Sukses

6 Tujuan Kebugaran Jasmani Bagi Anak-Anak, Simak Macamnya

Anak yang sehat, pasti memiliki waktu tumbuh kembang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Kebugaran jasmani adalah latihan fisik. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menjelaskan kebugaran jasmani adalah kebugaran yang berkaitan dengan pengaruh latihan terhadap kondisi fisik.

Apa tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak? Tidak jauh berbeda dengan tujuan kebugaran jasmani pada orang dewasa. Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak, tak lain menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Anak yang sehat, pasti memiliki waktu tumbuh kembang lebih baik.

"Seperti kekuatan dan daya tahan otot, daya tahan kardiovaskuler, serta fleksibilitas," dijelaskan KBBI.

Macam-macam kebugaran jasmani ada banyak sekali. Sementara jenis latihan kebugaran jasmani bagi anak-anak yang bisa dilakukan salah satunya untuk menguatkan tulang yakni, berjalan kaki, lari, bersepeda, naik turun tangga, senam, dan masih banyak lagi. Jangan ragu melakukannya!

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak dan macam-macamnya, Sabtu (26/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tujuan Kebugaran Jasmani Bagi Anak-Anak

Memahami kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kelalahan. Apa saja tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak? Ini penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan Energi

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah mampu meningkatkan energinya dengan lebih optimal. Aktivitas berolahraga secara teratur bagi anak-anak seperti tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak dapat memperbaiki sistem kerja jantung dan paru-paru menjadi lebih baik.

Tubuh anak akan memperoleh lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Bukan hanya itu, olahraga atau kebugaran jasmani bagi anak-anak bisa membantu meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh. Ini menjaga tubuh tubuh menjadi lebih sehat, bugar, dan jauh dari berbagai macam penyakit.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah mampu meningkatkan suasana hatinya. Itu artinya, tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak guna menjaga kesehatan mental.

Kebugaran jasmani mampu meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik. Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin dapat merangsang berbagai senyawa kimia dalam otak untuk merasa lebih bahagia.

3. Melunturkan Sendi dan Menguatkan Tulang

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah baik melenturkan sendi dan menguatkan tulang di masa tumbuh kembangnya. Misalnya melakukan berbagai gerakan senam lantai.

Jenis latihan kebugaran jasmani bagi anak-anak yang bisa dilakukan untuk menguatkan tulang yakni, berjalan kaki, lari, bersepeda, naik turun tangga, senam, dan masih banyak lagi.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah mampu melancarkan peredaran darahnya, ini menurunkan risiko penyakit jantung. Maka bagi anak, risiko terserang penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga penyakit stroke di masa mendatang dapat berkurang.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Ini artinya, bisa membuat anak tidak mudah terserang penyakit atau mudah sakit. Jika rutin melakukannya, daya tahan tubuh akan semakin kuat serta metabolisme tubuh semakin lancar.

6. Mengontrol Berat Badan

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah mampu mengontrol berat badannya. Anak rentan mengalami obestitas dan ini buruk bagi tubuh kembang sang anak. Maka, latihan kebugaran jasmani dapat membantu untuk selalu bergerak aktif melakukan kegiatan fisik.

Kegiatan dari kebugaran jasmani bisa membantu kalori dalam tubuh akan semakin banyak terbakar. Bila begitu, adanya tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak guna mengontrol berat badannya bisa tercapai.

3 dari 4 halaman

Tujuan Kebugaran Jasmani Bagi Anak-Anak Menurut Para Ahli

1. Tujuan Kebugaran Jasmani Bagi Anak-Anak Menurut Agus Mukhlolid, M.Pd (2004:3)

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

2. Tujuan Kebugaran Jasmani Bagi Anak-Anak Menurut Sadoso Sumosardjuno (1989:9)

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah mampu menunaikan tugasnya sehari-hari secara mudah, tanpa merasa lelah yang berarti, serta masih mempunyai cadangan tenaga (sisa) untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keadaan-keadaan mendadak.

3. Tujuan Kebugaran Jasmani Bagi Anak-Anak Menurut Suratman (1975)

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah memberi kemampuan untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang wajar.

4. Tujuan Kebugaran Jasmani Bagi Anak-Anak Menurut Judith Rink

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah mampu melakukan rutinitas sehari-hari dengan energi yang besar, tetapi tidak merasa kelelahan yang berlebihan, dan bisa menikmati rutinitas tersebut.

5. Tujuan Kebugaran Jasmani Bagi Anak-Anak Menurut Sudarno (1992)

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan berarti. Selain itu, tubuh masih memiliki cadangan energi yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

6. Tujuan Kebugaran Jasmani Bagi Anak-Anak Menurut T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006: 40)

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah kemampuan untuk melakukan tugas dengan produktif tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

7. Tujuan Kebugaran Jasmani Bagi Anak-Anak Menurut Kockey

Tujuan kebugaran jasmani bagi anak-anak adalah kemampuan untuk dapat menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang sangat berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam suatu keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tidak terduga.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Kebugaran Jasmani

Apa saja kegiatan dari kebugaran jasmani yang bisa dipraktikkan oleh anak-anak selain mengasah kekuatan dan kelincahan? Ini penjelasan macam-macam kebugaran jasmani yang Liputan6.com lansir dari berbagi sumber:

1. Kelincahan

Kelincahan merupakan unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan menyesuaikan diri dengan keadaan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk melatih kelincahan, seperti berlari naik turun tangga dan zig-zag.

2. Keseimbangan

Keseimbangan adalah kemampuan seseorang mengendalikan tubuh sehingga berbagai gerakan yang dilakukan bisa dilakukan dengan baik dan benar. Salah satu latihan yang mampu meningkatkan keseimbangan tubuh adalah senam.

3. Koordinasi

Selanjutnya yaitu koordinasi. Mkasundya, sebuah kemampuan seseorang mengintegrasi berbagai gerakan yang beda dan mampu koordinasikan seluruh bagian tubuh dengan baik dan benar.

4. Reaksi

Reaksi yaitu kemampuan seseorang untuk segera bertindak serta menanggapi adanya sebuah rangsangan yang ditangkap oleh indra. Jenis latihan yang bisa meningkatkan dan butuh sebuah reaksi adalah lempar tangkap.

5. Daya Lentur

Kemudian, daya lentur adalah tingkat penyesuaian seseorang dalam berbagai jenis aktivitas kerja secara efektif dan efisien dengan cara penguluran tubuh yang baik. Apabila seseorang memiliki kelenturan yang baik, maka orang tersebut bisa terhindar dari berbagai risiko cedera.

6. Kekuatan

Kekuatan merupakan bagian dari kebugaran jasmani yang menggunakan kemampuan fisik seseorang, terutama dalam hal penggunaan otot. Beberapa latihan fisik yang melibatkan kekuatan otot ialah sit up, push up, dan squat jump.

7. Daya Otot

Daya otot merupakan unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan otot untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Beberapa latihan untuk melatih daya otot ialah side jump, vertikal jump, dan front jump.

8. Daya Tahan

Daya tahan berhubungan erat dengan stamina agar bisa melakukan aktivitas dalam jangka waktu lama. Untuk memiliki daya tahan tubuh yang bagus memerlukan latihan yang kompleks.

Untuk meningkatkan kinerja paru-paru, jantung, sistem peredaran darah, dan kekuatan otot. Latihan yang bisa diterapkan untuk meningkatkan daya tahan, ialah jogging atau lari minimal selama 30 menit sehari.

9. Kecepatan

Kecepatan dalam kebugaran jasmani dimaknai sebagai kemampuan agar seseorang bisa melakukan tugas dengan baik dan benar. Satu di antara latihan untuk meningkatkan kecepatan ialah lari.

10. Ketepatan

Lalu, yang terakhir adalah ketepatan. Ketepatan adalah sebuah kemampuan seseorang mengendalikan gerak bebas tubuh kepada suatu sasaran. Ada berbagai jenis latihan yang membutuhkan ketepatan, salah satu yang paling populer yaitu memanah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.