Sukses

8 Penyebab Sakit Jantung Menurut Jenisnya, Waspadai Sejak Dini

Penyebab sakit jantung penting diwaspadai.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab sakit jantung penting diwaspadai. Penyakit jantung termasuk penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit jantung mengacu pada setiap kondisi yang mempengaruhi sistem kardiovaskular. Ada beberapa jenis penyakit jantung, dan beberapa penyebab sakit jantung bisa dicegah.

Penyebab sakit jantung bisa dipicu mulai dari genetik, gaya hidup, hingga penyakit lainnya. Penyebab sakit jantung memengaruhi jantung dan pembuluh darah dengan cara yang berbeda. Mengenali penyebab sakit jantung berdasarkan jenisnya penting untuk mengurangi risiko terjadinya masalah jantung.

Dalam banyak kasus, penyebab sakit jantung bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut 8 penyebab sakit jantung menurut jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (27/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Aritmia

Aritmia adalah penyakit jantung di mana jantung berdetak tidak teratur. Aritmia terjadi ketika impuls listrik yang mengoordinasikan detak jantung tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, jantung bisa berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak menentu.

Setiap gangguan pada impuls listrik yang merangsang kontraksi jantung dapat menyebabkan aritmia. Beberapa faktor penyebab sakit jantung aritmia adalah diabetes, alkohol, gangguan penggunaan zat, minum kopi terlalu banyak, tekanan darah tinggi, hipertiroidisme, stres, merokok, jaringan parut pada jantung, atau obat-obatan tertentu.

3 dari 9 halaman

Kardiomiopati

Kardiomiopati menyebabkan otot jantung mengeras atau menjadi lemah. Ini membuat jantung lebih sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jenis utama kardiomiopati meliputi kardiomiopati dilatasi, hipertrofik, dan restriktif. Penyebab kardiomiopati tidak selalu jelas, tetapi ada beberapa faktor risiko yang diketahui.

Misalnya, kondisi yang menyebabkan peradangan atau kerusakan jantung dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kardiomiopati. Ada banyak kemungkinan penyebab sakit jantung ini, termasuk kondisi jantung genetik, reaksi terhadap obat atau racun tertentu (seperti alkohol), dan infeksi dari virus.

4 dari 9 halaman

Penyakit jantung koroner

Penyakit Jantung Koroner atau arteri koroner terjadi ketika arteri di jantung menyempit atau tersumbat. Penyakit Jantung Koroner menjadi jenis penyakit jantung yang paling umum. Penyakit jantung koroner dapat membuat sakit di dada, disebut angina, atau menyebabkan serangan jantung.

Penyebab sakit jantung koroner berkembang ketika arteri yang memasok darah ke jantung tersumbat oleh plak. Plak mengandung kolesterol dan zat lainnya. Akibatnya, suplai darah berkurang, dan jantung menerima lebih sedikit oksigen dan lebih sedikit nutrisi. Pada waktunya, otot jantung melemah, dan ada risiko gagal jantung dan aritmia.

5 dari 9 halaman

Penyakit katup jantung

Jantung memiliki empat katup yang membuka dan menutup aliran darah langsung antara empat ruang jantung, paru-paru, dan pembuluh darah. Cacat bisa membuat katup sulit untuk membuka dan menutup dengan benar. Ketika itu terjadi, aliran darah bisa tersumbat atau darah bisa bocor.

Penyakit katup jantung dapat hadir saat lahir (bawaan). Ini juga dapat terjadi pada orang dewasa karena banyak penyebab dan kondisi, seperti infeksi dan kondisi jantung lainnya. Penyebab sakit jantung katup jantung termasuk infeksi seperti demam rematik, penyakit jantung bawaan, tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner, atau akibat serangan jantung.

6 dari 9 halaman

Serangan jantung

Serangan jantung terjadi ketika ada kehilangan suplai darah ke bagian dari otot jantung. Ini sering terjadi akibat penyumbatan di arteri di dekatnya. Seseorang yang mengalami serangan jantung akan merasakan nyeri di dada dan bagian tubuh lainnya, serta gejala lainnya. Seseorang yang mengalami serangan jantung akan merasakan nyeri di dada dan bagian tubuh lainnya, serta gejala lainnya.

Penyebab sakit jantung serangan jantung paling umum adalah penyumbatan di salah satu arteri di dekat jantung. Hal ini dapat terjadi akibat penyakit jantung koroner, di mana plak — terdiri dari kolesterol dan zat lain — terkumpul di arteri, menyempitkannya. Seiring waktu, ini dapat menghalangi aliran darah.

Sementara faktor risiko penyebab sakit jantung ini adalah usia, jenis kelamin laki-laki, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, obesitas, pola makan, kurang bergerak, genetik, rokok, alkohol, dan stres.

7 dari 9 halaman

Henti jantung

Henti jantung adalah hilangnya aliran darah secara tiba-tiba ke seluruh tubuh akibat kegagalan jantung untuk memompa secara efektif. Ketika jantung berhenti memompa darah, otak kekurangan oksigen. Ini menyebabkan seseorang akan jatuh pingsan dan berhenti bernapas. Henti jantung biasanya terjadi tanpa peringatan. Tanpa perawatan atau perhatian medis segera, orang tersebut akan meninggal.

Melansir Hearat.org, henti jantung dapat disebabkan oleh irama jantung yang tidak teratur yang disebut aritmia. Aritmia umum yang terkait dengan henti jantung adalah fibrilasi ventrikel. Pada fibrilasi ventrikel, bilik jantung bagian bawah tiba-tiba mulai berdenyut kacau dan tidak memompa darah.

Melansir Mayo Clinic, henti jantung mendadak dapat terjadi pada orang yang tidak memiliki penyakit jantung yang diketahui. Namun, aritmia yang mengancam jiwa biasanya berkembang pada seseorang dengan kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya.

8 dari 9 halaman

Gagal jantung

Gagal jantung terjadi ketika jantung masih bekerja tapi tidak sebaik yang seharusnya. Gagal jantung dapat mengancam jiwa, tetapi mencari pengobatan dini untuk kondisi yang berhubungan dengan jantung dapat membantu mencegah komplikasi.

Gagal jantung ditandai dengan ketidakmampuan jantung untuk memompa suplai darah yang cukup ke tubuh. Tanpa aliran darah yang cukup, semua fungsi utama tubuh akan terganggu. Gagal jantung adalah suatu kondisi atau kumpulan gejala yang melemahkan atau membuat jantung kaku.

Penyebab sakit jantung gagal jantung dapat terjadi akibat penyakit arteri koroner yang tidak diobati, tekanan darah tinggi , aritmia, dan kondisi lainnya. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi kemampuan jantung untuk memompa atau berelaksasi dengan baik.

9 dari 9 halaman

Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah istilah umum untuk beberapa kelainan bentuk jantung yang telah ada sejak lahir. Penyakit jantung bawaan dapat melibatkan masalah struktural utama, seperti tidak adanya ventrikel atau masalah dengan koneksi yang tidak biasa antara arteri utama yang meninggalkan jantung.

Para peneliti tidak yakin persis apa yang menyebabkan sebagian besar cacat ini, tetapi mereka berpikir genetika, kondisi medis tertentu, beberapa obat, dan faktor lingkungan atau gaya hidup, seperti merokok, mungkin berperan sebagai penyebab sakit jantung ini.

Gejala penyakit jantung bawaan dapat meliputi kulit berwarna biru, pembengkakan ekstremitas, sesak napas atau kesulitan bernafas, kelelahan dan energi rendah, dan irama jantung yang tidak teratur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.