukses

10 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Secara Alami, Aman dan Ampuh Banget

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya muncul di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lain, seperti di punggung. Jika Anda mengalami jerawat punggung, ada beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung yang bisa Anda coba. Cara tersebut termasuk cara alami ataupun dengan obat-obatan dari dokter. 

Penyebab munculnya jerawat di punggung umumnya tidak berbeda dengan penyebab munculnya jerawat di wajah. Jerawat bisa muncul ketika folikel atau tempat tumbuhnya rambut di kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak alami kulit atau sebum. Folikel yang tersumbat kemudian bisa membengkak dan meradang bila terinfeksi bakteri. Kondisi inilah yang disebut jerawat.

Tak hanya itu, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat di punggung atau di bagian tubuh lainnya, seperti perubahan hormon, stres, efek samping obat-obatan tertentu, sering berkeringat, dan faktor genetik.

Berikut ini ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami dan penyebabnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (15/2/2022).

2 dari 4 halaman

Penyebab Jerawat di Punggung

Berikut ini beberapa penyebab jerawat di punggung yang perlu anda ketahui, antara lain:

1. Hormon

Perubahan hormonal pada masa remaja seringkali menjadi penyebab timbulnya jerawat. Akan tetapi, bagi wanita yang sudah melewati masa puber, munculnya jerawat bisa dikaitkan dengan perubahan hormonal yang terjadi selama menstruasi dan kehamilan.

2. Keringat

Keringat, terutama jika terjebak di bawah pakaian ketat, bisa memperparah jerawat. Tak hanya itu, rambut panjang yang berminyak juga bisa meningkatkan jerawat di punggung.

3. Stres

Meski bukan penyebab langsung munculnya jerawat, stres bisa menjadi faktor pemicunya.

4. Makanan

Beberapa penelitian menunjukkan, makanan yang kita makan dapat dikaitkan dengan jerawat. American Academy of Dermatology menyebut ada beberapa bukti bahwa karbohidrat tertentu (misalnya roti putih, keripik kentang) yang disebut dapat meningkatkan kadar gula darah juga dapat menyebabkan jerawat.

5. Tempat tidur yang kotor

Anda mungkin menghabiskan banyak waktu di tempat tidur. Jadi layak untuk menjadikannya tempat yang sehat tanpa bakteri dan jamur. Jerawat punggung bisa dimulai dari rendahnya tingkat kebersihan tempat tidur. Seprai dapat menjadi tempat tinggal dasar untuk bakteri, dan juga dapat mengumpulkan kotoran dan minyak dari waktu ke waktu, jadi ini penting untuk mencuci dan mengganti seprai secara berkala. Mengganti seprai juga dapat mencegah masalah kulit lainnya seperti eksim, infeksi, hingga alergi.

3 dari 4 halaman

Cara menghilangkan Jerawat di Punggung Secara Alami

Setelah menetahui penyebab jerawat di punggung, berikut ini terdapat beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung, yaitu:

1. Bersihkan diri setelah beraktivitas

Cara menghilangkan jerawat di punggung yang pertama adalah dengan membersihkan diri setelah beraktivitas. Keringat yang banyak bermunculan, misalnya pada saat setelah berolahraga atau kepanasan, dapat menumpuk dan menyumbat folikel rambuh. Hal ini dapat membuat jerawat di punggung mudah tumbuh. Oleh karena itu, segeralah mandi dan jangan lupa untuk bersihkan bagian punggung, terutama setelah tubuh banyak berkeringat.

2. Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Cara menghilangkan jerawat di punggung yang lainnya adalah menggunakan pakaian yang menyerap keringat. Agar tubuh tidak banyak berkeringat dan tetap sejuk, gunakanlah pakaian dengan bahan yang mampu menyerap keringat, misalnya katun. Hindari pakaian yang terbuat dari bahan sintetis, seperti poliester, karena bahan ini tidak mampu menyerap keringat dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu mengganti pakaian ketika pakaian sudah basah karena keringat. Jika dikenakan terlalu lama, pakaian yang basah terkena keringat dapat menyebabkan jerawat di punggung mudah muncul.

3. Oleskan obat jerawat

Jerawat di punggung bisa diatasi dengan obat jerawat yang bisa dibeli bebas, seperti obat jerawat yang mengandung asam glikolat, asam salisilat, atau benzoil peroksida. Obat-obatan tersebut tersedia dalam bentuk krim, salep, atau gel. Oleskan obat jerawat pada punggung yang berjerawat sebanyak 2 kali sehari atau sesuai petunjuk penggunaan produk. Saat mengoleskan obat jerawat di punggung, tunggulah sampai beberapa menit hingga obat tersebut meresap sebelum Anda menggunakan pakaian.

4. Jagalah kebersihan rambut

Cara menghilangkan jerawat di punggung yang lainnya adalah menjaga kebersihan rambut. Rambut panjang yang tergerai hingga ke punggung ternyata bisa meningkatkan risiko terbentuknya jerawat punggung. Hal ini dikarenakan kotoran dan minyak pada rambut dapat menyumbat pori-pori kulit di punggung. Oleh karena itu, jika Anda memiliki rambut yang panjang, Anda disarankan untuk lebih sering mengikat rambut saat beraktivitas dan keramas secara teratur.

5. Kurangi konsumsi makanan tertentu

Makanan yang banyak mengandung gula atau memiliki indeks glikemik yang tinggi diduga dapat menyebabkan jerawat lebih mudah muncul. Oleh karena itu, untuk mengatasi jerawat punggung atau di tempat lainnya, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi, seperti nasi putih, roti tawar, mi, kentang goreng, cemilan manis, seperti kue dan es krim, serta minuman bersoda. 

 

4 dari 4 halaman

Cara menghilangkan Jerawat di Punggung Secara Alami

Setelah menetahui penyebab jerawat di punggung, berikut ini terdapat beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung, yaitu:

6. Lakukan kksfoliasi secara rutin

Cara menghilangkan jerawat di punggung yang lainnya adalah eksfoliasi. Selain mandi, kebersihan tubuh dapat terjaga maksimal dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Tujuannya adalah memastikan sel kulit mati di punggung benar-benar sudah terangkat. Caranya adalah dengan dengan melakukan scrub atau lulur. Langkah ini dapat dilakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu. Jika sudah berjerawat, sebaiknya hindari eksfoliasi agar tidak memperparah jerawat di punggung.

7. Kompres air hangat

Kompres hangat menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat di punggung. Tujuannya adalah membuka pori-pori dan mengempeskan jerawat. Cara yang satu ini memungkinkan nanah muncul ke luar permukaan kulit, sehingga jerawat akan pecah dengan sendirinya. Untuk mengompresnya, kamu bisa menggunakan kapas, kain, atau handuk yang diletakkan di punggung selama 15–20 menit.

8. Konsumsi makanan sehat

Seperti yang sudah disampaikan di atas, makanan bisa menjadi pemicu munculnya jerawat di punggung. Karena itu Anda bisa memulai pola makan sehat untuk mencegah muncul jerawat di punggung. Anda bisa memulai makan makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian utuh.

9. Berhati-hati dalam menggunakan tabir surya

Cara menghilangkan jerawat di punggung yang lainnya adalah berhati-hati dalam menggunakan tabir surya. Tabir surya yang berminyak juga bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Oleh karena itu, pastikan memilih produk yang bebas minyak dan ringan di kulit.

10.Mengganti sprei

Cara menghilangkan jerawat di punggung lainnya adalah dengan mengganti sprai dan handuk dengan lebih teratur setiap minggu. Jangan lupa cuci menggunakan deterjen yang aman juga.