Sukses

10 Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya, Tak Perlu Panik

Liputan6.com, Jakarta Penyebab HP lemot terkadang bisa membuat frustasi. HP akan melambat seiring waktu. Penyebab HP lemot adalah salah satu pertanyaan paling umum tentang kinerja sebuah ponsel.

Penyebab HP lemot adalah proses yang wajar seiring berjalannya waktu dan pemakaian. Ada beberapa kemungkinan penyebab HP lemot. Untungnya, beberapa di antara penyebab HP lemot dapat diperbaiki atau dicegah dengan pengetahuan yang tepat.

Hilangnya kemampuan HP untuk beroperasi cepat bisa menimpa pengguna Android dan iOS. Penyebab HP lemot bisa terjadi karena penurunan kualitas penyimpanan hingga baterai. Berikut penyebab HP lemot dan cara mengatasinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(17/2/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

Penyebab HP lemot

RAM penuh

Penyebab HP lemot yang pertama adalah RAM yang penuh. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) serta berbagai instruksi program dan hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Kapasitas RAM di dalam suatu perangkat sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data di perangkat tersebut. Ketika RAM penuh, HP bisa jadi lebih lemot. RAM yang penuh bisa disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang terbuka, penggunaan widget, dan kegiatan lainnya yang membuat RAM terus terpakai.

Ruang penyimpanan penuh

Ruang penyimpanan penuh menjadi penyebab HP lemot yang paling umum. oto, video, file, serta aplikasi bisa membuat memori internal penuh dan membuat HP melambat kinerjanya. Sistem Android maupun iPhone memerlukan ruang agar bisa berjalan dengan lancar, jika ruang penyimpanan penuh, ia bisa melambat.

3 dari 8 halaman

Penyebab HP lemot

Banyak aplikasi yang aktif

Menggunakan banyak aplikasi dan tidak langsung menutupnya bisa menjadi penyebab HP lemot. Banyaknya aplikasi bisa menguras kapasitas RAM. RAM yang penuh bisa membuat HP berjalan lebih lambat. Kamu bisa menutup aplikasi yang tidak penting atau tidak sedang kamu gunakan.

Penggunaan widget berlebihan

Selain banyaknya aplikasi yang dibuka, penggunaan widget dan animasi juga bisa menjadi penyebab HP lemot. Banyaknya aktivitas refresh, pemenuhan bandwidth, dan widgen yang terus aktif juga dapat memengaruhi kapasitas RAM dan membuat jadi lebih lemot. Penggunaan widget dan wallpaper juga dapat menyebabkan baterai terkuras lebih cepat. Jadi pastikan untuk membatasi jumlah widget dan wallpaper hidup untuk mengoptimalkan RAM.

4 dari 8 halaman

Penyebab HP lemot

Cache menumpuk

Cache adalah data yang disimpan sementara di memori telepon ketika kamu menggunakan aplikasi di ponsel. File cache berisi rekam jejak penggunaan sebuah aplikasi di ponsel. Setiap aplikasi memiliki file cache sendiri dan membutuhkan beberapa penyimpanan. Cache yang menumpuk dan tidak dihapus berkala bisa penyebab HP lemot.

Kualitas memori eksternal

Selain memori internal, masalah pada memori eksternal juga bisa menjadi penyebab HP lemot. Masalah ini bukan terletak pada kapasitas memori, melainkan pada kualitas memori eksternal. Kualitas memori eksternal yang rendah bisa membuat HP berjalan lebih lambat. Ini karena memori berkualitas rendah bisa membuat RAM bekerja lebih keras untuk membacanya. Semakin rendah kualitas memori eksternal, semakin lambat pula memori dibaca oleh RAM dan sistem.

5 dari 8 halaman

Penyebab HP lemot

Software tidak terupdate

Penyebab HP lemot selanjutnya adalah OS yang tidak update. OS Android yang tidak diperbarui secara berkala bisa membuat ponsel jadi lambat. Ponsel Android yang dijalankan pada versi Android yang lebih lama menjadi lambat dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh pembaruan terus-menerus dari berbagai aplikasi yang kemudian menghasilkan masalah ketidakcocokan dan memperlambat kinerja perangkat.

Aplikasi tidak terupdate

Selain OS, aplikasi yang tidak rutin diupdate juga bisa menyebabkan HP lemot. Faktanya, seiring dengan peningkatan perangkat keras secara keseluruhan, pengembang cenderung menjadi lebih malas dalam hal pengelolaan sumber daya. Seiring waktu, aplikasi cenderung memakan lebih banyak RAM dan CPU tetapi perangkat keras Anda tetap sama, sehingga kinerjanya terasa lebih lambat.

6 dari 8 halaman

Penyebab HP lemot

Masalah baterai

Usia baterai juga bisa memengaruhi kinerja HP. Baterai memiliki masa hidup tertentu dan bisa menurun seiringi berjalannya waktu. Kondisi baterai yang buruk bisa menjadi penyebab HP lemot. Ini karena ketika baterai sering kehilangan ketegangannya, ponsel jadi lebih sering panas dan berpengaruh buruk bagi kecepatan ponsel. CPU sensitif terhadap suhu, sehingga pengontrol manajemen daya ponsel dapat memutar balik kecepatan prosesor dan membuatnya lebih lemot.

Kegagalan memori

Selain baterai yang menua, memori flash dan RAM juga terpengaruh oleh waktu. Sama seperti baterai, kapasitas memori menurun seiring waktu. Ini tentu saja tidak membantu dengan masalah fragmentasi yang disebutkan di atas, dan ini meningkatkan jumlah kesalahan penulisan seiring berjalannya waktu, yang memperlambat memori dari sudut pandang pengguna.

7 dari 8 halaman

Cara mengatasi HP lemot

Dilansir dari Lifewire, berikut cara mengatasi HP lemot:

Periksa kekuatan sinyal Wi-Fi

Terkadang bukan ponsel yang lambat, tetapi koneksi Wi-Fi. Ini juga bisa menjadi masalah jaringan seluler. Periksa koneksi ini dan alihkan ke jaringan Wi-Fi lain atau pindah ke lokasi lain.

Reboot Android atau reset iPhone

Jika belum me-restart HP dalam beberapa saat, itu mungkin berhasil. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk mencobanya sebelum melihat kemungkinan lain karena dapat memperbaiki berbagai masalah kinerja.

Periksa pembaruan

Periksa pembaruan untuk ponsel cerdas Android atau iOS. Pembaruan sistem operasi sering kali berisi perbaikan untuk masalah yang mungkin memperlambat ponsel, seperti proses latar belakang. Jika tersedia, lanjutkan dan perbarui sistem operasi Android atau iPhone.

Copot pemasangan aplikasi

Copot pemasangan aplikasi Android atau aplikasi iPhone yang tidak diunakan lagi, atau yang menghabiskan paling banyak ruang atau bandwidth. Jika ada, ini mengosongkan ruang untuk aplikasi, foto, dan data baru lainnya.

8 dari 8 halaman

Cara mengatasi HP lemot

Periksa pembaruan aplikasi

Periksa pembaruan aplikasi Android atau pembaruan untuk aplikasi iOS. Untuk aplikasi yang gunakan, pastikan aplikasi tersebut mutakhir. Seperti halnya pembaruan OS, pembaruan aplikasi sering kali berisi perbaikan bug yang dapat menyebabkan masalah kinerja.

Kosongkan ruang penyimpanan

Kosongkan ruang penyimpanan di Android atau iPhone. Manfaatkan penyimpanan cloud, dan cadangkan Android atau iPhone menggunakan layanan cloud seperti Google Drive, Google Foto, iCloud, dan Apple Foto.

Hapus data cache

Hapus data cache di Android atau iPhone. Terkadang, data yang disimpan ponsel cerdas untuk membuat segalanya bergerak lebih cepat dapat memperlambat segalanya. Menghapusnya dapat segera memperbaiki masalah ponsel cerdas dan juga mengosongkan ruang.

Setelan pabrik

Setel ulang Android ke setelan pabrik atau setel ulang iPhone. Jika tidak ada yang berhasil, coba reset pabrik, tetapi pastikan untuk mencadangkan data terlebih dahulu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.