Sukses

Gerak Manipulatif adalah Gerakan Menirukan Suatu Kegiatan dalam Olahraga

Sederhananya, gerak manipulatif adalah gerak memainkan benda atau alat tertentu, seperti bola, raket, atau kayu pemukul.

Liputan6.com, Jakarta Gerak manipulatif adalah salah satu jenis gerak dalam olahraga, di samping gerak lokomotor dan gerak non-lokomotor. Ketiga jenis gerak dalam olahraga ini wajib diperhatikan untuk mengetahui mutu keterampilan seseorang dalam olahraga spesialisasi. 

Gerak manipulatif sangat penting dipahami anak dalam pembelajaran olahraga. Gerakan ini sangat penting dalam praktik berbagai jenis olahraga yang sudah terspesialisasi, seperti sepak bola, voli,  tenis meja, badminton, dan olahraga-olahraga lainnya.

Sederhananya, gerak manipulatif adalah gerak memainkan benda atau alat tertentu, seperti bola, raket, atau kayu pemukul. Gerakan ini perlu dipelajari dalam olahraga karena digunakan dalam berbagai teknik dasar olahraga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Bola.com, Senin (21/2/2022) tentang gerak manipulatif adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gerak Manipulatif adalah

Gerak manipulatif adalah salah satu jenis gerak yang sangat penting dalam olahraga. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gerak manipulatif adalah gerak menirukan kegiatan seperti menendang, melempar, atau menangkap. Hal ini tentunya berbeda dengan jenis gerak lainnya, yaitu gerak lokomotor dan gerak non-lokomotor.

Gerak manipulatif adalah gerakan menirukan kegiatan, sedangkan gerak lokomotor adalah gerak berpindah tempat. Kebalikan dari gerak lokomotor, gerak non-lokomotor adalah gerakan di tempat. Ketiga jenis gerak ini merupakan gerakan yang penting dikenali dalam ilmu olahraga.

Jadi, gerak manipulatif adalah bagian dari keterampilan dasar yang harus dipelajari anak bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor. Ketiga keterampilan dasar tersebut yang menentukan mutu keterampilan anak dalam olahraga yang bersifat kecabangan (spesialisasi). 

Gerak manipulatif adalah gerakan yang berhubungan dengan benda di luar diri seseorang yang harus dimanipulasi sedemikian rupa sehingga terbentuk satu keterampilan. Gerak koordinasi tersebut diperlukan saat seseorang terlibat dalam kegiatan olahraga yang sudah terspesialisasi, seperti sepak bola, tenis meja, vol,  badminton, dan lain-lain.

Pengertian Gerak Manipulatif Menurut Ahli

Berikut beberapa pengertian gerak manipulatif menurut para ahli:

- Sujiono (2007 : 12.4)

Menurut Sujiono, pengertian gerak manipulatif adalah aktivitas yang dilakukan tubuh dengan bantuan alat.

- Pramono Dkk (2010:9)

Menurut Pramono Dkk,  pengertian gerak manipulatif adalah gerak memainkan benda atau alat tertentu, seperti bola, raket, atau kayu pemukul.

3 dari 4 halaman

Contoh Gerak Manipulatif

Contoh gerak manipulatif adalah sebagai berikut:

1. Melempar

Melempar adalah suatu keterampilan manipulatif yang kompleks di mana satu atau dua tangan digunakan untuk melontarkan suatu objek menjauhi tubuh ke ruang tertentu.

2. Menangkap

Menangkap adalah gerakan yang melibatkan penghentian momentum suatu objek dan menambahkan kontrol terhadap objek tersebut dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan.

3. Menendang

Menendang adalah suatu pola keterampilan manipulatif yang menggunakan kaki untuk memukul suatu benda. Jenisnya yang pertama yaitu tendangan kura-kura kaki, yaitu tendangan dengan bagian atas atau punggung kaki, dan tendangan dengan bagian dalam kaki.

4. Menggiring

Menggiring (bola) adalah keterampilan manipulatif khusus yang berkaitan dengan kegiatan menggerakkan suatu benda (bola) dengan pengontrolan dan penguasaan yang terus-menerus. Keterampilan menggiring ini dibedakan antara menggiring bola dengan kaki dan menggiring bola dengan tangan.

5. Memukul

Memukul adalah keterampilan yang dilakukan menggunakan satu atau dua tangan, dapat juga menggunakan alat untuk menunjukkan daya dorongan kepada suatu obyek. Gerak manipulatif yang satu ini sering dilatih dengan memakai benda bergerak, contohnya memukul bola menggunakan tongkat dalam permainan bola kasti atau soft ball.

4 dari 4 halaman

Gerak Lokomotor

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gerak lokomotor adalah adalah gerak berpindah tempat. Gerak lokomotor adalah gerakan yang menyebabkan perpindahan tubuh dari satu tempat ke tempat lain. Jadi, dalam gerak lokomotor, seseorang harus memindahkan tubuh dari posisi A ke B dan ketika berpindah, tubuh akan terangkat untuk pindah ke posisi kedua.

Contoh Gerak Lokomotor

Berikut contoh gerakan lokomotor:

1. Berjalan

Berjalan merupakan gerakan tubuh untuk memindahkan tubuh dari tempat yang satu menuju tempat yang lainya dengan cara melakukan langkah kaki secara bergantian.

2. Berlari

Berlari adalah gerakan yang dilakukan seperti berjalan, namun dengan tempo yang dipercepat.

3. Melompat

Melompat dilakukan dengan menolakkan badan ke atas dan kemudian mendarat menggunakan satu kaki. Gerakan ini memerlukan kekuatan otot, keseimbangan tubuh, serta koordinasi tubuh.

4. Berjingkat

Berjingkat merupakan gerakan memindahkan tubuh dengan memakai satu kaki untuk menumpu dan bergerak, sementara kaki yang ditekuk di lutut.

5. Merayap

Gerakan merayap dilakukan dengan posisi badan tengkurap di lantai dengan posisi kepala sedikit diangkat, kemudian tangan digerakan maju secara bersama.

6. Meloncat

Berbeda dengan melompat, gerak meloncat dilakukan dengan menolakkan badan ke atas dan mendarat menggunakan dua kaki. Keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi dari tubuh sangat harus diperhatikan.

7. Menderap

Gerakan menderap sering juga disebut dengan mencongklang. Menderap adalah aktivitas gerak jalan yang dipadukan dengan lompatan, baik ke depan atau ke belakang, dan dilakukan dengan menggunakan kedua kaki.

8. Memanjat

Memanjat merupakan gerakan yang dilakukan untuk memindahkan seluruh tubuh menuju ke atas dengan bertumpu pada benda. Cara melakukan geraknya adalah dengan mencengkramkan dengan kedua tangan kemudian menarik tubuh ke atas dengan dibantu pijakan kaki.

9. Rolling

Gerakan rolling adalah gerak berguling baik ke depan atau ke belakang. Gerak rolling ke depan dilakukan dengan bertumpuan pada kedua telapak tangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.