Sukses

10 Contoh Poster Kesehatan yang Sederhana, Menarik dan Informatif

Liputan6.com, Jakarta Contoh poster kesehatan dapat memberikan ajakan dan informasi bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan orang terkasih. poster merupakan berbentuk selebaran desain grafis yang berisi gambar dan kalimat berisi tentang informasi yang ditujukan kepada orang banyak. 

Selain memberikan informasi, poster juga bertujuan untuk memengaruhi orang untuk melakukan sesuatu sesuai isi dengan apa yang ada di dalam poster. Poster tidak hanya berbentuk cetak, perkembangan teknologi membuat poster dapat berbentuk gambar grafis yang dipublikasikan di media sosial atau internet.

Pada umumnya, poster sering dipasang di tempat-tempat umum yang strategis. Contoh poster tentang kesehatan bisa jadi salah satu yang perlu banyak diberikan kepada masyarakat. Pasalnya, kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik.

Berikut terdapat beberapa contoh poster tentang kesehatan, beserta pengertian, tujuan, dan fungsinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (18/2/2022).

2 dari 4 halaman

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Berikut ini ada sejumlah pendapat lain mengenai apa itu poster menurut para ahli, diantaranya:

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Poster adalah kombinasi visual dari desain yang kuat dilengkapi dengan warna-warna dan pesan, bertujuan untuk menangkap perhatian masyarakat yang melihatnya serta menanamkan ide yang berarti dalam ingatannya.

Azhar Arsyad

Poster merupakan sebuah media dua dimensi visual yang berisi gambar serta pesan singkat tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan hal-hal khusus dan mampu memengaruhi orang-orang yang melihatnya.

Sri Anitah

Poster adalah gambar yang menggabungkan unsur-unsur visual, seperti garis, kata-kata, dan gambar yang memiliki tujuan untuk dapat menarik perhatian serta menyampaikan pesan secara singkat.

3 dari 4 halaman

Tujuan dan Fungsi Poster

Poster juga memiliki tujuan pembuatan, di antaranya:

1. Masyarakat menjadi tahu tentang kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan.

2. Menjadikan produk atau jasa kita dikenal dan digunakan oleh masyarakat.

3. Mengingatkan masyarakat tentang hal yang seharusnya dilakukan.

4. Mengingatkan masyarakat agar menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Tak hanya itu, poster juga memiliki fungsi, yaitu:  

1. Fungsi poster adalah untuk menyampaikan informasi.

2. Fungsi poster adalah media promosi barang ataupun jasa.

3. Sarana bagi para desainer grafis untuk berkreativitas.

4 dari 4 halaman

Contoh Poster tentang Kesehatan

1. Contoh Poster Informasi Cara Memakai Masker yang Benar

Jika isi informasi anda berupa langkah-langkah atau panduan, buatlah contoh poster berupa panduan secara detail. Isinya dengan jelas menerangkan tentang cara memakai masker yang benar. Tidak hanya dari tulisan, tetapi juga melalui gambar deskriptif untuk memperjelas informasi.

2. Contoh Poster Kesehatan tentang Batuk

Contoh poster yang berikutnya, anda bisa menjelaskan tentang etika batuk dalam poster. Gunakan ilustrasi kartun agar tampilannya menarik untuk semua generasi. Lalu gunakan perpaduan warna yang terang, tetapi tidak berlebihan sebagai latar poster.

3. Contoh Poster tentang Gejala Depresi

Ranah kesehatan tidak hanya berputar pada kondisi fisik, tetapi juga mental. Anda bisa mengangkatnya sebagai salah satu tema utama contoh poster kesehatan. Misalnya saja topik terkait gejala Depresi yang saat ini mulai banyak terlihat di masyarakat.

4. Contoh Poster Edukasi Kebersihan

Tahukah anda, kebersihan juga berkaitan erat dengan kesehatan. Makanya penting untuk mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kondisi lingkungannya. Salah satu caranya adalah dengan mencegah penimbunan sampah melalui teknik 3R.

5. Contoh Poster Edukasi Manfaat Air Putih

Tidak hanya berputar pada panduan terkait kesehatan, anda juga bisa membahas tentang manfaat. Contoh poster yang lainnya yaitu mengenai manfaat minum air putih, kegiatan sederhana yang sering terlupakan oleh seseorang. Supaya lebih mudah terbaca, perbesar font untuk garis besar manfaatnya. Lalu, gunakan ukuran huruf yang lebih kecil untuk bagian penjelasan.

6. Contoh Poster Kesehatan yang Mengajak untuk Bergerak

Contoh poster satu ini memuat tentang ajakan untuk terus bergerak. Tampilannya bisa dibuat sederhana dengan warna latar kuning. Selain kalimat ajakan, di bawah tulisan creator juga bisa diberi penjelasan mengapa hal tersebut penting.

7. Contoh Poster Kesehatan Gigi

Hal penting lainnya yang bisa jadi topik poster anda adalah terkait kesehatan gigi. Buatlah sebuah contoh poster berisi panduan mengenai cara menjaga kesehatan gigi yang benar. Beri ilustrasi sederhana pada setiap poin agar masyarakat lebih mudah memahami isinya.

8. Contoh Poster Kesehatan tentang Manfaat Buah-Buahan untuk Tubuh

Ide selanjutnya, anda bisa membuat contoh poster berisi penjelasan terkait manfaat buah-buahan. Supaya teks informasinya bisa masuk semua, cukup gunakan elemen visual di bagian tengah. Bentuknya bisa berupa gambar buah-buahan atau ilustrasi seseorang yang sedang makan buah.

9. Contoh Poster Panduan Cara Menggosok Gigi

Kembali ke masalah gigi, selain cara menjaganya anda bisa menulis tentang cara menyikatnya. Apalagi, tidak semua orang memahami seperti apa sebenarnya cara sikat gigi yang benar. Beri ilustrasi pelengkap berupa gambar gigi dan sikatnya agar penjelasan anda lebih mudah dipahami.

10. Contoh Poster Kesehatan Bahaya Rokok

Terakhir, anda bisa membuat contoh poster kesehatan terkait bahaya merokok. Buatlah ilustrasi rokok di tengah poster, lalu beri penjelasan mengenai bagian rokok lengkap dengan bahayanya. Di bagian bawah, anda bisa melengkapi informasi dengan tips berhenti merokok.