Sukses

Asmaul Husna Ar-Rahman Artinya Yang Maha Pengasih, Ini Contoh dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ar-Rahman artinya sifat Allah SWT mengasih semua ciptaan-Nya.

Liputan6.com, Jakarta Memahami Ar-Rahman artinya salah satu dari 99 nama-nama terbaik lagi indah Allah SWT dalam Asmaul Husna. Ar-Rahman artinya Yang Maha Pengasih. Ar-Rahman artinya sifat Allah SWT mengasih semua ciptaan-Nya dengan rahmat tanpa sedikitpun membeda-bedakannya.

Melansir dari Al-Qur’an Indonesia, pada Jumat (18/2/2022) asmaul husna Ar-Rahman artinya berasal dari akar kata r-h-m dalam bahasa Arab klasik memiliki makna sebagai: yang bersifat lembut, berlemah lembut, berbaik hati mencintai menyayangi, mengasihi menunjukkan keramahan dan kebaikan memiliki semua sifat yang dibutuhkan untuk menjadi yang Maha Pengasih.

Dalam kitab tafsir Ibnu Kasir, melansir dari modul berjudul Meneladai Sifat Ar-Rahman dalam Kehidupan yang dipublikasikan Universitas Ahmad Dahlan menyebutkan kata Ar-Rahman artinya kepengasihan Allah atau rasa kasih dan sayang Allah yang diberikan kepada seluruh makhuk-Nya.

“Bukan hanya kepada hamba-Nya semata, namun juga kepada makhluk Allah yang lain, yang ada di dunia ini baik yang beriman maupun yang tidak, baik itu manusia maupun selainnya,” dijelaskan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang asmaul husna Ar-Rahman artinya Yang Maha Penyayang, Jumat (18/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asmaul Husna Ar-Rahman

Memahami Ar-Rahman adalah salah satu nama terbaik lagi indah Allah SWT dari 99 asmaul husna lainnya. Asmaul husna Ar-Rahman artinya Yang Maha Pengasih. Ar-Rahman artinya Allah SWT memberikan kebaikan dan belas kasihan kepada semua makhluk-Nya.

Melansir dari Al-Qur’an Indonesia, asmaul husna Ar-Rahman artinya berasal dari akar kata r-h-m dalam bahasa Arab klasik memiliki makna sebagai: yang bersifat lembut, berlemah lembut, berbaik hati mencintai menyayangi, mengasihi menunjukkan keramahan dan kebaikan memiliki semua sifat yang dibutuhkan untuk menjadi yang Maha Pengasih.

“Ar-Rahman artinya Dia yang mengasih semua ciptaan-Nya dengan rahmat tanpa sedikitpun membeda-bedakannya. Dia yang paling penyayang, baik hati dan penuh cinta kepada semua ciptaan-Nya. Dia mengayomi dan merangkul semua ciptaan-Nya,” dijelaskan.

Asmaul husna Ar-Rahman artinya Yang Maha Pengasih disebutkan sebanyak 57 kali. Contohnya dalam surat Al-Fatihah, Ar-Rahman disebut sebanyak dua kali, pada ayat pertama dan ketiga.

Dalam kitab tafsir Ibnu Kasir, melansir dari modul berjudul Meneladai Sifat Ar-Rahman dalam Kehidupan yang dipublikasikan Universitas Ahmad Dahlan menyebutkan kata Ar-Rahman artinya kepengasihan Allah atau rasa kasih dan sayang Allah yang diberikan kepada seluruh makhuk-Nya.

“Bukan hanya kepada hamba-Nya semata, namun juga kepada makhluk Allah yang lain, yang ada di dunia ini baik yang beriman maupun yang tidak, baik itu manusia maupun selainnya,” dijelaskan.

3 dari 3 halaman

Contoh Asmaul Husna Ar-Rahman Artinya Yang Maha Pengasih

1. Asmaul Husna Ar-Rahman artinya dalam Al-Qur’an surat Al-Mulk ayat 29:

Katakanlah, “Dialah Yang Maha Pengasih, kami beriman kepada-Nya dan kepada-Nya kami bertawakal. Maka kelak kamu akan tahu siapa yang berada dalam kesesatan yang nyata.”

2. Asmaul Husna Ar-Rahman artinya dalam Al-Qur’an surat At Taubah ayat 128:

“Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.”

3. Asmaul Husna Ar-Rahman artinya dalam Al-Qur’an surat Thaha ayat 5:

“… (yaitu) Yang Maha Pengasih, yang bersemayam di atas ‘Arsy.”

4. Asmaul Husna Ar-Rahman artinya dalam Al-Qur’an surat Al Isra’ ayat 110:

Katakanlah (Muhammad), “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu dapat menyeru, karena Dia mempunyai nama-nama yang terbaik (Asma‘ul husna) dan janganlah engkau mengeraskan suaramu dalam salat dan janganlah (pula) merendahkannya dan usahakan jalan tengah di antara kedua itu.”

5. Asmaul Husna Ar-Rahman artinya dalam Al-Qur’an surat Ar-Rahman ayat 1:

“(Tuhan) Yang Maha Pemurah.”

6. Asmaul Husna Ar-Rahman artinya dalam Al-Qur’an surat Al Fatihah ayat 2-4:

“Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Pemilik hari pembalasan.”

7. Asmaul Husna Ar-Rahman artinya dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 128:

"Sungguh, telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman"

8. Asmaul Husna Ar-Rahman artinya dalam Al-Qur’an surat Al-Furqon ayat 60:

“Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Sujudlah kepada Yang Maha Pengasih”, mereka menjawab, “Siapakah yang Maha Pengasih itu? Apakah kami harus sujud kepada Allah yang engkau (Muhammad) perintahkan kepada kami (bersujud kepada-Nya)?” Dan mereka makin jauh lari (dari kebenaran).”

9. Asmaul Husna Ar-Rahman artinya dalam Hadis Riwayat Muslim:

Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya seorang hamba yang membaca: “Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam,” maka Allah akan berfirman: “Hamba-Ku telah Memuji-Ku,” dan jika dia membaca “Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,” maka Allah berfirman: “Hamba-Ku telah Memuji-Ku.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.