Sukses

1 Won Berapa Rupiah? Pahami Simbol Mata Uang Korea Selatan dan Sejarahnya

1 Won setara dengan Rp 12, sedangkan Rp 1000 setara dengan 78,18 Won.

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan 1 Won berapa Rupiah sering kali dibicarakan oleh masyarakat Indonesia, kususnya anak mudanya. Hal ini karena banyak penggemar berat K-Pop dan Drakor, tak hanya itu bahkan orang yang ingin berwisata ke Korea Selatan juga sering mempertanyakan 1 Won berapa Rupiah.

Negara Korea Selatan merupakan salah satu negara di kawasan Asia Timur yang memiliki beberapa tempat wisata yang menarik dan bagus. Namun sebelum memutuskan untuk berlibur ke Negeri Gingseng tersebut. Sebaiknya anda harus persiapkan uang terlebih dahulu agar nantinya bisa melakukan transaksi lebih mudah.

Seperti yang anda ketahui, bahwa mata uang Korea Selatan adalah Won â‚©. Anda harus kenali dahulu 1 Won berapa Rupiah. Berikut ini penjelasan mengenai 1 Won berapa Rupiah dan sejarahnya mata uang Korea Selatan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (24/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1 Won Berapa Rupiah

Uang Korea Won telah digunakan jauh sebelum datang dan masuknya imperialisme Jepang. Sempat berganti menjadi Yen, mata uang kembali menjadi Won tepat setelah pernyataan kemerdekaan. Uang Korea atau Uang Won memiliki dua jenis uang yaitu, uang logam dan kertas. Uang logam terdiri dari pecahan 1, 5, 10, 50, 100 dan 500. Sementara, uang kertas terdiri dari pecahan 1000, 5000, 10.000, dan 50.000. Jika kode uang negara Indonesia adalah IDR, maka kode uang negara Korea Selatan adalah KRW.

Saat ini, Won menjadi mata uang yang stabil dan diperdagangkan secara luas, didukung oleh ekonomi Korea Selatan yang besar dan sangat maju. Mata uang nasional Korea Selatan ini sepenuhnya dapat dikonversi dan secara rutin diperdagangkan terhadap mata uang global lainnya, seperti dollar AS, yen Jepang, dan euro. Sebagai informasi, saat ini nilai 1 dollar AS setara 1.192 Won. Sementara, jika dikonversikan mata uang Korea ke Rupiah adalah 1 Won berapa Rupiah jawabannya adalah Rp 12. Sedangkan, untuk 1000 Won setara dengan Rp 12.803, dan Rp 1000 setara dengan 78,18 Won.

3 dari 4 halaman

Sejarah Mata Uang Korea Selatan

Dilansir dari Investopedia, mata uang Korea Selatan kerap berganti dan dimodifikasi beberapa kali selama berabad-abad lalu guna mengatasi devaluasi dan efek perang. Selama Korea diduduki oleh Jepang dari tahun 1910 hingga 1944, Won diganti dengam mata uang kolonial Jepang yang disebut Yen Korea. Namun, setelah Perang Dunia II, pembagian Korea Utara dan Korea Selatan menghasilkan dua mata uang yang terpisah, masing-masing disebut Won Korea. Mulanya nilai tukar mata uang Korea Selatan ini memiliki nilai tukar tetap terhadap dollar AS, yaitu 15 Won setara dengan 1 dollar AS. Namun, kemudian terjadi devaluasi akibat efek perang Korea pada 1950-1953.

Kemudian, pada tahun 1950, mata uang Korea Selatan ini dikelola oleh bank sentral negara bernama Bank Korea yang berbasis di Seoul, ibu kota Korea Selatan. Bank Korea pun mengambil alih tugas otoritas moneter sebelumnya, yaitu Bank Joseon yang tadinya memiliki otoritas eksklusif untuk menerbitkan uang kertas dan koin untuk negara.

Saat ini, Bank Korea menerbitkan uang kertas Won dalam denomiasi mulai dari 1.000 hingga 50.000 Won. Uang kertas tersebut menampilkan tokoh-tokoh dinasti, seperti Raja Sejong pada uang 10.000 Won, dan penulis Yi Hwang pada uang 1.000 Won. Pada 1980-an, Korea Selatan berupaya memperluas relevansi mata uangnya di perdagangan internasional. Perubahan lebih lanjut dilakukan pada akhir 1990-an, saat pemerintah menanggapi krisis keuangan Asia dengan membiarkan Won mengambang di pasar valuta asing. Kemudian, Won didevaluasi menjadi hampir dari setengah nilainya.

 

4 dari 4 halaman

Mata Uang Korea Selatan yang Sekarang

Saat ini, perekonomian Korea Selatan menjadi salah satu yang terbesar di Asia dan menjadi kekuatan utama dalam perdagangan internasional. Seperti hanya banyak negara maju, Korea Selatan memiliki sektor jasa yang besar, terdiri dari 56 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) per tahun. Negara ini juga terkenal pada kemajuan manufakturnya. Dengan demikian, industri menjadi komponen yang paling penting dalam menyumbang PDB Korea Selatan, yaitu berkontribusi sekitar 33 persen dari total keseluruhan PDB.

Nilai mata uang Korea Selatan cukup stabil selama satu dekade terakhir. Pada Februari 2011, 1 dollar AS setara dengan 1.117 Won sedangkan kini 1 dollar setara dengan 1.192 Won. Sementara jika dikonversikan mata uang Korea ke Rupiah, 1 Won berapa rupiah jawabannya adalah Rp 12. Demikian sejarah dan perkembangan mata uang Korea Selatan yang dipengaruhi oleh perang dan perekonomian negara. Meskipun sama-sama disebut Won seperti mata uang Korea Utara, tapi keduanya berbeda di mana KRW untuk Korea Selatan dan KPW untuk Korea Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.