Sukses

20 Tanda-Tanda Hamil yang Sering Tak Disadari, Mual Hingga Sensitif Terhadap Bau

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita mungkin mengalami tanda-tanda hamil yang berbeda-beda. Apa yang dialami seorang wanita ketika hamil, mungkin tidak dialami oleh wanita hamil lainnya. Namun, tidak ada salahnya untuk mengenali tanda-tanda hamil selain terlambat haid agar kehamilan lebih cepat diketahui. 

Beberapa wanita mungkin masih belum mengenali tanda-tanda hamil muda. Padahal kendati perubahan pada perut belum terlihat, ada beberapa tanda awal kehamilan yang biasanya dirasakan di minggu-minggu pertama kehamilan.

Mulai dari terlambat datang bulan hingga mual dan muntah, gejala-gejala tersebut kerap menjadi tanda-tanda hamil. Kendati dikenal sebagai tanda-tanda hamil, sebagian wanita, terutama ibu muda mungkin masih tidak menyadari kalau gejala yang mereka alami merupakan pertanda kehadiran si buah hati.

Berikut ini penjelasan mengenai beberapa tanda-tanda hamil muda yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (19/2/022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Hamil yang Jarang Dikenali

1. Payudara Bengkak dan Sensitif

Tanda-tanda hamil yang sering terjadi adalah payudara yang lebih bengkak dan sensitif dikarenakan adanya fluktuasi hormon pada tubuh. Ketidaknyamanan ini akan mereda dalam beberapa minggu setelah tubuh berhasil menyesuaikan diri dengan perubahan hormon. Perubahan payudara juga bisa terjadi saat menstruasi atau PMS. Tetapi pada wanita yang hamil muda mungkin akan lebih parah.

2. Areola Payudara Lebih Gelap

Tanda-tanda hamil muda bisa dilihat dari lingkaran di sekitar puting susu atau areola menjadi lebih gelap dan bertambah diameternya beberapa minggu setelah terjadi pembuahan. Wanita yang sedang hamil juga bisa melihat benjolan kecil mirip areola di sekitarnya (kelenjar yang akan melumasi puting saat menyusui).

3. Lebih Sering Buang Air Kecil

Di masa awal kehamilan, kebanyakan wanita akan lebih sering ingin buang air kecil, terutama pada malam hari. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dan bertambahnya jumlah cairan tubuh. Pada tahap kehamilan selanjutnya, keinginan buang air kecil lebih disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.

4. Lebih Cepat Lelah

Tanda-tanda hamil yang berikutnya adalah lebih cepat lelah. Gejala ini dapat berlanjut, terutama pada trimester pertama kehamilan. Rasa lelah yang muncul saat hamil umumnya disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron. Tak hanya itu, peningkatan jumlah darah, detak jantung, dan metabolisme tubuh juga dapat menyebabkan tubuh ibu hamil cepat lelah. Untuk mengatasi keluhan ini, Anda perlu mengonsumsi makanan bernutrisi dan mencukupi waktu istirahat. Hindari olahraga atau aktivitas fisik yang berat dan batasi konsumsi kafein karena bisa membahayakan kondisi janin.

5. Mual dan Muntah

Mual dan muntah umumnya baru akan terasa pada usia kehamilan 6 minggu, tetapi bisa juga muncul lebih awal. Kondisi ini biasanya akan hilang setelah memasuki usia kehamilan 12–16 minggu. Mual dan muntah dapat dicegah dengan cara menjaga perut agar tidak kosong, yaitu makan dengan porsi sedikit, tetapi sering. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengonsumsi permen mint atau jahe juga untuk membantu meredakan gejala mual dan muntah saat hamil.

3 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Hamil yang Jarang Dikenali

6. Sensitif Terhadap Bau

Terjadinya perubahan hormon saat hamil dapat membuat indra penciuman wanita menjadi lebih sensitif. Hal ini bisa membuat wanita yang sedang hamil menjadi lebih mudah merasa mual saat mencium aroma tertentu, misalnya parfum atau minyak wangi, makanan berbumbu atau berbau tajam, serta asap rokok.

7. Hilangnya Nafsu Makan

Tanda-tanda hamil yang selanjutnya adalah hilangnya nafsu makan. Peningkatan kadar hormon dan sensitivitas indra penciuman bisa membuat wanita hamil menjadi kehilangan nafsu makan. Jika Anda mengalaminya, cobalah untuk tetap mengonsumsi camilan, seperti biskuit tanpa perasa atau roti gandum.

8. Suasana Hati yang Mudah Berubah

Perubahan hormon juga dapat membuat Anda merasa lebih emosional. Suasana hati yang cepat berubah tanpa alasan yang jelas bisa menjadi salah satu kemungkinan tanda-tanda hamil.

9. Pusing

Pusing kerap dirasakan di awal usia kehamilan akibat turunnya tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah. Hal ini dapat diatasi dengan cukup istirahat. Namun, konsultasikan ke dokter jika pusing yang Anda alami berlangsung cukup lama dan tidak membaik setelah beristirahat.

10. Keluar Bercak Darah dari Vagina

Terkadang kehamilan diawali dengan munculnya bercak darah yang keluar dari vagina. Bercak darah atau flek dari vagina bisa menjadi tanda menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim.

4 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Hamil yang Jarang Dikenali

11. Suhu Tubuh Meningkat

Tanda-tanda hamil yang lainnya adalah terjadinya peningkatan pada suhu tubuh. Suhu tubuh basal yang lebih tinggi juga bisa menjadi tanda awal kehamilan. Suhu inti tubuh saat hamil dapat meningkat dengan lebih mudah, terutama saat Anda berolahraga atau dalam cuaca panas. Selama waktu-waktu ini, Anda harus memastikan untuk minum lebih banyak air dan berolahraga dengan hati-hati.

12. Periode Menstruasi yang Terlewat

Tanda-tanda hamil yang berikutnya adalah periode menstruasi yang terlewatkan. Setelah implantasi selesai, tubuh Anda akan mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Hormon ini juga memberitahu ovarium untuk berhenti melepaskan telur matang setiap bulan. Anda kemungkinan besar akan melewatkan menstruasi berikutnya empat minggu setelah pembuahan. Jika Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, Anda sebaiknya melakukan tes kehamilan untuk mengonfirmasi kebenarannya. Sebagian besar tes ala rumahan dapat mendeteksi hCG segera setelah delapan hari setelah menstruasi yang terlewat. Tes kehamilan akan dapat mendeteksi kadar hCG dalam urin dan menunjukkan apakah Anda hamil.

13. Peningkatan Detak Jantung

Tanda-tanda hamil yang selanjutnya adalah adanya peningkatan dalam detak jantung Anda. Sekitar minggu ke 8 hingga 10, jantung akan mulai memompa lebih cepat dan lebih keras. Palpitasi dan aritmia sering terjadi pada masa-masa kehamilan. Ini biasanya terjadi karena hormon. Peningkatan aliran darah karena janin terjadi di akhir kehamilan. Idealnya, penatalaksanaan dimulai sebelum konsepsi, tetapi jika Anda memiliki masalah jantung yang mendasarinya, dokter dapat membantu mengawasi agar dosis obat yang diberi tetap rendah.

14. Rambut Rontok

Menurut American Pregnancy Association, rambut rontok adalah salah satu tanda-tanda hamil yang umum terjadi. Umumnya ada 40-50 persen wanita hamil yang mengalami rambut rontok. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon. Tak jarang, saat wanita mengalami tanda-tanda hamil ini banyak dari mereka yang memilih memotong rambutnya menjadi pendek.

15. Perut Kembung

Perut kembung bisa menjadi salah satu tanda-tanda hamil muda. Sama halnya dengan mual, perut kembung juga disebabkan oleh peningkatan kadar progesteron yang dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan perut kembung. Kembung saat hamil muda biasanya diikuti dengan kentut serta bersendawa yang disebabkan oleh hormon progesteron dan memperlambat pencernaan. Tapi, kembung bisa terjadi juga karena ada masalah pencernaan lainnya.

5 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Hamil yang Jarang Dikenali

16. Morning Sickness

Morning sickness ditandai dengan rasa mual yang datang pada pagi hari. Mual di pagi hari memang sering menjadi tanda-tanda bahwa wanita sedang hamil. Wanita yang sedang hamil bisa mengalami rasa mual kapan saja, bahkan sepanjang hari. Namun biasanya rasa mual akan menjadi lebih parah di pagi hari. Hal ini biasanya mulai terjadi sekitar minggu ke-6 dan akan mereda saat kehamilan berlangsung. Sekitar 50%-80% wanita mengalami mual di pagi hari saat hamil muda.

17. Mengidam

Mengidam makanan tertentu sangat umum terjadi saat kehamilan, terutama makanan yang memberikan energi dan kalsium seperti susu dan produk turunannya. Bahkan, mungkin terkadang ibu hamil tiba-tiba merasakan ketidaksukaan terhadap makanan yang sebelumnya disukai.

18. Sembelit

Sembelit atau buang air besar tidak teratur mungkin juga termasuk jadi salah satu tanda-tanda hamil karena kenaikan hormon progesteron. Ketika hormon progesteron tinggi, pergerakan usus jadi lebih lambat. Ini membuat ibu lebih sulit mengeluarkan feses. Selain sembelit, masalah perut lainnya yang juga muncul sebagai tanda-tanda hamil adalah perut kembung dan begah. Tanda kehamilan ini bisa terjadi pada minggu awal kehamilan, dan bahkan bisa berlanjut sampai beberapa bulan ke depan.

19. Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah salah satu tanda-tanda hamil yang umum terjadi. Lokasi nyeri tepatnya berpusat di bagian bawah punggung. Nyeri pinggang ini bergantung pada usia kehamilan, tidak ada hubungannya dengan kembung, sembelit, atau kram implantasi. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya konsultasi pada dokter. Bila perlu, dokter akan meresepkan obat untuk meredakan sakit pinggang. Selain itu, jaga posisi tidur ibu hamil di malam hari dengan benar agar mencegah sakit pinggang bertambah parah.

20. Kram Perut

Kram perut adalah tanda-tanda hamil juga terjadi akibat proses implantasi embrio. Maka dari itu, tanda-tanda hamil ini biasanya muncul berbarengan dengan flek darah. Untuk membedakan kram perut tanda-tanda hamil dan gejala menstruasi, perhatikan intensitas dan lokasi sakitnya. Kram perut sebagai tanda-tanda hamil umumnya tidak terlalu sakit, hanya seperti dicubit dan berlangsung singkat. Kram bisa mulai terasa segera setelah ovulasi tapi mereda dalam hitungan jam. Kondisi ini terjadi akibat implantasi embrio juga cenderung terpusat pada satu titik lokasi saja.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS