Sukses

12 Cara Mencegah Kanker Payudara, Perhatikan Gaya Hidup dan Konsumsi Makanan

Cara mencegah kanker payudara bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah kanker payudara bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini mencakup pola makan gizi seimbang, olahraga rutin, cukup istirahat, hingga pengelolaan stres yang baik. Memiliki pola hidup yang sehat mutlak harus dipenuhi untuk mencegah terjadinya kanker payudara.  

Menjaga gaya hidup sehat mulai dari makanan, berolahraga, dan menghindari berbagai penyebab kanker payudara dapat membuat kamu terhindari dari penyakit mematikan tersebut. Selain itu, bagi wanita yang diketahui memiliki risiko tinggi mengalami kanker payudara, pemeriksaan rutin dan teliti sangat diperlukan.

Cara mencegah kanker payudara perlu diperhatikan karena merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita. Penyakit ini juga termasuk penyebab kematian utama wanita. Segera berkonsultasi dengan dokter bila kamu mengalami berbagai gejala kanker payudara agar bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/2/2022) tentang cara mencegah kanker payudara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kanker Payudara

Konsumsi Makanan Sehat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara mencegah kanker payudara yang paling utama yaitu memperhatikan konsumsi makanan, yaitu dengan mengutamakan makan sehat. Pola makan sehat dengan mengutamakan asupan buah, sayuran, kacang-kacangan termasuk kacang kedelai, minyak sehat, dan antioksidan yang tinggi, dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Wanita yang sudah terkena kanker payudara pun hidupnya dapat lebih berkualitas, jika menghindari makanan berlemak. Daging berlemak, sosis, krim, margarin, mentega, dan minyak adalah berbagai jenis makanan yang harus dihindari sebagai usaha pencegahan kanker payudara.

Olahraga Secara Teratur

Salah satu cara mencegah kanker payudara yang tidak kalah penting adalah berolahraga dengan teratur. Aktif secara fisik dapat menurunkan risiko kanker payudara. Sebaliknya, risiko kanker payudara meningkat pada wanita yang sudah bertahun-tahun tidak pernah mengolah fisiknya lagi. Standar untuk melakukan olahraga intensitas sedang (seperti bersepeda dan jalan cepat) adalah selama 2 jam 30 menit per minggu.

Hindari Paparan Radiasi

Selain itu, cara mencegah kanker payudara juga bisa dilakukan dengan menghindari terkena paparan radiasi. Ada beberapa hal yang mungkin membuat kamu terpapar radiasi tingkat tinggi, misalnya menjalani pemeriksaan CT scan, bekerja di fasilitas kesehatan yang menggunakan radiasi, dan terpapar asap kendaraan atau bahan-bahan kimia. Jadi, lindungi dirimu dari paparan tersebut dan hindari semaksimal mungkin.

Konsumsi Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Makanan bernutrisi yang mampu menjadi cara mencegah kanker payudara bisa didapatkan dari sayuran berwarna hijau gelap. Hal ini dikarenakan sayuran dengan warna hijau pekat memiliki antioksidan tinggi dan serat yang dapat menjadi antikanker.

Ada banyak nutrisi baik yang ada pada sayuran berdaun hijau gelap. Nutrisi terbaik pada sayuran ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal sel kanker. Kandungan nutrisi pada sayuran berdaun hijau gelap seperti vitamin B, fitokimia, klorofil, dan lain sebagainya. Kamu bisa mendapatkan sayuran dengan warna hijau pekat dari bayam, kangkung, sawi, kubis, lobak, dan bit hijau.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kanker Payudara

Menjaga Berat Badan Ideal

Cara mencegah kanker payudara selanjutnya adalah menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan memiliki kaitan yang erat dengan risiko kanker payudara. Wanita yang mengalami obesitas setelah masa menopause memiliki risiko terkena kanker payudara hingga 20 - 40 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang mempunyai berat badan normal.

Perubahan berat badan dan waktu terjadinya kenaikan berat badan ini diduga berkaitan dengan keadaan hormon estrogen dan insulin di dalam tubuh. Dengan begitu, kamu harus senantiasa menjaga berat badan tetap ideal agar tidak terkena kanker payudara.

Menghindari Rokok

Bagi kamu yang merokok, sebagai salah satu cara mencegah kanker payudara, kamu harus menghentikan kebiasaan tersebut. Kamu yang pernah menjadi perokok saja masih memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 6-9 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah merokok sama sekali. Kondisi yang lebih buruk bisa kamu alami jika masih aktif merokok, yaitu 7-13 persen lebih berisiko untuk terkena kanker payudara.

Menghindari Minuman Beralkohol

Cara mencegah kanker payudara berikutnya adalah dengan menghindari minuman beralkohol. Mengonsumsi minuman beralkohol satu gelas tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 7-12 persen. Potensi terkena kanker payudara akan lebih tinggi jika biasa minum minuman beralkohol lebih dari segelas per hari. Hal ini dapat terjadi karena ada kaitan antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah. Karena itu, sebaiknya kamu menghindari konsumsi minuman beralkohol.

Buah Berry

Makanan sebagai cara mencegah kanker payudara yang bisa kamu konsumsi adalah aneka buah berry. Ada berbagai macam buah berry seperti blueberry, stroberi, dan raspberry hitam yang dikenal ampuh untuk mencegah kanker payudara.

Hal ini dikarenakan buah berry memiliki kandungan polifenol yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan ini bersifat antikanker. Selain itu, buah berry juga kaya akan aktioksidan seperti vitamin C. Buah berry dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Untuk merasakan manfaat buah berry guna mencegah kanker payudara, masih belum ada jumlah yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Melansir Healthline, kamu bisa mengonsumsi satu porsi buah berry yang setara dengan 3/4 hingga 1 cangkir. Memenuhi kebutuhan nutrisi dari buah berry setiap harinya akan membantu mengurangi risiko terjangkit kanker payudara.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kanker Payudara

Menyusui Bayi Secara Teratur

Bagi kamu yang sudah menikah dan mempunyai bayi, salah satu cara mencegah kanker payudara adalah dengan menyusui bayi dengan teratur. Menyusui bayi dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara hingga 22 persen.

Sejauh ini belum diketahui pasti mengapa menyusui dapat mencegah kanker payudara. Namun, diduga menyusui dapat membantu keseimbangan hormon, mencegah paparan zat pemicu kanker, dan menghindari kerusakan sel payudara.

Membatasi Terapi Hormon

Cara mencegah kanker payudara selanjutnya adalah membatasi terapi hormon. Terapi hormon biasa dilakukan oleh wanita terkait dengan masa menopause. Terapi menggunakan hormon estrogen dan progesteron ini biasanya bersifat jangka panjang.

Karena itulah, terapi ini berisiko meningkatkan kanker payudara. Apabila kamu benar-benar membutuhkan terapi hormon, konsultasikan kepada dokter agar kadar hormon tersebut dapat dikurangi.

Asam Lemak Omega-3

Salah satu pemilik kandungan omega-3 adalah ikan salmon. Selain itu, ikan salmon juga memiliki vitamin B12 dan vitamin D. Ikan salmon dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur pertumbuhan sel dan mencegah kanker.

Bahkan beberapa jenis vitamin B12 seperti methylcobalamin terbukti efektif dalam mengobati kanker. Untuk mendapatkan manfaat ikan salmon sebagai cara mencegah kanker payudara, kamu bisa mengolahnya dengan mengukus, dibakar, panggang, atau ditumis.

Sayur Silangan

Sayur silangan kaya akan vitamin antioksidan seperti vitamin C, E, dan K serta tinggi serat. Glukosinolat juga merupakan salah satu kandungan yang terdapat pada sayur silangan. Glukosinolat adalah sejenis bahan kimia yang bisa ditemukan pada sayuran kucifer. Zat kimia ini memiliki sifat mampu melawan kanker.

Sayur silangan seperti brokoli kaya akan sulforophane dan indol yang terbukti mampu mengatur pertumbuhan sel dalam berbagai cara dan membantu melawan berbagai jenis kanker termasuk kanker payudara, kandung kemih, limfoma, prostat, dan kanker paru-paru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.