Sukses

10 Penyebab Penyakit Ginjal yang Sering Disepelekan, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab penyakit ginjal. Penyakit ginjal adalah istilah yang menggambarkan setiap gangguan yang terjadi pada ginjal. Penyakit ginjal akan mengganggu fungsi organ ini untuk membersihkan dan menyaring limbah atau racun dari darah.

Ginjal adalah sepasang organ berbentuk seperti kacang yang berada di area punggung bagian bawah. Saat ginjal mengalami gangguan, beragam komplikasi mulai dari penumpukan limbah dan racun, anemia, serta gangguan elektrolit, bisa terjadi. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan melakukan pencegahan penyakit ginjal sejak dini. Untuk menceganya, anda juga perlu mengenali gejala dan penyebab penyakit ginjal supaya dapat mengidentifikasi gangguan ginjal lebih dini.

Berikut ini ulasan mengenai penyebab penyakit ginjal beserta gejala dan cara mencegahnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (19/2/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Jenis Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal sendiri terdiri dari berbagai jenis yang berbeda. Berikut ini jenis penyakit ginjal yang sering terjadi, antara lain:

1. Penyakit Ginjal Kronis

Kondisi ini dikenal juga sebagai gagal ginjal kronis. Kondisi ini terjadi saat fungsi ginjal hilang secara bertahap. Saat kondisi ini terjadi, perlahan akan terjadi penumpukan limbah atau zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Lama-kelamaan dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada organ lain.

2. Penyakit Ginjal Akut

Penyakit ginjal akut atau gagal ginjal akut merupakan kondisi di mana fungsi ginjal menghilang secara tiba-tiba.

3. Batu Ginjal

Batu ginjal berbentuk benda padat atau kerikil yang terdapat dalam salah satu atau kedua ginjal. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat tingginya kadar mineral tertentu dalam urine.

4. Infeksi Ginjal

Kondisi ini dikenal juga sebagai pyelonephritis. Penyakit ginjal ini bisa terjadi akibat kondisi infeksi saluran kemih yang tidak diatasi dengan baik. Hasilnya, bakteri bergerak menuju ginjal dan menyebabkan infeksi.

5. Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal poliskistik atau Polycystic Kidney Disease (PKD) merupakan kondisi kelainan genetik yang menyebabkan munculnya kista pada ginjal.

3 dari 6 halaman

Gejala Penyakit Ginjal

Nyatanya, gejala penyakit ginjal yang muncul pada tiap pengidap akan dirasakan berbeda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan jenis penyakit ginjal yang dialami. Bahkan, beberapa jenis penyakit ginjal tidak menunjukkan gejala apapun di awal kondisi ini terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui lebih banyak gejala kesehatan yang terkait dengan penyakit ginjal. Berikut ini beberapa gejala penyakit ginjal, antara lain:

1. Bau napas tak sedap dan tercium bau seperti urine.

2. Kulit pucat, kering, dan gatal.

3. Jumlah urine saat dikeluarkan tak banyak.

4. Mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

5. Kerap merasakan mual, muntah, dan menurunnya nafsu makan.

6. Sering mengalami kram otot di bagian kaki.

7. Terjadi pembengkakan di area mata dan pergelangan kaki.

8. Napas pendek.

9. Mudah merasa lelah secara terus-menerus.

4 dari 6 halaman

Penyebab Penyakit Ginjal

Ada beberapa penyebab penyakit ginjal yang seringkali tak disadari. Ada pun penyebab penyakit ginjal tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab penyakit ginjal yang cukup tak disadari banyak orang. Ginjal merupakan organ penting di dalam tubuh untuk menyaring zat-zat beracun yang tak dibutuhkan. Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka ginjal pun juga kehilangan banyak cairan untuk melakukan fungsinya. Alhasil, sakit ginjal pun muncul dan mengganggu.

2. Kurang vitamin

Tubuh membutuhkan vitamin sebagai zat pengatur di dalam tubuh. Hal ini secara langsung membuat peran vitamin cukup signifikan bagi fungsi ginjal sebagai organ penyaring. Saat tubuh kekurangan asupan vitamin, maka ginjal tentu akan bekerja lebih keras hingga mudah terkena gangguan hingga kerusakan. Maka dari itu, penuhi kebutuhan vitamin dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran.

3. Konsumsi garam berlebih

Penambahan garam memang wajar dilakukan pada saat proses memasak. Tanpa disadari, kandungan garam berlebih pada makanan justru merupakan salah satu penyebab penyakit ginjal. Sebab, garam merupakan senyawa yang dianggap racun oleh ginjal. Saat tubuh memiliki garam berlebih, maka ginjal pun juga akan bekerja lebih keras dalam waktu yang lama.

4. Kebiasaan menahan buang air

Penyebab penyakit ginjal yang paling dikenal luas adalah kebiasaan menahan buang air kecil. Semakin sering tubuh menahan buang air kecil, maka semakin besar pula terjadi gangguan batu ginjal. Ginjal yang menahan lama urine berisikan racun akan semakin berisiko untuk ditumbuhi bakteri hingga kuman. Maka dari itu, ada baiknya untuk buang air kecil sesegera mungkin saat tubuh sudah membunyikan alarm.

5. Konsumsi obat-obatan

Tubuh yang mengonsumsi obat-obatan juga berisiko tinggi untuk terserang penyakit ginjal. Penyebab penyakit ginjal yang satu ini biasanya dialami oleh kebanyakan orang dengan ketergantungan pada obat-obatan pereda nyeri dan lain sebagainya. Ada baiknya untuk menggunakan obat jenis ini dalam jumlah dan takaran yang wajar. Jika memungkinkan, Anda dapat beralih pada bahan-bahan alami yang lebih aman untuk dikonsumsi.

5 dari 6 halaman

Penyebab Penyakit Ginjal

6. Alkohol dan rokok

Kandungan di dalam minuman beralkohol dan rokok merupakan salah satu penyebab penyakit ginjal yang juga banyak diketahui. Kandungan di dalam alkohol dan rokok secara langsung dianggap sebagai zat racun yang perlu dikeluarkan dari tubuh. Saat kandungan tersebut masuk ke dalam tubuh, maka ginjal berfungsi lebih keras. Ginjal yang secara terus-menerus mengalami hal ini maka akan semakin tinggi pula risiko kerusakannya.

7. Kelainan bawaan

Penyebab penyakit ginjal karena adanya cacat lahir yang memengaruhi bentuk dan fungsi ginjal. Normalnya, bayi dilahirkan dengan dua ginjal yang berperan menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah. Namun, kelainan bawaan seperti salah satu ginjal hilang atau berisi kista ternyata dapat menyebabkan penyakit ginjal seperti glomerulonefritis dan polikistik ginjal. Sejauh ini masih belum diketahui apa penyebab kelainan bawaan pada ginjal, tetapi besar kemungkinan riwayat penyakit ginjal di keluarga meningkatkan risiko tersebut.

8. Menjalani diet tertentu

Bagi Anda yang hendak menjalani diet tertentu mungkin sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, salah menjalani pola makan ternyata bisa menjadi penyebab penyakit ginjal terjadi. Salah satu diet yang dapat memicu penyakit ginjal adalah diet tinggi protein. Asupan protein yang berlebihan dapat menyebabkan batu ginjal berjenis asam urea dan menyebabkan kalsium ada pada urine dan aciuria (urine asam). Kondisi tersebut ternyata mengubah pH menjadi terlalu asam dan ketika dibiarkan bisa membentuk batu ginjal. Bahkah, makan makanan protein terlalu banyak disebut bisa menyebabkan iskemia pada ginjal, yaitu ketika pembuluh organ ginjal tersumbat. Akibatnya, ginjal tidak mendapatkan cukup oksigen dan makanan yang mengakibatkan jaringan pada ginjal mati.

9. Diabetes

Kontrol gula darah yang cermat pada penderita diabetes dapat membantu mencegah komplikasi, seperti penyakit ginjal, penyakit jantung koroner, dan stroke. Ketika penderita diabetes mengaitkan tekanan darah tinggi, obat khusus yang disebut penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE) dilaporkan dapat membantu melindungi fungsi ginjal mereka.

10. Glomerulonefritis

Penyebab penyakit ginjal stadium akhir lainnya adalah glomerulonefritis, penyakit yang merusak unit penyaringan ginjal yang disebut glomeruli. Dalam banyak kasus, penyebab penyakit ini tidak diketahui, tetapi beberapa kasus mungkin diturunkan (faktor riwayat keluarga) dan yang lainnya dapat dipicu oleh infeksi.

6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Setelah mengetahui penyebab sakit ginjal, alangkah baiknya bagi kita untuk senantiasa menghindari beberapa hal tersebut. Sebab, mencegah sakit ginjal akan jauh lebih baik sebelum terjadi banyak hal yang tak diinginkan. Berikut ini terdapat beberapa cara mencegah penyakit ginjal, antara lain:

1. Mengurangi konsumsi garam.

2. Sering beraktivitas fisik, dari olahraga ringan hingga cukup berat.

3. Jaga berat badan agar tetap normal dan stabil.

4. Cukupi waktu istirahat dengan baik.

5. Hindari asap rokok dan alkohol.

6. Cukupi kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas per hari.

7. Mulai membatasi obat pereda nyeri yang dijual bebas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS