Sukses

14 Cara Menurunkan Demam di Rumah, Penuhi Asupan Nutrisi

Demam bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Cara menurunkan demam tinggi bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan. Demam biasanya menjadi pertanda adanya infeksi. Demam menjadi cara tubuh membantu melawan infeksi dan peradangan.

Demam didefinisikan dari suhu tubuh yang mencapai 38 derajat atau lebih. Sementara demam dikatakan tinggi jika sudah mencapai 39,4 derajat Celsius atau bahkan lebih.

Meski tidak berbahaya, demam bisa menimbulkan gelisah dan rasa tidak nyaman luar biasa. Demam yang sangat tinggi atau persisten terkadang memerlukan perhatian medis. Mengetahui terlebih dahulu cara menurunkan demam tinggi dapat menghilangkan kepanikan sehingga dapat menentukan langkah pengobatan selanjutnya.

Berikut cara menurunkan demam tinggi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(17/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara menurunkan demam tinggi

Minum banyak cairan

Selama demam, tubuh perlu menggunakan lebih banyak air untuk mengimbangi suhu yang meningkat. Proses ini dapat menyebabkan dehidrasi. Cairan penting untuk membantu tubuh mengatur suhu, membuang kuman yang tidak diinginkan, dan membantu fungsi tubuh dengan lancar. Jika merasa demam, pastikan untuk minum banyak air dan cairan lainnya. Minum air atau minuman pengganti elektrolit dapat membantu rehidrasi tubuh.

Banyak tidur

Demam adalah cara tubuh untuk memberi tahu bahwa ia bekerja keras untuk mencegah infeksi. Jadi berikan tubuh energi dan waktu yang dibutuhkan untuk melawan penyakit yang masuk dengan tidur. Memerangi infeksi membutuhkan banyak energi. Orang harus beristirahat sebanyak mungkin untuk membantu tubuh pulih.

3 dari 8 halaman

Cara menurunkan demam tinggi

Mandi air hangat

Banyak orang mempertimbangkan untuk mandi air dingin saat demam. Namun, hal itu dapat menyebabkan menggigil, yang akan meningkatkan suhu tubuh lebih banyak lagi. Sebagai gantinya, orang dapat mandi air hangat suam-suam kuku atau air hangat untuk membantu mendinginkan tubuh. Mandi air hangat juga dapat membantu menenangkan otot yang lelah. Mandi air hangat (bukan air panas) dapat membantu mengurangi demam dan membuat tubuh rileks sehingga bisa tidur lebih nyenyak.

Kompres ketiak

Menempatkan kain pendingin atau kompres dingin di dahi adalah cara umum untuk menurunkan demam. Tetapi jika demam sangat tinggi, pendekatan yang lebih baik adalah dengan meletakkan kompres dingin di bawah ketiak atau di daerah selangkangan, di mana terdapat pembuluh darah yang lebih besar. Biarkan di tempatnya tidak lebih dari 10 hingga 15 menit, pindahkan secara berkala.

4 dari 8 halaman

Cara menurunkan demam tinggi

Minum obat penurun panas

Penurun panas adalah cara termudah untuk mengelola demam. Obat penurun panas yang dijual bebas seperti parasetamol, ibuprofen, atau aspirin dapat dikonsumsi sesuai dosis. Pastikan terus mendapatkan banyak istirahat, bahkan jika merasa lebih baik selama beberapa jam setelah minum obat.

Berpakaian tipis

Demam dapat menyebabkan seseorang merasa panas satu menit dan dingin berikutnya. Mengenakan terlalu banyak lapisan pakaian dapat memerangkap panas ke tubuh, meningkatkan suhu tubuh lebih jauh. Untuk membantu mengatasi demam tinggi, gunakan pakaian tipis untuk menghindari panas.

5 dari 8 halaman

Cara menurunkan demam tinggi

Makan yang cukup

Mendapatkan asupan yang cukup juga penting untuk mengatasi demam tinggi. Saat demam, nafsu makan mungkin menurun, tetapi sebenarnya tubuh sedang membakar lebih banyak kalori daripada biasanya karena beban tambahan. Plus, ketika melawan infeksi, tubuh membutuhkan nutrisi dan energi untuk meningkatkan sistem kekebalan. Ini sebabnya, penting untuk mengonsumsi makanan sehat yang cukup.

Pergi ke dokter

Jika demam terus tinggi dan terjadi terus menerus, penting untuk memeriksakannya ke dokter. Penting untuk mencari perhatian medis jika demam disertai dengan salah satu gejala seperti kekakuan atau nyeri di leher, kepekaan terhadap cahaya, ruam, dehidrasi, dan kejang. Gejala-gejala ini dapat mengindikasikan infeksi yang lebih serius.

6 dari 8 halaman

Makananan dan minuman untuk turunkan demam

Sup ayam

Sup ayam mudah dicerna dan merupakan sumber protein yang baik. Ini bisa membantu membangun energi ketika sedang demam. Plus, secangkir sup ayam hangat adalah makanan yang paling nyaman, karena akan membantu meredakan sakit tenggorokan dan gejala peradangan lainnya.

Rempah

Aneka rempah bisa menjadi obat demam alami. Bawang putih misalnya, mengandung allicin, yang merupakan senyawa antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mungkin melawan demam. Jahe adalah rempah-rempah lain yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Gingerol senyawa aktifnya, memiliki khasiat obat yang membantu peradangan, mual dan muntah.

7 dari 8 halaman

Makananan dan minuman untuk turunkan demam

Air kelapa

Air kelapa bisa membantu menghidrasi tubuh. Menurut Harvard Health Publishing, mengisi cairan membantu memodulasi suhu tubuh, menghambat infeksi dan mengangkut nutrisi yang diperlukan ke sel tubuh. Ini sangat penting jika demam dan kehilangan air melalui keringat. Air kelapa membantu mengisi kembali cairan vital dan elektrolit esensial yang terbuang.

Buah buahan

Saat demam, buah-buahan adalah makanan yang tepat. Kebanyakan buah mengandung setidaknya 80 persen air, sehingga sangat bagus untuk rehidrasi, ditambah banyak mengandung vitamin C dalam jumlah yang signifikan. Ini penting untuk respon imun, serta perbaikan sel.

8 dari 8 halaman

Makananan dan minuman untuk turunkan demam

Sayuran

Seperti buah-buahan, sayuran memasok kelebihan vitamin penting dan mineral yang sangat dibutuhkan yang dapat mendukung sistem kekebalan dan membantu menurunkan demam. Pastikan untuk memasak sayuran agar mudah dicerna tubuh.

Makanan tinggi protein

Dalam hal nutrisi penangkal infeksi, protein berada di urutan teratas daftar. Itu karena tubuh membutuhkan protein untuk mengembangkan antibodi, yang membantu melindungi dari patogen yang menyerang. Makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak dan unggas mengandung mineral selenium dan seng, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.