Sukses

Pengertian Nada adalah Tinggi Rendahnya Bunyi dalam Lagu dan Musik, Pahami Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Apa arti nada? Memahami pengertian nada adalah bunyi yang beraturan dalam musik. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menjelaskan pengertian nada adalah tinggi rendahnya bunyi (dalam lagu, musik, dan sebagainya).

Sebuah nada, ada yang berjarak 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Jarak nada adalah yang menentukan kemungkinan variasi nada dan jenis tangga nada.

Nada adalah memiliki jarak. Dalam Diktat Teori Musik 1 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, interval pengertian nada adalah “jarak” antara nada satu ke nada yang lain. Di mana tiap interval nada adalah diberikan nama yang mengandung arti kuantitas serta kualitas.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian nada adalah bunyi yang beraturan, pengertian nada menurut para ahli, dan jenis-jenisnya, Rabu (2/3/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pengertian Nada

Nada adalah bunyi yang beraturan. Dalam modul berjudul Tematik Siswa SD/MI Kelas IV Kurikulum 2013 oleh Maryanto, pengertian nada adalah serangkaian bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu. Dalam sebuah musik, setiap nada adalah memiliki tinggi nada atau tala tertentu.

Nada adalah memiliki jarak. Dalam Diktat Teori Musik 1 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, interval pengertian nada adalah “jarak” antara nada satu ke nada yang lain. Di mana tiap interval nada adalah diberikan nama yang mengandung arti kuantitas serta kualitas.

Hal yang sama dijelaskan dalam buku berjudul Teori Musik I Musik Tonal oleh Ovan Bagus Jatmika, interval pengertian nada adalah ukuran jarak (pitch) tinggi dan rendahnya suatu nada di antara dua nada.

Dalam elektonik modul berjudul Seni Budaya, antara nada satu dengan yang lain terdapat jarak tertentu. Ada yang berjarak 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Jarak nada adalah yang menentukan kemungkinan variasi nada dan jenis tangga nada.

Apa saja yang menjadi unsur nada dalam sebuah musik? Dalam buku berjudul Sejarah Musik dan Apresiasi Seni oleh Sila Widhyatama, unsur pembentuk musik dan nada adalah ada unsur pokok (harmoni, irama, melodi, serta struktur lagu) dan ekspresi (tempo, dinamika, dan warna nada).

3 dari 4 halaman

Pengertian Nada Menurut Para Ahli

Bagaimana para ahli memahami pengertian nada?

1. Pengertian Nada Menurut Sylado

Pengertian nada adalah wujud nyata dari waktu yang memiliki kehidupan beserta kumpulan dari sebuah ilusi dan alunan suara yang menciptakan efek untuk pemikiran dan perasaan. Pengertian nada adalah dapat diargumentasikan menjadi sebuah waktu yang harus di dengarkan oleh semua orang. Baik yang ada di dalam lagu, tari, dan lain-lain.

2. Pengertian Nada Menurut Banoe

Pengertian nada adalah sebuah kata yang diambil dari bahasa Yunani yakni muse yang bermakna dewa. Pengertian nada adalah cabang seni yang dapat mengatur beragam jenis rangkaian suara dan dapat dimengerti serta dipahami oleh sekumpulan umat manusia.

3. Pengertian Nada Menurut Jamalus

Pengertian nada adalah cabang dari sebuah kesenian yang berupa suara dan mempunyai komposisi. Sehingga menghasilkan ungkapan pemikiran serta perasaan dari sang penciptanya dengan perpaduan unsur-unsur pokok yakni struktur, irama, melodi, dan harmoni.

4. Pengertian Nada Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian nada adalah tinggi rendahnya bunyi (dalam lagu, musik, dan sebagainya). Pengertian nada adalah ungkapan keadaan jiwa atau suasana hati, makna yang tersembunyi dalam ucapan dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Tangga Nada

Ada tiga jenis tangga nada yang perlu dipahami. Dalam buku berjudul Nada dan Irama oleh M. Said Noor, tangga nada adalah sekumpulan nada harmonis yang mengatur nada-nada agar tercipta sebuah musik atau lagi yang harmoni.

Ini penjelasan jenis-jenis tangga nada yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang memiliki tujuh buah nada, yaitu “Do Re Mi Fa Sol La Si.” Tangga nada diatonis adalah memiliki 2 jarak (interval), yaitu satu dan setengah tangga nada.

Tangga nada diatonis dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu tangga nada diatonis minor dan tangga nada diatonis mayor.

Tangga nada diatonis mayor adalah jenis tangga nada yang memiliki aturan terkait interval dan jarak antar nada 1 – 1 – ½ - 1 – 1 – 1 – 1 – ½. Tangga nada diatonis minor adalah tangga nada yang memiliki jarak atau interval antar not atau nada pada tangga nada ini adalah 1-1/2-1-1-1/2-1-1.

2. Tangga Nada Pentatonis

Tangga nada pentatonis adalah berasal dari dua kata, yaitu penta (lima) dan tone (nada). Tangga nada pentatonis adalah hanya mempunyai 5 nada pokok.

Memahami, nada penantonis adalah akan mengurangi dua nada pokok pada nada diatonis, dalam hal tersebut ada dua macam tangga nada pentatonis, yaitu:

- c-d-e-g-a-c’ (tidak ada f dan b)

- c-e-f-g-b-c’ (tidak ada d dan a)

Nada pentantonis adalah biasanya digunakan pada musik-musik tradisional daerah seperti pada musik Jawa, khususnya pada alat musik gamelan.

3. Tangga Nada Kromatis

Tangga nada kromatis adalah mempunyai jumlah nada terbanyak di antara jenis tangga nada lainnya. Jenis tangga nada kromatis adalah menggunakan 12 macam jenis nada yang seluruhnya memiliki jarak atau interval setengah atau 1/2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.