Sukses

Viral Penampakan Benda Misterius Terbang Beriringan di Langit Bali Pada Malam Nyepi

Fenomena benda misterius yang terbang beriringan di langit menghebohkan Bali.

Liputan6.com, Jakarta Fenomena alam berupa benda misterius yang terbang beriringan menghebohkan Bali. Kejadian tersebut pertama diunggah oleh pemilik laman Twitter @rudhykurniawan__ yang diunggah kembali oleh laman @anamazingbali. Video singkat itu kemudian viral di media sosial.

"Fenomena benda beterbangan di langit pada malam Nyepi, terlihat dari Desa Sambangan, Sukasada, Singaraja," tulis laman Twitter @anamazingbali pada keterangan unggahan, seperti dikutip Liputan6.com pada Sabtu (5/3/2022).

Kejadian itu terlihat pada malam hari. Pada video yang diabadikan, tampak benda misterius seperti cahaya bintang yang berjalan beriringan tepat saat malam Nyepi. Fenomena viral tak biasa itu terekam di Desa Sambangan, Sukasada, Singaraja Bali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fenomena bintang berjalan

Fenomena unik benda angkasa berjalan beriringan dari arah barat ke timur itu pun langsung viral di media sosial. Dalam utasnya, banyak warganet yang menyebut bahwa benda misterius itu adalah starlink. Atau layanan koneksi internet broadband dari luar angkasa tanpa memerlukan kabel serat optik di bumi.

Satelit starlink kerap muncul seperti cahaya berjajar segaris atau cahaya kereta di angkasa. Pergerakan stasiun dan satelit di antariksa buatan manusia ini pun dianggap sebagai penyebab munculnya fenomena viral gerakan bintang berjejer di langit Bali saat Hari Raya Nyepi. 

Namun, ada juga warganet yang menyangkal hal itu. Kejadian itu terjadi tepat saat seluruh umat Hindu menjalani Catur Brata Penyepian atau empat pantangan saat Hari Raya Nyepi. Warga yang melihat hal itu menyebutnya sebagai bintang berjalan.

 

 

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video tersebut telah ditonton hingga 103,5 ribu kali oleh pengguna Twitter. Warganet juga turut membanjiri kolom komentar terkait fenomena alam tersebut. Tak sedikit yang penasaran dan ikut bertanya-tanya dengan kejadian itu. Banyak pula warganet yang menyebut itu adalah starlink.

"Satelitnya space x, starlink namanya. Teknologi tersebut di masa depan nanti bisa internetan tanpa tower BTS, dan bisa menjangkau tempat-tempat terpencil," tulis akun @ewzka.

"Satelitnya Elon Musk ini mah," ujar akun @hushbizle.

"Aku tadi malem liat ini, bagus banget sampai tetangga aku ikut ngeliat juga," kata akun @nameisrara.

"Itu sepertinya satelit Starlink-nya SpaceX. Dalam sekali luncur roket bisa banyak satelit yang dilepaskan," tulis akun @debuperipih.

4 dari 4 halaman

Saksikan videonya berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.