Sukses

10 Contoh CV Lamaran Kerja, Isi, dan Cara Membuatnya Agar Dilirik Perekrut

Membuat CV tentunya tak boleh sembarangan.

Liputan6.com, Jakarta Contoh CV lamaran kerja bisa menjadi gambaran bagaimana membuat CV yang benar. CV atau kurikulum vitae merupakan syarat wajib saat melamar kerja. Melalui CV, perekrut memiliki gambaran dan dapat menilai kelayakan pelamar.

Membuat CV tentunya tak boleh sembarangan. Contoh CV lamaran kerja yang baik harus berisi informasi penting yang terkait dengan lamaran kerja. Banyak pelamar kerja gagal dalam rekrutmen karena CV yang buruk. Contoh CV lamaran kerja harus jelas, ringkas, dan informatif.

Dengan melihat contoh CV lamaran kerja, kamu dapat membuat CV yang bakal dilirik para perekrut. Ada banyak contoh CV lamaran kerja yang bisa jadi referensi. Contoh CV lamaran kerja bisa disesuaikan dengan citra diri atau perusahaan yang akan dilamar.

Berikut contoh CV lamaran kerja, isi, dan cara menyusunnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (18/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Apa itu CV?

Curriculum Vitae atau CV adalah dokumen yang digunakan pelamar kerja untuk menunjukkan prestasi akademik dan profesional mereka. CV biasanya lebih panjang dari resume dan harus menyertakan informasi yang dibutuhkan perekrut untuk memverifikasi keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi pendidikan pelamar.

CV biasanya mencakup informasi seperti pengalaman kerja, prestasi dan penghargaan, beasiswa atau hibah yang diperoleh, kursus, proyek penelitian, dan publikasi pekerjaan. Informasi yang disertakan dalam CV dapat bervariasi dari satu pelamar ke pelamar lainnya, karena beberapa pelamar mungkin memilih untuk hanya memasukkan informasi yang relevan dengan pekerjaan yang mereka lamar.

3 dari 9 halaman

Isi CV lamaran kerja

Informasi personal

CV yang baik harus berisi informasi personal yang lengkap seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email. Banyak orang yang lupa memasukkan nama, email, nomor telepon, dan alamat mereka. Pastikan menempatkan informasi ini dengan jelas di bagian atas CV.

Pernyataan pribadi

Pernyataan pribadi adalah bagian penting untuk menonjolkan diri. Ini menjelaskan siapa kamu, apa yang kamu tawarkan, dan apa yang kamu cari. Pernyataan pribadi bertujuan untuk membuktikan mengapa kamu cocok pada pekerjaan yang dilamar dalam satu paragraf pendek dan ringkas.

4 dari 9 halaman

Isi CV lamaran kerja

Riwayat akademik

Buat daftar akademik yang pernah dijalani. Kamu cukup mencantumkan riwayat pendidikan dari menengah, lalu berlanjut ke perguruan tinggi, hingga pasca doktoral (jika ada). Cantumkan judul gelar yang peroleh, tahun kelulusan dan nama sekolah.

Pengalaman kerja

Bagian ini harus mencakup semua pengalaman kerja yang relevan, terdaftar dari yang terbaru hingga terdahulu. Sertakan jabatan, nama organisasi, masa bekerja, dan tanggung jawab utama.

5 dari 9 halaman

Isi CV lamaran kerja

Prestasi

Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan bagaimana pengalamanmu sebelumnya telah memberimu keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadikanmu kandidat yang cocok. Buat daftar semua keterampilan dan pencapaian yang relevan (dukung dengan contoh), dan jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya pada peran baru.

Penghargaan dan kehormatan

Untuk setiap penghargaan, tambahkan nama, tahun diterima, organisasi yang memberi penghargaan dan detail terkait (seperti seberapa sering penghargaan diberikan).

6 dari 9 halaman

Isi CV lamaran kerja

Publikasi dan presentasi

Untuk publikasi, berikan kutipan lengkap termasuk rekan penulis, tanggal, ringkasan, volume, halaman, nomor DOI. Untuk presentasi, berikan judul, tanggal, dan tempat mempresentasikan.

Lisensi dan sertifikasi

Cantumkan nama lisensi atau sertifikat, tanggal mendapatkannya dan institusi yang memberikannya.

7 dari 9 halaman

Cara membuat CV yang benar

Pilih jenis dan ukuran font yang tepat

CV harus terbaca dan mudah diikuti. Untuk meningkatkan keterbacaan, yang terbaik adalah memilih font sans-serif antara 10 dan 11 poin. Itu harus bersih dan sederhana tanpa banyak detail atau dekorasi. Font yang cocok dalam cara membuat CV lamaran kerja di antaranya adalah Arial, Avenir, Calibri, Helvetica, Roboto, dan banyak lagi.

Periksa margin

Aturan praktis yang baik adalah menjaga margin antara 0,5 - 1 inci. Margin yang terlalu besar akan menyisakan terlalu banyak ruang putih, sedangkan margin yang terlalu kecil dapat membuat halaman terlihat sibuk dan terlalu penuh. Keduanya mungkin mengganggu atau mengecewakan perekrut dan manajer perekrutan.

Konsisten dengan tata letak

Tetapkan margin satu inci untuk keempat sisinya. Pastikan dont CV seragam — buat lebih besar dan dicetak tebal tetapi jangan terlalu miring dan menggarisbawahi. Tetap berpegang pada satu format tanggal di CV: misalnya 11-2017, atau November 2017.

8 dari 9 halaman

Cara membuat CV yang benar

Koreksi ulang

Sebelum mengirim CV ke perusahaan, luangkan waktu untuk memeriksa ejaan, tata bahasa, dan sintaksis dengan cermat. CV yang bersih dan bebas kesalahan meningkatkan keterbacaan dan menunjukkan profesionalisme. Mata yang baru sering kali menangkap kesalahan yang mungkin kamu lewatkan.

Sesuaikan CV untuk setiap lamaran

Setiap bagian dari CV harus disesuaikan dengan posisinya agar dapat lolos dan menarik minat perekrut. Gunakan deskripsi pekerjaan sebagai panduan untuk mengidentifikasi keterampilan utama yang dicari perusahaan. Alih-alih menyingkat, sebutkan persyaratan seperti keterampilan dan sertifikas dan sebutkan di seluruh CV di bagian keterampilan, pengalaman profesional, dan pendidikan.

9 dari 9 halaman

Contoh CV lamaran kerja

Contoh 8

Contoh 9

Contoh 10

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.