Sukses

Demi Cuan, Seniman Ini Ledakkan Lamborghini dan Puingnya Jadi NFT

Ledakkan Lamborghini Huracan untuk dijadikan NFT demi cuan.

Liputan6.com, Jakarta Non Fungible Token (NFT) menjadi aset digital yang belakangan digemari banyak orang. Banyak orang yang kini mulai berinvestasi dengan membeli aset digital dalam bentuk NFT. Sempat menghebohkan masyarakat karena nama Ghozali Everyday, kini ada sosok artis yang rela meledakkan supercar lamborghini untuk dijadikan NFT.

Melansir dari Business Insider, seniman yang meledakkan mobil mewah tersebut memang mencari keuntungan di balik NFT. Bahkan sosok yang dikenal dengan julukan Shl0ms ini membangun 100 tim untuk melancarkan aksinya meledakkan lamborghini bertipe huracan.

Namun tak hanya semata mencari cuan, Shl0ms mengaku proyek ini dibuat untuk memprotes konsep keserakahan seputar cryptocurrency dan NFT. 

“Proyek ini dimaksudkan sebagai pengingat potensi revolusioner dari teknologi yang mendasarinya jika kita menggunakannya dengan benar, bukan hanya untuk keuntungan pribadi,” kata Shl0ms mengutip dari Fortune.

Kini Shl0ms telah mengubah sisa-sisa mobil yang hangus menjadi 888 NFT. Total 999 potongan yang dikategorikan dan difilmkan dalam video sekarang akan dijual sebagai NFT dalam lelang yang dimulai pada nominal 0,01 Eter atau sekitar Rp 374 ribu. Masih ada 111 potongan video NFT atau disebut “SCAR” yang masih ditahan oleh tim seniman tersebut.

Berikut selengkapnya liputan6.com merangkumnya melansir dari berbagai sumber, Kamis (24/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lamborghini Bekas Rp 3.5 Miliar

Untuk melancarkan aksinya, Shl0ms telah membeli mobil Lamborghini Huracan bekas seharga  $250.000 atau setara Rp 3.5 Miliar. Tak hanya itu ia juga membangun tim yang beranggotakan 100 orang. Mereka bahkan menggunakan mobil lain sebagai bahan percobaan.

Untuk menangani daya ledak yang besar pada mobil, tim menyewa seorang insinyur bahan peledak berlisensi. Diketahui hasil ledakan ini merupakan ledakan yang paling menantang sejauh ini.

3 dari 4 halaman

Cuan Berlipat

Lamborghini huracan tersebut akhirnya diledakkan pada 2 Februari 2022, dengan video yang diunggah ke Twitter pada 18 Februari. Selain itu penjualan NFT bakal dimulai pada 25 Februari. Koleksi NFT akan terdiri dari 999 item. Dari jumlah itu, 111 item akan diberikan kepada tim dan penyedia dana awal dan 888 sisanya akan disiapkan untuk dijual. 

Diperkirakan, penjualan koleksi NFT nya bakal mendapat keuntungan 12%. Melihat harga pertukaran mata uang kripto saat ini sekitar $1,3 juta atau setara Rp 18,7 miliar. Bahkan jika artis telah menghabiskan satu juta dolar untuk proyek Lamborghini secara total, keuntungan mereka minimal 12% jauh di atas suku bunga bank.

 

 

4 dari 4 halaman

Mendanai Kegiatan Seni

Sang seniman menegaskan bahwa hasil dari penjualan NFT video itu akan disalurkan untuk mendanai ragam pameran seni untuk masyarakat umum. Menurut Shl0ms, Ia ingin memanfaatkan karya seni dan mata uang digital itu sebagai salah satu cara untuk menyalurkan nilai-nilai kebajikan. Ia juga ingin memanfaatkan NFT kepada tujuan aslinya yaitu mencetak aset digital dalam satu kesatuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.