Sukses

11 Penyebab Tangan Kesemutan Saat Bangun Tidur, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Mengalami tangan kesemutan saat bangun tidur merupakan hal lumrah, apabila kondisinya bisa membaik dengan sendirinya. Meski ada pula kondisi kesehatan serius yang bisa menjadi penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur. 

Melansir dari Health Line, pada Rabu (2/3/2022) Doctor of Osteopathic Medicine, Stacy Sampson menjelaskan ada sebelas penyebab tangan kesemutan saat bagun tidur. Mulai dari carpal tunnel syndrom, neuropati, posisi tidur, kekurangan vitamin B-12, hingga penyalahgunaan alkohol.

“Tidur dalam posisi yang memberi tekanan pada lengan atau tangan adalah penyebab umum mati rasa dan sensasi kesemutan yang segera hilang setelah bangun dan mengubah posisi,” dijelaskan.

Perawatan untuk tangan kesemutan tergantung pada penyebabnya. Temui dokter jika penderita terus mengalami mati rasa atau mati rasa tidak membaik saat mengubah posisi. Begitu pula gejalanya disertai kesulitan bicara, kelumpuhan, dan sakit kepala parah.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam penyebab tangan kesemutan saat bagun tidur, gejala, dan cara mengatasinya, Rabu (2/3/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Penyebab Tangan Kesemutan Saat Bangun Tidur

1. Sindrom Terowongan Karpal atau Carpal Tunnel Syndrome

Sindrom terowongan karpal atau carpal tunnel merupakan penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur. Kondisi ini disebabkan kompresi pada saraf median di terowongan karpal, yang merupakan lorong sempit di bagian depan pergelangan tangan Anda.

Kesemutan dan mati rasa adalah gejala yang paling umum dari carpal tunnel syndrome. Lemah dalam mencengkeram merupakan salah satu gejala penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur ini.

“Gerakan tangan yang berulang, seperti mengetik di keyboard atau menggunakan mesin, dapat memicunya, seperti halnya obesitas atau trauma pergelangan tangan,” dijelaskan.

2. Spondilosis Serviks (Leher)

Spondilosis serviks adalah penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur. Kondisi ini disebabkan oleh ke-ausan sehari-hari pada cakram tulang belakang di leher seiring bertambahnya usia.

Spondilosis serviks dapat menyebabkan mati rasa pada tungkai dan kaki, serta nyeri dan kaku pada leher.

Penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur bisa menjadi tanda-tanda osteoartritis, seperti taji tulang, dan cakram yang menonjol. Keduanya dapat mempersempit ruang di tulang belakang leher dan memberi tekanan pada akar saraf atau sumsum tulang belakang.

“Menyebabkan mati rasa dan kesemutan di lengan dan tangan Anda,” dijelaskan.

3. Sindrom Outlet Toraks (TOS)

KL adalah sekelompok gangguan yang berkembang ketika saraf atau pembuluh darah di leher bagian bawah dan daerah dada bagian atas teriritasi, terluka, atau tertekan.

Ini penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur. Mati rasa di lengan bawah, tangan, dan jari adalah gejala umum dari kompresi saraf, yang dapat menyebabkan rasa sakit di bagian leher, bahu, lengan, atau tangan penderitanya.

4. Neuropati Perifer (Kerusakan Saraf)

Neuropati perifer adalah penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur. Kondisi ini mengacu pada beberapa kondisi yang melibatkan kerusakan pada sistem saraf tepi, yang menerima. dan mengirim sinyal antara sistem saraf pusat dan seluruh tubuh.

Ada lebih dari 100 jenis neuropati perifer yang bisa menjadi penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur dan gejalanya tergantung pada saraf yang terkena. Gejalanya bisa meliputi:

- kesemutan dan mati rasa

- rasa sakit yang tajam dan menusuk

- sensasi mendengung

5. Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus adalah penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur. Penyakit ini merupakan kondisi kronis yang menyebabkan gula darah tinggi. Itu terjadi ketika tubuh tidak merespons insulin secara efektif atau tidak cukup/kurang.

Sekitar setengah dari semua penderita diabetes memiliki beberapa bentuk kerusakan saraf yang menjadi penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur. Termasuk neuropati perifer dan sindrom terowongan karpal atau carpal tunnel syndrome, yang dapat menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan kelemahan pada tangan penderianya.

 

3 dari 5 halaman

Penyebab Tangan Kesemutan Saat Bangun Tidur Selanjutnya

6. Posisi Tidur

Tekanan pada tangan dari postur tidur bisa menjadi penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur. Kondisinya bisa terjadi ketika penderita tidur di lengan atau tangan atau dalam posisi yang memberi tekanan pada saraf. Kurangnya aliran darah sementara dapat menyebabkan mati rasa atau kesemutan.

“Mengubah posisi biasanya cukup untuk meredakan gejalanya,” dijelaskan.

7. Kemoterapi dan Obat-obatan Lainnya

Kemoterapi dan obat lain dapat merusak saraf perifer. Kondisi ini merupakan penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur. Sebuah studi menunjukkan neuropati perifer yang diinduksi kemoterapi mempengaruhi antara 30 hingga 68 persen orang yang menjalani perawatan.

Obat lain yang diketahui menyebabkan neuropati perifer yang menjadi penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur, termasuk antikonvulsan, obat penurun tekanan darah dan jantung tertentu, dan beberapa antibiotik, metronidazol (Flagyl) serta Fluoroquinolones (Cipro, Levaquin).

8. Kekurangan Vitamin B-12

Penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur selanjutnya, ketika seseorang kekurangan vitamin B-12. Vitamin ini sangat penting untuk fungsi otak dan sistem saraf pusat serta sintesis DNA. Itu juga diperlukan untuk memproduksi sel darah merah.

Kekurangan vitamin B-12 dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti usia, riwayat keluarga, dan kondisi medis tertentu, seperti gastritis dan penyakit autoimun. Gejala kekurangan vitamin B-12 adalah mati rasa dan kesemutan di kaki, kelemahan otot, dan penurunan nafsu makan.

9. Penyalahgunaan Alkohol

Penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur adalah penyalahgunaan alkohol. Alkohol dapat merusak jaringan saraf ketika alkohol dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Ini disebut neuropati alkoholik.

Orang yang minum terlalu banyak alkohol bisa merasakan sakit dan kesemutan di anggota badan mereka. Tidak jarang penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur sekaligus dipengaruhi kekurangan vitamin dan nutrisi tertentu yang dibutuhkan tubuh.

Gejala yang mungkin bisa terjadi:

- kelemahan otot

- kram dan kejang otot

- disfungsi seksual

10. Kista ganglion

Kista ganglion adalah benjolan non-kanker yang tumbuh di sepanjang sendi atau tendon di pergelangan tangan atau tangan. Ini penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur. Dijelaskan, jika kista menekan saraf, bisa menyebabkan mati rasa di tangan.

“Kista juga dapat terasa nyeri saat ditekan atau dapat mengganggu pergerakan sendi. Kebanyakan kista ganglion hilang tanpa pengobatan,” dijelaskan.

11. Penyakit lainnya

Sejumlah penyakit lain dapat menjadi penyebab tangan kesemutan saat bangun tidur. Beberapa di antaranya adalah:

- radang sendi

- sklerosis ganda

- lupus

- Penyakit Lyme

- HIV dan AIDS

- sipilis

- Sindrom Sjogren

- hipotiroidisme

- Sindrom Guillain-Barre

- Fenomena Raynaud

 

4 dari 5 halaman

Gejala Tangan Kesemutan Saat Bangun Tidur, Bagian Mana?

Apabila sudah memahami penyebab tangan kesemutan saat bagun tidur, mulai perhatikan gejalanya meliputi bagian mana saja. Stacy mengelompokkan gejala tangan kesemutan itu menjadi empat macam:

1. Bangun dengan Tangan dan Lengan Kesemutan atau Mati Rasa

Sindrom terowongan karpal dan posisi tidur salah dapat menyebabkan terbangun dengan mati rasa di satu atau kedua tangan dan lengan.

Penyebab lain dari tangan dan lengan mati rasa adalah spondylosis serviks, neuropati perifer, dan KL. Penyalahgunaan alkohol juga dapat menyebabkannya.

2. Bangun dengan Tangan dan Kaki Kesemutan atau Mati Rasa

Neuropati perifer yang disebabkan oleh kondisi medis, seperti diabetes, atau obat-obatan tertentu, termasuk kemoterapi, dapat menyebabkan mati rasa pada tangan dan kaki. Penyalahgunaan alkohol dan kekurangan vitamin B-12 juga dapat menyebabkannya.

3. Bangun dengan Tangan dan Jari Kesemutan atau Mati Rasa

Sindrom terowongan karpal sering mempengaruhi tangan dan semua jari kecuali jari kelingking. Spondilosis serviks, KL, neuropati perifer, dan postur tidur dapat menyebabkan mati rasa di tangan dan jari penderitanya.

4. Bangun dengan Satu Tangan Kesemutan atau Mati Rasa

Jika hanya satu tangan yang mati rasa, carpal tunnel syndrome dan tekanan pada tangan saat tidur adalah penyebab yang paling mungkin. Kerusakan saraf perifer dan kista ganglion adalah kemungkinan lain.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Tangan Kesemutan Saat Bangun Tidur

Bagaimana cara mengatasi tangan kesemutan saat bagun tidur? Stacy menjelaskan perawatan untuk tangan kesemutan tergantung pada penyebabnya. Perawatan serius tidak diperlukan apabila kondisinya bisa membaik dalam beberapa waktu.

1. Latihan

Latihan bisa dilakukan untuk penderita sindrom terowongan karpal atau carpal tunnel syndrom. Cara mengatasi tangan kesemutan ini dapat membantu memperbaiki gejala dan meningkatkan kekuatan jika penderita juga memiliki kelemahan otot.

“Peregangan, penguatan, dan latihan postur juga dapat membantu gejala spondylosis serviks,” dijelaskan.

2. Obat Pereda Nyeri

Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual secara bebas bisa dijadikan solusi cara mengatasi tangan kesemutan yang tak kunjung membaik. Obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen atau aspirin, dapat membantu mengatasi nyeri ringan dan peradangan yang memengaruhi tangan, leher, dan area lainnya.

3. Menggunakan Pelindung Pergelangan Tangan

Mengenakan pelindung pergelangan tangan atau belat menjaga pergelangan tangan tetap lurus untuk mengurangi tekanan pada saraf median. Cara mengatasi tangan kesemutan dengan pelindung bisa dipakai saat melakukan tugas yang berulang atau di malam hari untuk membantu mencegah gejala carpal tunnel syndrome.

4. Perawatan Topikal

Patch lidokain dan krim capsaicin yang dioleskan ke kulit dapat meredakan nyeri ringan dan neuropati perifer yang menjadi penyebab tangan kesemutan. Mentol topikal, seperti Biofreeze, juga dapat membantu meredakan nyeri terowongan karpal, menurut sebuah studi tahun 2014.

5. Vitamin B-12

Kekurangan vitamin B-12 dapat diobati dengan suplemen vitamin B-12 oral. Jika kekurangannya parah atau penderita tidak dapat menyerap vitamin B-12 dari makanan, penderita memerlukan suntikan vitamin B-12.

“Makan makanan tinggi vitamin B-12, seperti salmon, telur, dan hati juga dapat membantu,” dijelaskan.

6. Antidepresan

Ada beberapa jenis antidepresan mengobati nyeri neuropatik dengan mengganggu proses yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal rasa sakit. Obat ini dapat membantu dalam mengobati nyeri saraf yang disebabkan oleh diabetes dan kondisi lainnya.

7. Obat Anti Kejang

Obat yang dikembangkan untuk mengobati epilepsi dapat meredakan nyeri saraf atau penyebab tangan kesemutan. Ini termasuk gabapentin (Gralise, Neurontin) dan pregabalin (Lyrica).

8. Pembedahan

Pembedahan dapat menjadi pilihan untuk kondisi tangan kesemutan tertentu jika perawatan non-bedah tidak berhasil. Ini dapat mencakup pembedahan untuk melepaskan saraf atau pembuluh darah yang terkompresi yang disebabkan oleh terowongan karpal, cakram yang menonjol, KL, atau kista ganglion.

Kapan harus ke dokter?

Temui dokter jika penderita terus mengalami mati rasa atau mati rasa tidak membaik saat mengubah posisi. Juga temui dokter jika penderita mengalami mati rasa di area lain atau memiliki gejala lain yang mengkhawatirkan.

Hubungi rumah sakit untuk mati rasa yang dimulai secara tiba-tiba, terutama bila disertai dengan kelemahan atau kelumpuhan, kesulitan berbicara, atau sakit kepala parah yang tiba-tiba karena ini adalah tanda-tanda potensial dari keadaan darurat medis seperti stroke.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.