Sukses

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir? Berikut Penjelasan Satuan Ons

Liputan6.com, Jakarta Ada berapa ounce dalam satu cangkir perlu kamu pahami, apalagi saat akan memasak suatu resep makanan. Cangkir tersebut bisa jadi patokan banyaknya bahan tertentu yang kamu butuhkan dalam satuan ons atau ounce. 

Ons atau dalam bahasa Inggris disebut juga dengan ounce adalah satuan massa yang memiliki beberapa definisi tergantung dengan sistem satuannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ons adalah satuan ukuran berat (massa) sama dengan seratus gram.

Ada berapa ounce dalam satu cangkir tentunya tergantung pula pada wadah yang kamu pakai tersebut. Seperti yang telah diketahui, di Indonesia kita mengenal bahwa 1 ons adalah 100 gram. Perhitungannya akan mengikuti patokan tersebut nantinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/2/2022) tentang ada berapa ounce dalam satu cangkir.

2 dari 4 halaman

Ons Sebagai Satuan Ukuran Berat (Massa)

Ada berapa ounce dalam satu cangkir perlu  kamu kenali dengan memahami apa itu ons terlebih dahulu. Ons atau dalam bahasa Inggris disebut juga dengan ounce adalah satuan massa yang memiliki beberapa definisi tergantung dengan sistem satuannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ons adalah satuan ukuran berat (massa) sama dengan seratus gram.

Kata ini berasal dari bahasa Latin uncia, satuan ukur yang setara dengan seperdua belas pon Romawi (libra). Ons yang dikenal di Indonesia diwarisi dari Belanda yang setara dengan 100 gram. Definisi ons dalam berbagai sistem satuan berbeda-beda.

Berikut definisi ons pada berbagai sistem satuan.

Ons Averdupois internasional = 28, 349523125 gram

Ons troy internasional = 31, 1034768 gram

Ons apoteker = 31, 1034768 gram

Ons Maria Theresa = 28, 0668 gram

Ons Spanyol (onza) = 28, 75 gram

Ons Prancis (once) = 30,59 gram

Ons Portugis (onca) = 28,69 gram

Ons Romawi/Italia = 27,4 gram

Ons metrik Belanda = 100 gram

Ons metrik Tiongkok = 50 gram

3 dari 4 halaman

Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir?

Ada berapa ounce dalam satu cangkir tentunya tergantung ukuran dari cangkir tersebut. Apalagi, ukuran cangkir tentunya berbeda-beda, jadi ada berapa ounce dalam satu cangkir juga akan berbeda. Menlansir ukulele.co.nz, pada umumnya, ukuran standar cangkir kopi di Amerika Serikat adalah 6 oz (ounce).

Sementara itu, ukuran cangkir kopi di Amerika Serikat terbagi menjadi 3 jenis, yaitu cangkir kecil, cangkir sedang, dan cangkir besar. Berdasarkan 3 jenis cangkir tersebut, kamu jadi bisa mengetahui ada berapa ounce dalam satu cangkir.

Misalnya, ada berapa once dalam satu cangkir kecil yaitu 6 oz (ounce). Sementara itu,  ada berapa once dalam satu cangkir sedang yaitu 8 oz (ounce), dan ada berapa once dalam satu cangkir besar yaitu 10 oz (ounce).

Sementara itu, menurut Bobpaul, ada berapa once dalam satu cangkir di Amerika Serikat umumnya adalah 5 oz (ounce). Adapun menurut Langsing, penggunaan oz ini juga bervariasi karena adanya perbedaan aturan yang berasal dari standar cair menurut imperial dan US. Berdasarkan imperial, satu oz atau ons  ini sama dengan 28,413 ml sedangkan berdasarkan US, ounce cair Amerika (fl oz) sebesar 29,573 ml.

Sementara itu, ada berapa ounce dalam satu cangkir plastik juga berbeda. Pasalnya, ukuran plastic cup atau gelas plastik juga bervariasi, mulai dari ukuran terkecil hingga terbesar. Ada berapa ounce dalam satu cangkir plastik, mulai dari ukuran gelas plastik terkecil hingga terbesar berturut-turut yaitu berukuran 12 ounce; 14 ounce; 16 ounce; 18 ounce; dan 22 ounce. Ada juga gelas plastik dengan model terbaru, yaitu berbentuk oval dengan ukuran 22 ounce. Penggunaan ukuran terkecil, 12 oz dan 14 oz biasanya untuk jenis minuman es kopi. Untuk 16 oz hingga 22 oz dapat digunakan pada berbagai jenis minuman seperti jus, teh, minuman sachet, dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Ons (Ounce) ke Kilogram

Ons yang telah dikenal di negara Indonesia diwarisi dari negara Belanda yang berarti setara dengan 100 gram. Sementar aitu, kg merupakan kepanjangan dari Kilogram yang merupakan satuan dari salah satu satuan massa dengan berat dalam suatu sistem internasional (SI).

Tangga Konversi Satuan Ons ke KgMengutip dosenpintar, Kg atau kilogram, gram, ons merupakan satuan atau ukuran berat memiliki hubungan. 1 kg sama dengan 10 ons, sementara itu, 1 kg sama dengan 1000 gram, dan 1 ons sama dengan 100 gram.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa:

- 1 ton = 1.000 kg

- 1kg = 10 ons

- 1 hg = 1 ons

- 1 kuintal = 100 kg

- 1kg = 2 pon

- 1 ton = 10 kuintal

- 1 pon = 5 ons

- 1 kg = 10 ons

- 1 kg = 1000 gram

- 1 ons = 100 gram

Satuan ons disebut juga sebagai hg (hektogram)