Sukses

42 Tempat Wisata Lombok Memesona, dari Gili sampai Pegunungan

Intip pesona surga di Nusa Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Lombok disebut sebagai surga bagi keindahan alam di Nusa Tenggara. Lombok merupakan sebuah pulau dengan sejuta pesona. Tempat wisata Lombok pastinya jadi incaran para traveller.

Ada banyak pilihan tempat wisata Lombok yang bisa disambangi. Tempat wisata Lombok terkenal dengan destinasi kepulauannya seperti pantai dan gili. Tak hanya itu, tempat wisata Lombok juga punya keindahan pegunungan yang tiada duanya.

Tempat wisata Lombok bisa jadi paket lengkap liburan. Tak ayal, Lombok kini dijadikan destinasi wisata unggulan. Berikut 42 tempat wisata Lombok, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (27/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Tempat wisata Lombok gili

Gili Asahan

Gili Asahan termasuk dalam daftar gili terindah di Lombok. Tempat wisata Lombok ini terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat. Glili ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang memukau.

Gili Air

Gili Air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, dan Gili Meno. Gili Air merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan pulau Lombok. Pengunjung dapat melihat spot kuda laut, kura-kura, beragam ikan dengan berbagai warna, serta keanekaragaman penghuni laut lainnya.

Gili Meno

Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi kawasan wisata bahari di Lombok. Di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara.

Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam dari pulau lainnya.

Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah 1 dari 11 gili yang tidak berpenghuni terletak di daerah Sekotong, Lombok Barat. Gili Nanggu memiliki hamparan pasir putih lembut dan pepohonan rindang yang sejuk. Gili Nanggu cocok dijadikan tempat untuk menenangkan diri.

 

3 dari 9 halaman

Tempat wisata Lombok gili

Gili Sudak

Gili Sudak berada di gugusan gili wilayah selatan berjajar, dengan Gili Nangu dan Gili Tangkong. Gili Sudak memiliki pantai indah yang tenang. Tak jauh dari Gili Sudak, ada Gili Kedis yang juga tak kalah indah dinikmati. Gili Sudak juga sering jadi tempat snorkeling dengan keindahan bawah laut yang tak akan mengecewakan.

Gili Tangkong

Jika dibandingkan dengan gili-gili lainnya seperti Gili Trawangan dan Gili Air, Gili Tangkong memiliki kekhasan tersendiri. Bisa dikatakan bahwa Gili Tangkong merupakan satu-satunya gili yang masih perawan. Keindahan bawah laut gili ini juga masih sangat alami dengan ikan-ikan cantik seperti Clown Fish, Tiger Fish, dan lain sebagainya.

Gili Sulat dan Gili Lawang

Gili Sulat adalah sebuah pulau kecil yang terletak 1,5 km di sebelah timur laut Pulau Lombok. Sejauh 500 meter di sebelah barat laut ini terdapat Pulau Gili Lawang. Gili Sulat dan Gili Lawang merupakan pulau kecil (gili) yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai tujuan wisata alam (eco tourism).

Gili Sunut

Gili Sunut termasuk tempat wisata Lombok yang belum banyak dijamah. Gili Sunut adalah surga tersembunyi di Kabupaten Lombok Timur. Gili ini memiliki keindahan pantai dengan bukit hijau yang asri.

Gili Kondo

Gili Kondo atau Gili Bagik merupakan pulau kecil yang sangat terawat. Terletak di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Gili Kondo merupakan satu dari beberapa pulau kecil atau gili di timur Pulau Lombok. Gili ini berdampingan dengan Gili Bidara, dan dekat dengan Gili Lampu dan Gili Kapal.

4 dari 9 halaman

Tempat wisata Lombok pantai

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi adalah tempat wisata Lombok yang paling populer. Pantai ini menawarkan panorama alam perbukitan dengan pasir putih dan garis pantai yang panjang. Pantai Senggigi juga sering digunakan sebagai tempat melaksanakan acara-acara budaya seperti Festival Senggigi.

Pantai Kuta

pantai Kuta Lombok terletak di desa Kuta, Lombok Tengah. Kepopuleran pantai ini bahkan sama dengan Pantai Kuta di Bali. pantai Kuta Lombok berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta. Ini membuat tempat wisata Lombok ini tak pernah sepi wisatawan.

Pantai Mawun

Pantai Mawun dikenal dengan gradasi airnya yang elok. Pantai ini memiliki air laur hijau di tepian dan biru di tengahnya. Pasirnya yang putih dan perbukitan yang mengelilinginya membuat pantai ini terasa menenangkan. Pantai Mawun dapat ditempuh selama 90 menit perjalanan dari pusat kota Mataram.

Pantai Seger

Pantai Seger berjarak sekitar 2 kilometer dari pantai Kuta. Keunikan pantai ini adalah pasir putihnya yang besar dan bulat menyerupai biji merica. Airnya yang biru dan bening sangat indah untuk dinikmati.

 

5 dari 9 halaman

Tempat wisata Lombok pantai

Pantai Pink

Pantai Pink memiliki nama lain pantai Tangsi. Tempat wisata Lombok ini terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Pantai Tangsi memiliki pasir pantai berwarna pink. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang berwarna pink.

Pantai Tebing

Pantai Tebing memiliki keunikan yang tak ditemukan di pantai lainnya. Pantai ini memiliki tebing yang menjulan sekitar 20-15 meter. Pantai Tebing merupakan bukti dahsyatnya letusan Gunung Rinjani Tua atau Samalas sekitar tahun 1257. Letusan gunung yang besar membuat material gunung membentuk bukit batu di pesisir pantai.

Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan dikenal dengan kegiatan seremonialnya yaitu upacara Bau Nyale oleh suku Sasak. Bau Nyale merupakan sebuah acara perburuan cacing laut. Acara ini diselenggarakan sekitar bulan Februari dan Maret. Pusat dari upacara ini berada di Pantai Kuta Lombok dan Pantai Kaliantan.

Pantai Sire

Pantai Sire terletak sekitar 43 Kilometer dari Kota Mataram, di wilayah pesisir Barat Pantai Lombok. Pantai Sire cukup digemari para pengunjung domestik ketika liburan. Pantai yang terletak di Lombok Utara ini akan menyuguhkan pemandangan indah, termasuk pemandangan sisi Timur Gunung Rinjani.

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit memiliki pantai pasir putih dan tebing karst putih. Di sini terdapat sebuah gua yang sempat digunakan tentara Jepang di Perang Dunia II. Kawasan di sekitar Tanjung Ringgit merupakan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan Indonesia. Tanjung Ringgit berlokasi di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

6 dari 9 halaman

Tempat wisata Lombok pantai

Pantai Batu Payung

Tempat wisata Lombok satu ini memiliki lempengan karang yang menyembul di tengah laut dengan batu karang tinggi yang menyerupai sebuah payung. Pantai Batu Payung dikenal sebagai spot cantik untuk menangkap keindahan matahari terbenam.

Pantai Nipah

Pantai Nipah berlokasi di Jl. Raya Senggigi, Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Pantai Nipah menghadirkan hamparan pasir putih dengan laut tenang yang mendamaikan. Tempat wisata Lombok ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan landai, sehingga membuat pengunjung bebas bermain dan menikmati keindahan pantai.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berada di Bukit Marese, Lombok Tengah. Pantai ini hanya berjarak 5 km dari Pantai Kuta Lombok. Tanjung Aan memiliki garis pantai yang lebih panjang. Tekstur pasir di pantai ini juga unik karena memiliki dua jenis pasir yang berbeda, yaitu pasir seperti merica di sisi kiri pantai dan pasir putih halus di sisi kanan pantai.

Pantai Maluk

Pantai Maluk berada di sebuah teluk yang diapit oleh dua bukit hijau. Garis pantainya berbentuk seperti tapal kuda, dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat. Pantainya juga berpasir putih, serta bertekstur lembut di pantai bagian tengah.

Tanjung Bloam

Tanjung Bloam merupakan daerah konservasi penyu yang berhabitat di sekitar tebing-tebing dan sepanjang garis pantai yang membentang dari ujung selatan dan utara. Wisata di Lombok ini memiliki bentuk daratan yang menjorok ke laut dengan batu berlumut menjulang seperti atap rumah. Bagi penduduk sekitar, pemandangan di sini seperti lukisan tiga dimensi yang menakjubkan.

7 dari 9 halaman

Tempat wisata Lombok desa wisata

Desa Gumantar

Desa Gumantar merupakan tempat wisata Lombok dengan penampang sebuah desa yang menjadi bagian dari Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Desa ini masih tetap mempertahankan tradisi dan adat istiadatnya dari peninggalan leluhur. Dusun Dasan Beleq adalah pusat kegiatan kemasyarakatan yang kental, penduduk asli Dusun Dasan Beleq menganut agama Islam, nuansa islami di dusun ini sangat begitu kental.

Desa Sembalun

Sembalun merupakan sebuah desa yang terkenal dengan pemandangan alam luar biasa. Sembalun dikenal menjadi salah satu gerbang menuju puncak Gunung Rinjani dan danau Segara Anak. Desa ini mempunyai banyak kebudayaan salah satunya adalah Bale Baleq yang merupakan kebudayaan dari masa lampau yang masih terus dilestarikan sampi sekarang dan beberapa sejarah tentang kebudayaan islam serta kerajaan Majapahit.

Desa Sukarara

Selain menikmati keindahan alamnya, tempat wisata Lombok ini juga menawarkan wisata budaya. Salah satunya wisata budaya Desa Sukarara. Sebuah desa kecil yang menjadi salah satu pusat kerajinan tenun tradisional alias songket di Lombok.

Desa Sade

Desa Wisata Sade merupakan sebuah dusun yang terletak di desa Rembitan, kecamatan Pujut. Perkampungan suku Sasak ini terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Mataram dengan kawasan selatan Lombok. Desa ini dihuni oleh Suku Sasak yang masih mempertahankan tradisi nenek moyang. Yang menarik dari perkampungan ini adalah rumah tradisional suku Sasak yang dipel menggunakan kotoran sapi akan terlihat kinclong. Wisatawan dapat membeli banyak suvenir dan juga kain songket hasil karya masyarakat Suku Sasak.

Desa Tetebatu

Desa wisata Tetebatu berada di wilayah Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan jarak tempuh sekitar 2 Jam dari Kota Mataram. Desa ini dikenal dengan keindahan alam yang asri serta keramahtamahan warganya. Desa Tetebatu juga dijuluki sebagai "Ubud"nya Lombok karena suasana pedesaan yang kental dengan udara super sejuk.

8 dari 9 halaman

Tempat wisata Lombok pegunungan

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menjadi tempat wisata Lombok yang paling populer selain jajaran pantainya. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Gunung Rinjani menjadi favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Di Gunung Rinjani pengunjung dapat menikmati keindahan alam seperti Danau Segara Anak, Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung, sumber air panas, serta tempat perkemahan.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan danau vulkanik dari Gunung Rinjani. Sama halnya dengan danau Ranu Kumbolo, danau Segara Anak juga merupakan spot favorit bagi para pendaki untuk bermalam sambil mendirikan tenda. Air di danau ini berwarna biru laut, yang sangat indah dan memanjakan mata.

Bukit Merese

Bukit Merese berada di Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Di kawasan Bukit Merese memiliki pemandangan yang memukau serta spot-spot foto yang menarik. Bukit ini dekat dengan beberapa Gili terkenal di Lombok seperti Gili Air, Meno, bahkan Trawangan. Dari bukit ini, pengunjung bisa menyaksikan keindahan ketiga gili ini dari ketinggian.

Bukit Buwun Mas

Bukit Buwun Mas berada di Dusun Lemer Tebak Desa, Buwun Mas, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat. Bukit ini menawarkan pemandakan padang rumput, perbukitan, dan laut yang begitu indah.

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu adalah tempat wisata Lombok yang berada di dataran tinggi yang dijadikan sebagai terusan dari Pantai Senggigi. Di sini terdapat pasir putih disepanjang bukit. Wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bukit yang indah dan mempesona, serta menyaksikan matahari terbenam pada sore hari yang akan terlihat jelas dari puncak atas.

Hutan Wisata Pusuk

Hutan Wisata Pusuk merupakan wisata di Lombok yang terletak di sebelah utara, berbatasan langsung dengan kabupaten Lombok Utara. Di tempat wisata Lombok paling hits ini wisatawan dapat menikmati iklim pegunungan dan menjumpai kelompok kera yang memang bertempat tinggal di Hutan Pusuk. Karena lokasi ini merupakan daerah perbukitan.

Sesaot

Sesaot merupakan hutan wisata yang masih alami, asri dan indah. Biasanya dipakai untuk kegiatan outbond untuk mengisi masa liburan. Di tempat wisata Lombok ini terdapat sebuah sungai yang disebut Aiq Nyet. Sungai tersebut tidak pernah kering walaupun di musim kemarau. Keaslian alamnya memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke hutan wisata Sesaot.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Taman Wisata Alam Gunung Tunak merupakan hutan yang berada pada ketinggian 0 – 105 mdpl. Menurut administrasi pemerintahan TWA Gunung Tunak termasuk ke dalam wilayah Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Di dalam hutan Gunung Tunak, dapat ditemui gundukan sarang burung langka berikut Megapodius/burung gosong (Megapodius reinwartdtii).

Taman Narmada

Narmada merupakan kecamatan yang berada di kaki Gunung Rinjani. Daerah ini terkenal karena adanya taman raja yang dinamai Taman Narmada. Taman ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem. Di dalamnya, terdapat kolam tirta dan pura yang dibangun sebagai replika dari keagungan Rinjani. Dulunya, selain sebagai tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.

9 dari 9 halaman

Tempat wisata Lombok air terjun

Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu terbagi atas beberapa aliran yang bersebelahan dan jatuh di antara hutan belantara. Air yang mengalir di antara tebing hijau ini tipis dan kecil bak benang kelambu yang menjuntai.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Air Terjun Sendang Gile ini menjadi tempat wisata Lombok paling populer, karena pemandangan alamnya yang sangat indah di sekitar Air Terjun Sendang Gile ini.

Air Terjun Mangkusakti

Air Terjun Mangku Sakti terletak di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Aliran air terjun ini berasal dari Danau Segara Anak di atas Gunung Rinjani. Air Terjun Mangku Sakti dikelilingi oleh berbagai jenis batuan yang unik dan khas. Tak jauh dari lokasi Air Terjun Mangku Sakti, pengunjung juga dapat menemukan dua air terjun kecil yang tak kalah indah yaitu ir Terjun Mangku Kodek dan Air Terjun Kuda Sembrani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.