Sukses

Alami Kejadian Mistis, Pemancing Ini Lepas Kembali 27 Ikan ke Sungai

Pemancing lepas kembali 27 ikan yang ditangkapnya ke sungai karena alami kejadian mistis.

Liputan6.com, Jakarta Alkisah terdapat mitos bahwa ikan haruan dapat mengedipkan mata. Mitos itu sudah sering dibicarakan oleh para penggemar dan pemancing ikan haruan dan tioman. Kedua jenis ikan tersebut berasal dari famili Channidae dalam klasifikasi ilmiah dan diperkirakan terdapat 40 spesies dalam genus Channa yang sebagian besar berada di Asia. 

Dilansir Liputan6.com dari Mstar pada Selasa (1/3/2022), melalui video yang dibagikan oleh Mira Yusof, suaminya adalah salah satu penggemar dan pemancing Channa di sungai atau atas bukit. Ikan tersebut ditangkap untuk dijual ke penggemar ikan, namun kebanyakan dari mereka ingin memiliki berpasangan, jantan dan betina.

Namun, Mira menginformasikan bahwa suaminya itu harus melepaskan kembali 27 ikan Channa yang diperolehnya. Hal itu lantaran dirinya dan juga keluarga merasakan ada yang aneh setelah menangkap ikan-ikan tersebut.

"Saat suami saya naik bukit untuk menangkap ikan ini, ada dua tempat, satu lokasi oke, yang lain di bukit tidak ada orang. Mereka pergi bertiga, sang suami mendengar orang mengaji sementara temannya mendengar suara-suara aneh" tulis Mira dalam video, seperti dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @mira_1408, Selasa (1/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putuskan melepas 27 ekor ikan

Video yang memperlihatkan ikan yang dilepaskan di saluran pembuangan dekat sungai itu hingga kini telah ditonton sebanyak 1 juta kali. Mira juga membeberkan alasan kenapa sang suami melepaskan kembali ikan yang telah ditangkapnya.

"Dan bila waktu malam, ada di antara ikan-ikan yang seperti membuat tak tenang sampai kami pun terkejut," tulisnya dalam video.

Selain itu, alasan lain suaminya memutuskan melepas ikan karena tidak ada pembeli. Mereka memutuskan untuk melepas ikan ke tempat asalnya yaitu sungai air tawar. Mira dan suaminya juga meminta maaf atas perbuatannya menangkap ikan tersebut.

"Sebelum melepas ikan, kami sudah meminta maaf, semoga apa yang kami lakukan diberkahi Tuhan," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Hidup jadi tenang usai ikan dilepas

Menurutnya, kehidupannya bersama keluarganya kembali 'tenang' setelah semua ikan yang dimasukkan ke dalam toples dilepas. Setelah melepas 27 ekor ikan, pasangan Channa milik mereka melahirkan 30 ekor ikan. Jadi, keduanya memutuskan untuk memindahkan semuanya ke akuarium yang lebih besar.

"Alhamdulillah, kami lebih tenang. Kami telah kehilangan rasa bersalah kami karena kami memasukkannya ke dalam toples kecil. Dia benar-benar tidak dapat membeli 27 akuarium, hanya ini (sepasang) yang tersisa," lanjutnya dalam video.

Namun, tanpa diduga, semua anak Channa itu mati. Mira pun bingung apa penyebabnya. Di akhir video, Mira menjelaskan bahwa hanya ada empat Channa dan semuanya ditempatkan di akuarium.

4 dari 4 halaman

Pengalaman mistis

Mira juga menceritakan pengalamannya selama masa memelihara ikan adalah pernah ia kehilangan ikan tanpa jejak, bahkan tidak menemukan bangkainya. Jika sudah waktunya untuk menangkap ikan, mereka tidak akan memiliki pengalaman bertemu makhluk gaib dan sebagainya di hutan atau daerah perbukitan.

"Bahkan di rumah, selama ini kami belum pernah melihat apapun (makhluk gaib) dengan jelas dan ketika ikan tampak gelisah di malam hari, kami tidak tahu kenapa," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.