Sukses

Barakallah Fii Umrik Artinya Semoga Allah SWT Memberkahi, Begini Cara Menjawabnya

Liputan6.com, Jakarta Ucapan barakallah fi umrik sering kali didengar saat teman atau keluarga sedang berulang tahun. Meski terbilang sudah jadi kalimat yang cukup umum, faktanya masih banyak orang yang tidak mengerti maksud barakallah fii umrik artinya dalam bahasa Indonesia. 

Secara bahasa, ucapan barakallah fii umrik ini berasal dari bahasa Arab yang bermakna doa epada orang lain agar selalu diliputi keberkahan dalam hidupnya. Barakallah fii umrik artinya menjadi doa  yang baik bagi orang yang berulangtahun. 

Apabila anda mendapatkan ucapan barakallah fii umrik, maka Anda bisa membalasnya dengan ucapan “wa fiika barakallah” untuk laki-laki, dan ‘wa fiiki barakallah’ untuk perempuan, yang artinya yakni semoga Allah juga memberkahimu.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulasan mengenai ucapan barakallah fii umrik artinya dalam bahasa Indonesia, beserta hukum mengucapkan, cara menjawab, dan contoh kalimat selamat ulang tahun dalam bahasa Arab lainnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (15/2/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Arti Ucapan Barakallah Fii Umrik

Ucapan barakallah fii umrik artinya adalah “semoga Allah SWT memberikan berkah kepada umurmu” atau “semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kelahiranmu” atau “semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kehidupanmu.” Ucapan ini sering kali duberikan untuk teman ataupun keluarga yang sedang berulang tahun sebagai ucapan selamat ulang tahun. Tujuan utama mengucapkan barakallah fii umrik artinya yakni mendoakan agar orang lain diberi keberkahan.

Dilansir dari laman NU, ada dalil yang mengucapkan selamat para ulama ahli hadis menjadikan hadits sahih berikut sebagai dasar Tahniah atau ucapan selamat:

“Rasulullah shalla Allahu alaihi wa sallama memberi tahu kepada kami tentang diterimanya taubat saat Subuh... Saya (Ka'b bin Malik) berjalan menuju Rasulullah shalla Allahu alaihi wa sallama, lalu para Sahabat menemui saya secara berkelompok seraya mengucapkan selamat. Mereka berkata: ‘Selamat atas diterimanya taubatmu oleh Allah’”(HR al-Bukhari).

3 dari 5 halaman

Cara Menjawab Ucapan Barakallah Fii Umrik

Setelah mengetahui barakallah fii umrik arinya dalam bahasa Indonesia, anda juga perlu tau cara menjawab ucapan tersebut. Baik bagi seorang muslim untuk menyambut doa baik dengan memberikan doa yang baik pula. Tidak jauh beda dengan ucapan barakallah fii umrik, ada pula beberapa jawaban yang bisa kalian sampaikan untuk membalas ucapan barakallah fii umrik. Berikut ini jawabannya:

1. Wa fiika barakallah, yang memiliki arti semoga Allah SWT juga memberkahimu (untuk pria).

2. Wa fiiki barakallah, yang memiliki arti semoga Allah SWT juga memberkahimu (untuk wanita).

3. Wafiikum baarakallah, yang memiliki arti semoga Allah SWT juga memberkahi kalian semua (untuk jamak).

4 dari 5 halaman

Hukum Mengucapkan Barakallah Fii Umrik

Setelah mengetahui ucapan barakallah fii umrik artinya dalam bahasa Indonesia, anda juga perlu mengetahui hukum mengucapkannya. Memberi ucapan selamat milad atau selamat ulang tahun dalam Islam adalah mubah atau diperbolehkan. Mubah adalah perbuatan yang condong dianjurkan tetapi tidak ada jaminan pahala.

Hal ini merujuk pada kitab berjudul Al-Iqna' fi Halli Alfazhi Abi Syuja oleh Asy Syarbini. Selama ini, para ulama berselisih pendapat tentang hukum memberi ucapan milad. Akan tetapi, pendapatnya tahniah (ucapan selamat) itu mubah.

“Tidak sunnah dan tidak pula bid’ah,” dijelaskan.

Dimubahkannya hukum memberi ucapan milad adalah dengan catatan tidak ada perbuatan munkar seperti menyalakan lilin, campur baur antara laki-laki dan perempuan, permainan musik, memasang gambar, patung, dan lainnya. Selain “barakallah fi umrik,” arti milad kerap pula disandingkan dengan “yaumul milad” yang artinya juga selamat ulang tahun, ini serapan dari bahasa Arab. Orang yang mengucapnya, belum tentu mereka sosok Islami.

5 dari 5 halaman

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun dengan Bahasa Arab Lainnya

Selain menggunakan barakallah fii umrik, masih banyak contoh ucapan selamat ulang tahun dengan bahasa Arab lainnya. Berikut ini contohnya:

1. Happy Milad Sahabatku, Semoga kamu bisa menjaid pribadi yang lebih bertaqwa lagi, dan semoga engkau selalu diberikan rezeki yang berlimpah serta keselamatan di dunia dan akhirat nanti.

2. Ied milad sahabat terbaikku, bertambah satu tahun lagi usiamu sekarang ini, dan hanya doa yang bisa aku berikan untukmu. Semoga Allah memberimu kesehatan, rezeki yang melimpah dan kesuksesan, serta umur panjang. Aamiin.

3. Miladuki sa’idy. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan disisa umur yang diberikan-Nya. Semoga dapat menjadi wanita yang dirindukan oleh surga. Aamiin.

4. Met milad, barakallahu fii umrik, semoga cita-citanya tercapai, senantiasa ada di dalam rahmat Allah.

5. Milad mubarak, Barakallah fii umrik, semoga kamu sehat selalu dan diberikan rezeki yang melimpah. Aamiin.

6. Yaumul milad, barakallahu fii umrik “selamat ulang tahun, semoga Allah senantiasa memberi berkah atas umurmu.

7. Milad mubarak! Semoga keberkahan selalu engkau dapatkan, rezeki terus mengalir, dan semoga semua yang engkau citakan tercapai.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS