Sukses

Pesan Antar Makanan, Benarkah Tularkan Covid-19?

Liputan6.com, Jakarta Covid-19 dengan berbagai varian kerap menular melalui beberapa faktor. Mulai dari droplet, udara, menyentuh barang, sampai limbah manusia. 

Tak sedikit pula orang yang khawatir dan bertanya, apakah Covid-19 bisa menular dari makanan. Apalagi, semenjak pandemi, kebiasaan orang membeli makanan dan minuman dari luar rumah via pesan antar online seperti GrabFood dan GrabMart semakin meningkat. 

Membeli makanan atau memesan barang kebutuhan harian (termasuk juga barang keperluan kesehatan) secara online sebenarnya merupakan kebiasaan yang relatif aman selama protokol kesehatan tetap dipatuhi. Selain itu, memesan makanan secara online juga turut membantu para mitra pengemudi online dan UMKM.

Menanggapi pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat ini, Edukator Covid-19 dr. Adam Prabata mengatakan bahwa belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa penularan Covid-19 melalui makanan dan minuman. 

"Virus memang bisa menempel pada bungkus makanan dan minuman bahkan sampai 6 hari menempel pada bungkus itu. Walaupun begitu, risiko hal tersebut terjadi sangatlah kecil," ujar dr. Adam ketika Live diskusi di Instagram bersama konten kreator Avan Putra dan Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe, melalui akun IG @adamprabata, beberapa waktu lalu.

Meski begitu, dr. Adam tetap menganjurkan para konsumen untuk tetap mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh bungkus makanan dan minuman. Meskipun risikonya sangat kecil, langkah antisipasi seperti ini amatlah penting. 

"Saat menyentuh bungkus makanan, tangan jangan sampai menyentuh mulut, hidung atau mata. Lebih baik cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir," ujar dr. Adam. 

Menurut dr. Adam yang juga merupakan kandidat doktor Medical Science di Kobe University ini, langkah antisipasi seperti itu sebaiknya dilakukan saat mengolah makanan dan memasak. Jadi, lebih baik mencuci tangan terlebih dahulu usai memegang bungkus makanan yang dari luar rumah. 

Langkah Grab untuk mencegah penularan

Grab sebagai perusahan superapp yang memiliki layanan pesan antar makanan, juga memiliki langkah preventif agar mitra pengemudi dan konsumen bisa terhindar dari penularan Covid-19. 

Menurut Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe, salah satu langkah yang diterapkan Grab Indonesia adalah penggunaan sistem pembayaran non-tunai terhadap pelayanan jasa antar makanan. 

Selain itu, setiap mitra pengemudi diberikan masker agar mereka tidak tertular virus tersebut. 

"Dengan metode non-tunai, mitra pengemudi tidak perlu kontak melalui uang tunai dengan penjual makanan dan konsumen," ujar Hadi. 

Langkah selanjutnya dari Grab Indonesia, menurut Hadi adalah memantau kesehatan para mitra pengemudi yang bertugas. Para mitra pengemudi diminta untuk mengisi deklarasi kesehatan di aplikasi mitra pengemudi setiap akan bertugas. Jika dinilai tidak sehat, Grab Indonesia akan mengimbau para mitra pengemudi untuk istirahat dulu. 

"GrabFood sebagai penyedia jasa pelayanan pesan antar makanan secara berkala memantau kondisi kesehatan para mitra pengemudi kami, jika mereka dalam kondisi yang tidak fit akan diimbau untuk mengambil waktu istirahat terlebih dahulu. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menjamin kesehatan mitra pengemudi dan juga konsumen," ujar Hadi. 

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan bahwa jika ada mitra pengemudi yang positif Covid-19, Grab Indonesia juga memberikan fasilitas konsultasi kesehatan gratis bagi mereka. 

Promosi GrabFood

Selama menjalankan PPKM, GrabFood dan GrabMart memberikan sejumlah program promosi menarik agar konsumen tetap menikmati makanan favoritnya. 

Hadi menjelaskan pada bulan Februari, GrabFood dan GrabMart memberikan promo BagiHoki dengan diskon hingga 48%. Selain itu, ada pula paket paket langganan VIP Unlimited di GrabFood. 

"Pelanggan juga bisa menemukan berbagai promosi lainnya di aplikasi Grab agar bisa tetap aman dan hemat saat menikmati makanan favorit. Namun, yang terpenting jangan lupa untuk tetap mencuci tangan sebelum menyantap makanan favorit," ujar Hadi.

Untuk itu, tunggu apa lagi? Yuk, segera pesan makanan kesukaanmu melalui GrabFood. Kamu juga bisa pesan bahan makanan yang kamu mau melalui GrabMart untuk memasak di rumah. Dari pada Anda harus mengambil risiko makan di luar rumah, lebih baik #PercayaAman dengan GrabFood dan GrabMart. 

 

(*)