Sukses

12 Wisata Tasikmalaya Paling Populer, Tawarkan Pesona Alam Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Tasikmalaya menyimpan segdang pesona alam yang memukau dan menakjubkan, sehingga cocok untuk dikunjungi yang ingin melepas penat. Tasikmalaya termasuk daerah di Jawa Barat yang disebut juga sebagai Delhi van Java.

Julukan itu disematkan karena kontur sebagian besar wilayah Tasikmalaya merupakan daerah perbukitan, terutama di daerah timur, mirip dengan Delhi, India. Wilayah ini juga dilalui oleh rantai gunung berapi di Pulau Jawa. Karena kondisi geografis tersebut, kota itu secara alami memiliki tanah yang kaya dan subur, serta memiliki pesona alam yang memesona.

Ditambah dengan udara yang masih segar, menjadikan Tasikmalaya sebagai salah satu destinasi para traveler, khususnya yang berasal dari Jakarta. Saat ini tempat wisata Tasikmalaya yang populer mulai menjamur seperti wisata alam hingga taman bermain.

Berikut ini ulasan mengenai wisata Tasikmalaya paling populer yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (16/2/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Tasikmalaya yang Paling Populer

1. Bukit Panyangrayan

Tempat wisata Tasikmalaya yang pertama adalah Bukit Panyangrayan. Bukit Panyangrayan dikenal sebagai spot menarik untuk menikmati sunrise dari atas ketinggian. Lokasi bukit ini berada di Kampung Pramuka Sadaukir Kapunduhan Barumekar, Sukapura, Sukaraja, Tasikmalaya, dan tempatnya buka 24 jam. Selain bisa memandang luasnya lautan awan dari atas ketinggian, Bukit Panyangrayan juga dilengkapi kafe kekinian untuk bersantai.

2. Danau Lemona Salopa

Tempat wisata Tasikmalaya yang selanjutnya adalah Danau Lemona Salopa. Danau Lemona Salopa merupakan restoran bernuansa pedesaan zaman dulu yang mempunyai banyak gubukan rumah panggung di atas air. Alamatnya berada di Jalan Raya Salopa, Tasikmalaya dan dikenal sebagai tempat wisata kuliner yang cocok untuk keluarga. Selain puas menyantap aneka menu masakan khas Sunda Danau Lemona, pengunjung bisa sekaligus bermain wahana air perahu dayung, jembatan gantung dan masih banyak lagi.

3. Pantai Karang Tawulan

Salah satu pantai populer dan eksotis di Tasikmalaya adalah Pantai Karang Tawulan yang menawarkan pasir pantai putih dan tersembunyi di balik tebing. Pantai Karang Tawulan yang indah ini terletak di Desa Cimanuk, Kalapagenep, Kecamatan Cikalong, Tasikmalaya. Di Pantai Karang Tawulan, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang begitu indah dan menawan berupa bebatuan karang, luasnya Samudra Hindia, dan keindahan sunset. Fasilitas di Pantai Karang Tawulan, antara lain mushala, toilet, warung makan, gazebo, dan camping ground.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Tasikmalaya yang Paling Populer

4. Kawasan Revitalisasi Sungai Ciloseh

Kawasan revitalisasi aliran sungai Ciloseh, Cipedes, Tasikmalaya, saat ini telah disulap menjadi kampung wisata murah meriah. Di tempat ini terdapat ruang terbuka hijau yang dihiasi dengan aneka mural payung berwarna-warni untuk mempercantik suasananya. Para pengunjung bisa bersantai di sekitar bantaran sungai sambil berswafoto dengan latar menarik di belakangnya.

5. Karaha Bodas

Karaha Bodas merupakan destinasi wisata kawah putih yang ikonik di kalangan wisatawan. Lokasinya di Kadipaten yaitu Tasikmalaya bagian utara. Lembah pegunungan Karaha Bodas memiliki kawah belerang air panas yang sebenarnya masih kawasan gunung aktif. Pengunjung bisa menikmati lanskap kawah putih di tempat ini sambil berkemah atau agrowisata di area hutan pinusnya.

6. Situ Gede

Situ Gede merupakan kawasan danau yang telah berdiri sejak zaman kolonial Belanda dengan menyajikan keindahan pemandangan alam, sehingga menarik banyak wisatawan. Di tengah danau, terdapat pulau dengan luas mencapai 1 hektar. Konon, di sana terdapat tiga makam yang juga menjadi asal-usul Situ Gede. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan suasana yang sejuk dengan duduk santai di Gazebo sembari menyantap kuliner, mengelilingi danau dengan perahu, sampai berkemah. Tersedia fasilitas toilet, warung makan, gazebo, sampai penyewaan perahu. Harga tiket masuk adalah Rp 5.000 per orang. Tarif sewa perahu untuk berkeliling danau adalah Rp 10.000 per orang.

 

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Tasikmalaya yang Paling Populer

7. Tonjong Canyon

Tonjong Canyon hadir dengan keindahan alam yang begitu indah, berupa tebing kecoklatan dan jernihnya air sungai. Tempat wisata Tasikmalaya ini terletak di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Di sini, pengunjung dapat berenang memacu adrenalin di sungai sambil menyegarkan tubuh. Mereka juga bisa bersantai menikmati pesona alam yang indah, berkemah, atau berfoto-foto dengan latar keren.

8. Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari di Sindangkerta, Cipatujah, termasuk tempat wisata Tasikmalaya yang lagi populer dan sebenarnya sudah ada cukup lama. Sejak tahun 1973, Pantai Pamayangsari selalu ramai dan sering dirujuk wisatawan lokal maupun dari luar Tasik karena mempunyai ritual unik. Ritual syukuran laut atau sebutan lainnya pesta pantai dan pesta nelayan menjadi daya tarik wisatawan. Selain itu, bentuk pantainya unik serta suasana sekitar sangat tenang.

9. Curug Agung Galunggung

Berada dalam kawasan Gunung Galunggung, Curug Agung Galunggung memiliki ketinggian setinggi 80 meter. Lokasinya ada di Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya. Curug Agung Galunggung menawarkan pesona air terjun yang menyala dengan bantuan lampu LED. Warnanya dapat berganti-ganti, berupa hijau, merah, dan biru. Pengunjung tidak dapat bermain tepat dibawah air terjun ini karena akses yang tidak ada, sehingga air terjun hanya dapat dinikmati dari kejauhan saja. Meski begitu, pengunjung tetap bisa berfoto dengan latar belakang air terjun ini di gardu pandang. Sementara itu, pesona air terjun yang menyala penuh warna hanya dapat dinikmati saat hari mulai gelap. Pengunjung harus membayar tiket masuk Rp 15.000 per orang untuk melihat pesona Curug Agung Galunggung.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Tasikmalaya yang Paling Populer

10. Curug Ciparay

Curug Ciparay atau disebut juga dengan Curug Kembar memiliki 2 air terjun yang berdampingan. Lokasinya ada di kaki Gunung Galunggung, tepatnya di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Volume air terjun Curug Ciparay cukup deras dan suasana masih sangat asri juga menyejukkan, sehingga sangat cocok untuk melepas penat. Curug ini masih minim fasilitas. Namun, sedang dilakukan perbaikan fasilitas di area curug dan jalan. Harga tiket masuk Curug Ciparay adalah Rp 5.000 per orang.

11. Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik berada di Jalan Mohamad Hatta, Sukamanah, Kec. Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat. Wisata Tasikmalaya yang populer ini mempunyai miniatur taman dari berbagai belahan dunia seperti Jepang, Korea, Belanda dan banyak lagi. Selain taman bermain, Karang Resik dilengkapi wahana kolam renang, sepeda gantung, perahu, serta lainnya, dengan tiket masuk mulai dari Rp 35 ribu.

12. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung merupakan salah satu tempat wisata Tasikmalaya yang paling favorit. Gunung ini masih aktif dan memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga pengunjung dapat merasakan udara yang sangat sejuk. Banyak keindahan yang dapat ditemukan di Gunung Galunggung, seperti kawah hijau, pemandian air panas, gardu pandang, sampai Curug Agung yang penuh warna. Kawah hijau Galunggung yang indah berada di bawah tebing dan dapat dicapai dengan menapaki 620 anak tangga. Pengunjung dapat menikmati pemandian air panas yang mengandung belerang sambil menyaksikan pemandangan indah. Harga tiket masuk Gunung Galunggung adalah Rp 15.000 per orang. Tarif parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 6.000 untuk mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.