Sukses

Bebas Drama Finansial di Usia 20an, Lakukan 5 Hal ini Jika Ingin Sukses

Pengetahuan tentang keuangan perlu dimiliki sejak dini, sehingga kelak mampu mengelola keuangan dengan lebih baik dan terhindar dari masalah.

Liputan6.com, Jakarta Pengetahuan tentang keuangan perlu dimiliki sejak dini, sehingga kelak mampu mengelola keuangan dengan lebih baik dan terhindar dari masalah. Bila semasa remaja belum begitu mengurusi masalah finansial, maka jangan tunda lagi ketika berusia 20an. 

Seiring beranjak dewasa semakin banyak pengeluaran untuk membiayai berbagai kebutuhan hidup. Baik pria maupun wanita, perlu lebih melek terhadap finansial. Oleh karena itu, ada sejumlah hal yang perlu kamu lakukan agar bisa bebas drama finansial di usia 20an.

1. Memiliki tujuan finansial

Tujuan keuangan perlu dipersiapkan sejak lama. Apalagi jika kamu memiliki berbagai hal yang ingin diraih. Dengan memiliki goals dan rencana, kamu akan menjadi pribadi yang lebih bijaksana dalam menggunakan uang.

2. Menabung

Langkah awal untuk bisa mengumpulkan banyak uang adalah dengan menabung. Sisihkan sedikit demi sedikit uang bulanan maupun penghasilan yang kamu terima. Ingat, untuk tidak menggunakan sembarangan menggunakan uang tabungan itu, selain berhubungan dengan goals dan dalam planning kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Melek investasi

Untuk meningkatkan tabungan salah satu caranya adalah dengan berinvestasi. Pilih investasi sesuai profil kamu, apakah ingin jangka pendek atau jangka panjang? Apakah minim risiko atau yang menawarkan keuntungan tinggi dengan risiko yang juga tidak kecil?

4. Dapatkan pemasukan tambahan

Jangan hanya semangat membelanjakan uang, kamu juga perlu berpikir untuk mendapatkan tambahan pemasukan. Teknologi digital dan media sosial memungkinkan siapa saja bisa memiliki pendapatan tambahan. Termasuk bagi kamu yang punya skill khusus dan bisa dimanfaatkan. 

5. Gunakan DANA

Sudah era digital nih, jadi wajib banget kamu punya e-wallet atau dompet digital yang bisa diandalkan. Bukan hanya memudahkan transaksi dari tunai ke digital, tapi juga membantu kamu untuk mengelola keuangan dengan cara menabung emas, membeli asuransi dan belanja kebutuhan lebih hemat karena selalu ada promo.

Dengan DANA, transaksi digital sehari-harimu bisa dilakukan dengan #BebasDrama. Kemudahan & keamanan yang diberikan bisa membuatmu Bebas Ribet saat harus bayar ini itu, Bebas Bokek saat kirim uang dengan gratis biaya admin, Bebas Gaptek karena bisa gabung pembayaran saat bertransaksi, serta Bebas Cemas karena DANA dilindungi oleh perlindungan berlapis DANA Protection. 

Pokoknya, cuma DANA deh yang bisa bikin urusan finansial #BebasDrama. Yuk, segera download dan pakai aplikasi DANA untuk dapat menggunakan semua kemudahannya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini