Sukses

12 Penyakit yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh, Rentan Terhadap Infeksi

Tugas sistem kekebalan tubuh manusia adalah melindungi dari penyakit berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Sistem kekebalan tubuh adalah pelindung tubuh dari paparan benda asing baik dari dalam maupun luar tubuh itu sendiri. Tugas utama sistem kekebalan tubuh manusia adalah melindungi dari penyakit berbahaya.

Dalam modul berjudul Perlunya Peningkatan Sistem Imun pada Pandemi COVID-19 yang dipublikasikan fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada, benda asing itu berupa bakteri, virus, parasit, jamur, debu, dan serbuk sari.

“Sedangkan substansi asing dari dalam tubuh dapat berupa sel-sel mati atau sel-sel yang berubah bentuk dan fungsinya,” dijelaskan.

Meski demikian, ada kondisi penyakit yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia hingga membuatnya rentan terinfeksi bakteri, virus, dan lain sebagainya. Pada kondisi tersebut, tubuh justru memproduksi sistem kekebalan tubuh untuk menyerang jaringan tubuhnya sendiri, bukan melawan infeksi.

Apa saja penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh itu? Melansir dari WebMD, pada Rabu (23/2/2022) Jennifer Robinson, MD mengungkap ada dua belas penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh dan salah satunya diabetes.

“Penyakit defisiensi imun menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan penjajah, menyebabkan kerentanan terhadap infeksi,” dijelaskan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang dua belas penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh sesuai review dari Jennifer Robinson, MD, Rabu (23/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyakit yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

1. Radang Sendi

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah radang sendi. Sistem kekebalan menghasilkan antibodi yang menempel pada lapisan sendi. Pada kondisi ini, sel-sel sistem kekebalan pada lapisan sendi justru menyerang persendian, menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan nyeri.

Jika tidak diobati, rheumatoid arthritis menyebabkan kerusakan sendi permanen. Perawatan untuk penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh seperti rheumatoid arthritis dapat mencakup berbagai obat oral atau suntik yang mengurangi aktivitas sistem kekebalan yang berlebihan.

2. Lupus eritematosus sistemik (lupus)

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah lupus. Orang dengan lupus mengembangkan antibodi autoimun yang dapat menempel pada jaringan di seluruh tubuh.

“Sendi, paru-paru, sel darah, saraf, dan ginjal umumnya terkena lupus,” dijelaskan.

Perawatan dari penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh ini, seringkali membutuhkan prednison oral setiap hari, steroid yang mengurangi fungsi sistem kekebalan.

3. Penyakit Radang Usus (IBD)

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah radang usus. Sistem kekebalan pada kondisi ini justru menyerang lapisan usus, menyebabkan diare, pendarahan dubur, buang air besar yang mendesak, sakit perut, demam, dan penurunan berat badan.

“Kolitis ulserativa dan penyakit Crohn adalah dua jenis IBD. Obat penekan kekebalan oral dan disuntikkan dapat mengobati IBD,” dijelaskan.

4. Sklerosis Multipel (MS)

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah sklerosis multipel. Pada kondisi ini, sistem kekebalan menyerang sel-sel saraf, memicu gejala adanya rasa sakit, kebutaan, kelemahan, koordinasi yang buruk, dan kejang otot.

“Berbagai obat yang menekan sistem kekebalan dapat digunakan untuk mengobati multiple sclerosis,” dijelaskan.

3 dari 4 halaman

Penyakit yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

5. Diabetes Melitus Tipe 1

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah diabetes melitus tipe 1. Pada kondisi ini, antibodi sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas. Saat didiagnosis, penderita diabetes tipe 1 akan memerlukan suntikan insulin untuk bertahan hidup.

6. Sindrom Guillain-Barre

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah sindrom guillain-barre. Pada kondisi ini, sistem kekebalan menyerang saraf yang mengendalikan otot-otot di kaki dan kadang-kadang lengan dan tubuh bagian atas.

“Terkadang bisa parah,” dijelaskan.

Penyaringan darah dengan prosedur yang disebut plasmapheresis adalah pengobatan utama penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh untuk sindrom Guillain-Barre.

7. Psoriasis

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah psoriasis. Pada psoriasis, sel darah sistem kekebalan yang disebut sel T berkumpul di kulit. Aktivitas sistem kekebalan tubuh pada kondisi ini merangsang sel-sel kulit untuk bereproduksi dengan cepat, menghasilkan plak keperakan dan bersisik pada kulit.

8. Graves

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah graves. Pada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi yang merangsang kelenjar tiroid untuk melepaskan hormon tiroid dalam jumlah berlebih ke dalam darah (hipertiroidisme).

“Gejala penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh seperti Graves adalah mata melotot serta penurunan berat badan, gugup, lekas marah, detak jantung yang cepat, kelemahan, dan rambut rapuh,” dijelaskan.

Penghancuran atau pengangkatan kelenjar tiroid, menggunakan obat-obatan atau pembedahan, dalam dunia medis biasanya sangat diperlukan untuk mengobati penyakit Graves.

4 dari 4 halaman

Penyakit yang Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

9. Tiroiditis Hashimoto

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah tiroiditis hashimoto. Antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh justru menyerang kelenjar tiroid, secara perlahan menghancurkan sel-sel yang memproduksi hormon tiroid.

Gejala penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh ini meliputi kelelahan, sembelit, penambahan berat badan, depresi, kulit kering, dan kepekaan terhadap dingin. Mengambil pil hormon tiroid sintetis oral setiap hari mengembalikan fungsi tubuh normal.

10. Myasthenia Gravis

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah myasthenia gravis. Pada kondisi ini, antibodi mengikat saraf dan membuatnya tidak dapat merangsang otot dengan baik. Mestinon (piridostigmin) adalah obat utama yang digunakan untuk mengobati miastenia gravis.

“Kelemahan yang semakin parah dengan aktivitas adalah gejala utama miastenia gravis,” dijelaskan.

11. Vaskulitis

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah vaskulitis. Pada kondisi ini, sistem kekebalan menyerang dan merusak pembuluh darah pada kelompok penyakit autoimun ini.

“Vaskulitis dapat mempengaruhi organ apa pun, sehingga gejalanya sangat bervariasi dan dapat terjadi hampir di mana saja di tubuh,” dijelaskan.

12. Polineuropati Demielinasi Inflamasi Kronis

Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh adalah demielinasi inflamasi kronis. Kondisi ini mirip dengan Guillain-Barre, sistem kekebalan juga menyerang saraf di CIDP, tetapi gejalanya bertahan lebih lama.

“Sekitar 30% pasien harus menggunakan kursi roda jika tidak didiagnosis dan diobati sejak dini. Perawatan untuk CIDP dan GBS pada dasarnya sama,” dijelaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.