Sukses

3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Ketiak, Begini Cara Menerapkannya

Liputan6.com, Jakarta Apakah ada manfaat minyak zaitun untuk ketiak? Minyak yang terbuat dari ekstrak buah zaitun ini diungkap dalam beberapa penelitian, memiliki tiga manfaat yang bisa diandalkan khususnya untuk kulit di ketiak.

Melansir dari Health Line, pada Jumat (25/2/2022) ada efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kepala pada bakteri Staphylococcus aureus pada kulit.

Manfaat minyak zaitun untuk ketiak adalah mencegah bau menyengat, mencerahkan area gelap ketiak, serta mempercepat pengelupasan kulit rusak dan mati. Manfaat minyak zaitun untuk ketiak ini berasal dari sifat alaminya.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang manfaat minyak zaitun untuk ketiak dan cara menerapkannya, Jumat (25/2/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Ketiak

Manfaat minyak zaitun untuk ketiak bisa membantu mencegah timbulnya bau menyengat dan mencerahkan kulit di sekitar ketiak. Ini penjelasan manfaat minyak zaitun untuk ketiak dan simak hasil penelitian yang berhubungan:

1. Mencegah dari Bau Ketiak

Manfaat minyak zaitun untuk ketiak baik mencegah dari timbulnya bau yang menyengat. Mengapa bisa demikian? Manfaat minyak zaitun untuk ketiak berasal dari sifat antibakterinya.

Dalam studi terbatas yang dipaparkan Health Line, ada efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kepala pada bakteri Staphylococcus aureus pada kulit. Ini cukup membuktikan adanya manfaat minyak zaitun untuk ketiak tidak bau.

Apabila bakteri pada kulit hilang, maka pemecahan keringat oleh bakteri yang selama ini menjadi penyebab bau ketiak tidak akan terjadi. Meski begitu, minyak kelapa murni lebih efektif menghilangkan bakteri dari kulit.

2. Mencerahkan Ketiak

Manfaat minyak zaitun untuk ketiak mampu mencerahkan warna kulit menghitam di sana. Mengapa bisa demikian? Manfaat minyak zaitun untuk ketiak menjadi cerah berasal dari sifatnya yang mengurangi atau menghambat terjadinya pigmentasi pada kulit.

Dalam sebuah review kesejahatan yang dipublikasikan Health Line, minyak zaitun sebagai pencerah kulit mampu menghentikan atau memperlambat adanya proses melanosit membuat melanin. Ini menghentikan pengiriman melanin ke lapisan atas kulit.

“Melanosit baru tumbuh saat kulit Anda diperbarui dari waktu ke waktu,” dijelaskan.

Itulah mengapa manfaat minyak zaitun untuk ketiak menjadi cerah wajib dicoba di rumah. Produk minyak zaitun aman digunakan karena terbuat dari bahan alami dan sedikit menggunakan pengawet yang berisiko membahayakan kesehatan kulit ketiak.

3. Meningkatkan Pengelupasan

Manfaat minyak zaitun untuk ketiak baik untuk meningkatan pengelupasan kulit. Itu artinya, manfaat minyak zaitun mampu mengangkat sel kulit mati akibat paparan sinar matahari atau rusak.

Adanya manfaat minyak zaitun untuk ketiak dalam review yang dipaparkan Health Line, menyebabkan lebih banyak pergantian sel kulit, sehingga sel-sel yang lebih terang muncul di permukaan kulit.

3 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Manfaat Minyak Zaitun untuk Ketiak

Itu tiga manfaat minyak zaitun untuk ketiak yang bisa dicoba di rumah. Lalu bagaimana menerapkan minyak zaitun pada ketiak agar manfaat minyak zaitun untuk ketiak bisa didapatkan? Siapkan minyak zaitun dan gula.

Melansir dari Swirlster NDTV, cara mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk ketiak seperti mencerahkan kulit dan mencegah timbulnya bau bisa mengandalkan campuran minyak zaitun dan gula. Begini cara membuatnya:

1. Siapkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan gula ke dalam mangkuk dan aduk rata.

2. Basahi area ketiak dan gosok campuran tersebut selama satu atau dua menit, lalu biarkan selama 5 -10 menit lagi dan bilas dengan air.

“Gula bertindak sebagai agen pengelupasan kulit yang sangat baik dan ketika dicampur dengan minyak zaitun yang menghidrasi dan menutrisi, ia dapat menghasilkan keajaiban,” dijelaskan.

3. Oleskan campuran ini pada area yang terkena untuk mencerahkan ketiak gelap.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Zaitun Lainnnya

Selain baik untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus ketiak, manfaat minyak zaitun juga baik untuk kesehatan tubuh manusia. Apa saja?

1. Menjaga Kesehatan Liver

Memiliki liver yang sehat adalah kunci hidup sejahtera. Mampu menjaga kesehatan liver merupakan manfaat minyak zaitun untuk pria dan wanita yang menakjubkan.

Bukti manfaat minyak zaitun untuk pria dan wanita ini diungkap dalam sebuah tinjauan studi laboratorium tahun 2018. Melalui Medical News Today, diungkap molekul dalam minyak zaitun extra virgin dapat membantu mencegah atau memperbaiki kerusakan hati.

MUFA minyak, yang terutama asam oleat, dan senyawa fenoliknya dapat membantu mencegah peradangan, stres oksidatif, resistensi insulin, dan perubahan lain yang dapat menyebabkan kerusakan hati atau liver manusia.

2. Mencegah Penyakit Alzheimer

Mampu mencegah penyakit alzheimer adalah manfaat minyak zaitun untuk pria dan wanita yang tak boleh dianggap remeh. Pada tahun 2016, Medical News Today mengungkap beberapa ilmuwan menyarankan konsumsi minyak zaitun extra virgin dalam makanan dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Minyak zaitun diklaim bisa membantu menjaga pembuluh darah di otak. Penelitian yang dilakukan pada tikus yang diterbitkan tahun 2019 menyarankan konsumsi minyak zaitun extra virgin yang kaya oleocanthal dapat membantu memperlambat atau menghentikan perkembangan Alzheimer. Oleocanthal adalah senyawa fenolik yang terdapat dalam minyak zaitun extra virgin.

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Pria rentan mengalami masalah pada sistem kardiovaskular. Dalam artikel yang diterbitkan Medical News Today, diungkap manfaat minyak zaitun untuk pria dan wanita adalah sumber utama lemak diet mediterania.

Maka mengonsumsinya dengan pola diet serupa diklaim bisa membuat pengidapnya memiliki harapan hidup lebih tinggi. Termasuk mencegah kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2018 membandingkan jumlah masalah kardiovaskular di antara orang-orang yang menerapkan diet Mediterania, baik dengan minyak zaitun atau kacang-kacangan, atau diet rendah lemak.

Hasilnya menunjukkan diet Mediterania dengan konsumsi minyak zaitun dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular daripada mereka yang diet rendah lemak. Food and Drug Administration (FDA) dan European Food Safety Authority merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 20 gram (g) atau dua sendok makan (sdm) minyak zaitun extra virgin setiap hari untuk mengurangi risiko kardiovaskular.

4. Menjaga Tulang

Mampu menjaga kesehatan tulang dengan baik adalah manfaat minyak zaitun untuk pria yang tak boleh dianggap remeh. Manfaat ini diungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Madrid, Spanyol.

Dalam riset yang dilakukan, para ilmuwan menemukan responden yang rutin mengonsumsi minyak zaitun memiliki kadar osteocalcin lebih tinggi pada tubuhnya, dibandingkan dengan yang tidak.

5. Meningkatkan Fungsi Seksual

Tak hanya mampu mencegah masalah impotensi. Manfaat minyak zaitun untuk pria adalah ahlinya meningkatkan fungsi seksual. Minyak bisa membantu melebarkan arteri yang berdampak bagus untuk aliran darah dan pada gilirannya meningkatkan fungsi seksual.

"Kalau pembuluh darah ke penis sempit, menyebabkan tak mampu ereksi dan menjadi tanda awal aterosklerosis--menyempitnya arteri bisa memicu serangan jantung atau stroke," ungkap Perawat Senior Cardiac di British Heart Foundation, Julie Ward melansir Medical Daily.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS