Sukses

Al-Malik Artinya Yang Maha Kuasa, Ini Contoh dalam Al-Qur’an dan Hadis

Liputan6.com, Jakarta Memahami Al-Malik artinya salah satu dari 99 nama-nama terbaik lagi indah Allah SWT dalam Asmaul Husna. Al-Malik artinya Yang Maha Kuasa. Al-Malik artinya sifat pemimpin yang mempunyai kekuasaan atau otoritas tertinggi untuk mengendalikan segala sesuatu.

Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah, Muhbib Abdul Wahab melansir dari Majalah SM Edisi 1 Tahun 2018, pada Jumat (18/2/2022) menjelaskan asmaul husna Al-Malik artinya raja atau penguasa (dibaca pendek mim-nya, bukan Mâlik).

Dalam buku berjudul Al-Aqaid Al-Islamiyah oleh Sayyid Sabiq, asmaul husna Al-Malik artinya Maha Merajai, mengatur kerajaan-Nya sesuai dengan kehendak-Nya sendiri. Asmaul husna Al-Malik artinya tidak dikecam dan dicacimaki atas segala perbuatan dan kebijaksanaan-Nya.

Sebaliknya, manusia wajib mempertanggungjawabkan sikap dan perbuatannya di hadapan Al-Malik. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang asmaul husna Al-Malik artinya Yang Maha Kuasa, Jumat (18/2/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Asmaul Husna Al-Malik

Memahami Al-Malik adalah salah satu nama terbaik lagi indah Allah SWT dari 99 asmaul husna lainnya. Asmaul husna Al-Malik artinya Yang Maha Kuasa. Al-Malik artinya Allah SWT tidak ada yang bisa mengalahkan dan memiliki segalanya.

Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah, Muhbib Abdul Wahab melansir dari Majalah SM Edisi 1 Tahun 2018, menjelaskan asmaul husna Al-Malik artinya raja atau penguasa (dibaca pendek mim-nya, bukan Mâlik).

“Nama terbaik Allah SWT ini mengandung pengertian bahwa Allah SWT itu Maha memiliki kekuasaan, kerajaan, dan kepemilikan. Ketiga cakupan makna Al-Malik artinya jika dirujuk kepada makna dasarnya, yaitu mîm-lâm-kâf, maka sifat ini menunjukkan makna kekuatan dan kesahihan,” dijelaskan.

Dalam buku berjudul Al-Aqaid Al-Islamiyah oleh Sayyid Sabiq, asmaul husna Al-Malik artinya Maha Merajai, mengatur kerajaan-Nya sesuai dengan kehendak-Nya sendiri. Asmaul husna Al-Malik adalah sifat pemimpin yang mempunyai kekuasaan atau otoritas tertinggi untuk mengendalikan segala sesuatu.

Mengimani asmaul husna Al-Malik artinya Yang Maha Kuasa, menjadikan Allah SWT sebagai satu-satunya yang bisa menentukan siapa saja yang berhak menerima kuasa dan rahmat yang mutlak. Zikir asmaul husna Al-Malik artinya Yang Maha Kuasa, mengingatkan bahwa Allah SWT harus ditaati karena kuasanya.

Dalam buku berjudul Akidah Akhlak oleh Subkhiatin Noor, mengimani asmaul husna Al-Malik artinya Maha Merajai adalah sebagai seorang hamba, manusia harus bersikap rendah hati, tidak sombong, tidak semena-mena, tidak angkuh dengan kekuasaan yang bersifat semu dan sementara.

“Seperti kekuasaan politik, jabatan kementerian, kepemimpinan pada sebuah institusi, kepengurusan pada sebuah organisasi atau partai dan sebagainya,” dijelaskan.

Hal yang sama dipaparkan oleh Abdul Wahab, segala perbuatan dan kekuasaan Al-Malik artinya Maha Kuasa tidak ada yang memintai pertanggungjawaban. Asmaul husna Al-Malik artinya tidak dikecam dan dicacimaki atas segala perbuatan dan kebijaksanaan-Nya.

Sebaliknya, manusia wajib mempertanggungjawabkan sikap dan perbuatannya di hadapan Al-Malik, yang Maha merajai hari perhitungan dan pembalasan amal manusia.

“Bersikap mawas diri dan hati-hati (bertakwa) memilih dan menentukan sikap dan perbuatan dalam hidup di dunia yang fana ini. Meneladani sifat Al-Malik artinya Maha Kuasa mengharuskan setiap muslim untuk bersikap sami’na wa atha’na, menjadi hamba yang taat, takwa, shalih, dan mushlih (reformis, selalu memperbaiki) kualitas hidupnya,” dijelaskan.

3 dari 3 halaman

Contoh Asmaul Husna Al-Malik artinya Yang Maha Kuasa dalam Al-Qur’an dan Hadis

1. Asmaul Husna Al-Malik artinya dalam Al-Qur’an surat Al Fatihah ayat 4:

“Yang Menguasai hari pembalasan.”

2. Asmaul Husna Al-Malik artinya dalam Al-Qur’an surat Maryam ayat 40:

“Sesungguhnya Kami memiliki bumi dan semua orang-orang yang ada di atasnya, dan hanya kepada Kami-lah mereka dikembalikan.”

3. Asmaul Husna Al-Malik artinya dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 26:

Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

4. Asmaul Husna Al-Malik artinya dalam Al-Qur’an surat Az-Zukhruf ayat 85:

“Dan Maha Suci Tuhan Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; dan apa yang ada di antara keduanya; dan di sisi-Nya-lah pengetahuan tentang hari kiamat dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

5. Asmaul Husna Al-Malik artinya dalam Hadis Qudsi Riwayat Bukhari dan Muslim:

"Aku adalah Al-Malik (Raja), maka di manakah (mereka yang mengaku) raja?"

6. Asmaul Husna Al-Malik artinya dalam Al-Qur’an surat Al Mu'minum ayat 116:

“Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (Yang mempunyai) 'Arsy yang mulia.”

7. Asmaul Husna Al-Malik artinya dalam Hadis Riwayat Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan lain-lain:

"Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama-seratus kurang satu-siapa yang 'Ashaha' (mengetahui, membaca, memahami, meneladani) maka dia masuk surga. Allah itu ganjil (Esa) dan menyukai yang ganjil."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS