Sukses

15 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya, Lengkap Penjelasan

Liputan6.com, Jakarta Apa itu teks eksposisi? Memahami teks eksposisi adalah karangan yang mengungkap pendapat serta gagasan dengan fakta. Tujuan utama teks eksposisi adalah memberikan informasi.

Dalam buku berjudul Keterampilan Menulis oleh H. Dalman, teks eksposisi adalah memerlukan fakta yang diperkuat angka, statistik, peta dan grafis, tetapi tidak bersifat memengaruhi pembaca.

Ada tujuh macam teks eksposisi yang perlu dipahami. Mulai dari teks eksposisi proses, definisi, ilustrasi, berita, pertentangan, perbandingan, dan klasifikasi. Perbedaannya bisa dipahami lebih mendalam dari contoh teks eksposisi sesuai jenisnya.

Sebuah teks eksposisi umumnya memiliki tiga struktur utama. Ada tesis yang berisi teori yang diperkuat dengan sebuah argumen. Lalu argumentasi berupa bukti, serta reintegrasi yang mengungkap penegasan ulang.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang contoh teks eksposisi dan strukturnya, Senin (7/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Singkat Proses

Memahami contoh teks eksposisi proses adalah karangan yang berisi tahapan-tahapan atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir. Contoh teks eksposisi proses paling sering ditemui adalah cara membuat hingga cara melakukan sesuatu.

Bagaimana contoh teks eksposisi proses yang dimaksudkan? Ini contoh teks eksposisi proses:

1. Contoh teks eksposisi proses membuat gethuk

Mengenal getuk adalah salah satu warisan budaya Indonesia. Cara membuat getuk adalah berbahan dasar singkong yang direbus, lalu dihaluskan, dan diberi tambahan gula sesuai dengan selera.

Bagaimana rasa khas getuk? Rasa getuk adalah enak, manis, dengan kadar aroma yang pas dan legit.

Seiring perkembangan zaman, cara membuat getuk tak hanya sedemikian sederhana. Mulai ditambah dengan banyak topping, warna, dan menjadikannya lebih awet daripada biasanya.

Bahan:

- 1 kg singkong, kupas cuci lalu potong"

- 150 gr kelapa parut

- 100 gr gula pasir

- pewarna makanan

- 1 sdt garam

Taburan:

- Secukupnya kelapa parut + sejumput garam lalu kukus sebentar

Cara membuat getuk:

- Panaskan kukusan.

- Kukus singkong bersama 150 gr kelapa parut hingga matang, kira-kira selama 30 menit.

- Angkat dan pindahkan dalam wadah yang cukup besar, lalu taburi 1 sdt garam dan 100 gr gula pasir. Aduk rata.

- Siapkan alat penggiling singkong. Giling sedikit-sedikit hingga habis.

- Bagi menjadi 3 bagian. Cara membuat getuk, beri pewarna sesuai selera.

- Kemudian giling lagi bentuk panjang, tata di piring dan siap disajikan bersama kelapa parut.

2. Contoh teks eksposisi proses membuat masker susu

Manfaat susu Dancow untuk wajah baik untuk menghidrasi kulit. Blodsky menjelaskan kulit kering menjadi masalah yang cukup serius karena akan membuat kulit lebih mudah terkelupas, susu bubuk bisa dijadikan solusinya.

Asam laktat adalah AHA alami (asam alfa-hidroksi) yang dapat ditemukan dalam susu asam yang bertindak sebagai pelembab yang sangat baik.

Stylecraze mengungkap penelitian, 12 persen asam laktat topikal dapat membantu memperbaiki penampilan kulit dengan mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Ini membuat kulit lebih kencang dan halus.

Cara mendapat manfaat susu Dancow untuk wajah:

- Haluskan beberapa potong buah pisang kemudian campurkan dengan susu bubuk.

- Aplikasikan pada bagian wajah dan diamkan selama 20 menit.

- Setelah itu, bilas hingga bersih.

- Perawatan ini bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit dan membuat kulit lebih lembap.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Definisi

Contoh teks eksposisi definisi adalah paragraf eksposisi yang memaparkan mengenai definisi atau pengertian suatu topik tertentu. Contoh teks eksposisi definisi adalah paling populer berhubungan dengan materi di dunia pendidikan.

Contoh teks eksposisi definisi banyak digunakan untuk menjelaskan pengetahuan tentang sesuatu. Ini contoh teks eksposisi definisi:

3. Contoh teks eksposisi definisi matahari

Matahari adalah bintang yang merupakan pusat tata surya, memancarkan panas dan cahaya ke Bumi dan planet-planet lain yang mengedarinya, sebgian besar kandungannya berupa hidrogen dan helium.

Di mana letak matahari? Matahari adalah terletak di galaksi terbesar bernama Bima Sakti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan matahari adalah bintang yang paling dekat dengan bumi. Pengertian matahari adalah benda panas yang tersusun dari gas bertekanan tinggi.

“Diameter Matahari 109 kali diameter Bumi, yaitu 1,4 juta km. Walaupun Matahari itu berbentuk gas, beratnya lebih dari 300.000 kali berat Bumi. Suhu permukaan matahari 6.000 derajat celsius yang dipancarkan ke luar angkasa hingga sampai ke permukaan bumi, sedangkan suhu inti sebesar 15-20 juta derajat Celsius,” dijelaskan.

Berasal darimana sumber energi matahari? Dijelaskan, sumber energi matahari adalah dari reaksi fusi di dalam inti matahari. Reaksi fusi terjadi di dalam inti matahari, di mana atom-atom hidrogen menjadi helium. Pada reaksi fusi ini, energi yang sangat besar akan terbentuk.

“Matahari tersusun dari berbagai macam gas antara lain hidrogen (76%), helium (22%), oksigen dan gas lain (2%),” dijelaskan.

4. Contoh teks eksposisi definisi penyebab kebakaran hutan

Penyebab kebakaran hutan akibat ulah manusia adalah perambahan hutan atau migrasi penduduk dalam kawasan hutan. Tidak banyak disadari oleh banyak pihak.

Akibat kebutuhan hidup masyarakat yang meningkat, dan bertambahnya jumlah keluarga. Penyebab kebakaran hutan akibat ulah manusia tersebut menuntut masyarakat untuk menambah luasan lahan garapan.

Illegal logging atau pembakaran liar menghasilkan lahan-lahan kritis dengan tingkat rawan tinggi. Penyebab kebakaran hutan akibat ulah manusia ini tentu membuat api yang tidak terkendali secara mudah merambat ke area hutan-hutan kritis tersebut.

Pembakaran liar sering meninggalkan sisa berupa daun, cabang, dan ranting kering yang semakin lama bertambah dan menumpuk di Kawasan hutan.

Pendaki yang membuang sampah sembarangan bisa menjadi pemantik lahan hutan yang tandus dan kering menyulut api besar. Tak hanya pendaki, tetapi bisa saja penyebab kebakaran hutan akibat ulah manusia dilakukan oleh petugas dan masyarakat yang lalai. Sampah yang bisa memicu kobaran api lebih besar adalah kertas, kaca, kaleng, plastik, dan masih banyak lagi lainnya.

3 dari 5 halaman

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Singkat Ilustrasi

Contoh teks eksposisi ilustrasi adalah paragraf yang menyajikan informasi dan penjelasan berupa gambaran sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya, yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu. Ini contoh teks eksposisi ilustrasi:

5. Contoh teks eksposisi ilustrasi perasaan gugup

Pernahkah anda merasa gugup ketika berbicara maupun tampil didepan banyak orang? Biasanya hal tersebut dinamakan demam panggung.

Demam panggung terjadi karena kita tidak terbiasa tampil di depan orang banyak dan selalu merasa bahwa apa yang akan kita sampaikan salah, kemudian akan ditertawakan orang banyak. Ketakutan tersebut justru muncul karena rasa kurang percaya diri yang terus kita pelihara.

Efek yang ditimbulkan demam panggung yaitu badan secara spontan akan merasa lemas ketika hendak melakukan pertunjukan atau berbicara didepan khalayak ramai, detak jantung yang terpompa dengan sangat kencang dan wajah pucat karena takut akan salah.

Demam panggung juga akan mengurangi konsentrasi kita, padahal sebelumnya kita sudah melakukan persiapan yang kita anggap paling matang.

Cara efisien untuk mencegahnya adalah dengan membiarkan tubuh setenang mungkin sebelum tampil didepan, tarik nafas dalam-dalam akan melancarkan oksigen masuk ke otak serta dapat menyebabkan otak bekerja dengan baik, sehingga konsentrasi akan terjaga.

6. Contoh teks eksposisi ilustrasi pentingnya mandi

Mandi setiap hari, merupakan perumpamaan yang cocok untuk menumbuhkan semangat dan motivasi. Setidaknya pada waktu pagi dan sore hari kita selalu mandi sesudah dan sebelum  melakukan aktivitas yang melelahkan.

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari kita perlu adanya dorongan atau motivasi agar aktivitas kita selalu dipenuhi dengan semangat dan rasa optimisme, ketika diri ini merasa sangat lemah dan putus asa, maka motivasi sangat diperlukan untuk menyiram jiwa kita agar terbangun kembali.

Maka dari itu, ketika terdapat sebuah celotehan yang mengatakan bahwa sebenarnya motivasi itu tidaklah penting, maka anda layaknya tidak lagi membutuhkan mandi ketika anda sudah seharian melakukan aktivitas yang melelahkan.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Berita

Contoh teks eksposisi berita adalah paragraf eksposisi yang memberikan informasi dari suatu kejadian, sering dijumpai pada kabar yang diberitakan melalui media massa televisi, radio, internet, hingga koran. Ini contoh teks eksposisi berita:

7. Contoh teks eksposisi berita perang Ukraina vs Rusia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa dia yakin Ukraina dapat memenangkan perangnya dengan Rusia.

Dia tidak bisa mengatakan berapa lama konflik akan berlangsung, tetapi bersikeras bahwa kekalahan Ukraina tidak bisa dihindari.

Blinken memuji "ketahanan luar biasa" rakyat Ukraina.

"Jika itu adalah niat Moskow untuk mencoba menggulingkan pemerintah dan memasang rezim bonekanya sendiri, 45 juta orang Ukraina akan menolaknya dengan satu atau lain cara," katanya kepada BBC, dikutip pada Sabtu (5/3/2022).

Perang belum berjalan seperti yang mungkin direncanakan Presiden Rusia Vladimir Putin, tambahnya.

Perlawanan keras oleh pasukan Ukraina terus menghambat kemajuan Rusia di seluruh negeri pada hari kesembilan invasi.

Di selatan, pasukan Rusia merebut daerah di sepanjang pantai Laut Hitam, dan kota pelabuhan Mariupol tetap dikepung. Namun gubernur Mykolaiv mengatakan pasukan Rusia telah diusir dari kota.

Kota kedua Kharkiv di Ukraina, di utara, juga tetap dikepung.

Blinken mengatakan masyarakat internasional berkomitmen untuk melakukan segala yang bisa dilakukan untuk membantu Ukraina dan juga untuk memberikan "tekanan luar biasa pada Rusia untuk mengakhiri perang pilihan yang dimulai Vladimir Putin".

8. Contoh teks eksposisi berita cuaca hari ini

Cuaca hari ini, Senin (7/3/2022), langit pagi hari Jakarta diperkirakan berawan, hanya Kepulauan Seribu yang cerah berawan. Tetapi berbeda di siang hari nanti.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, cuaca hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi guyur Ibu Kota siang hari nanti.

Bahkan, waspada hujan petir siang nanti diperkirakan bakal turun Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakut, Jakbar, Jakpus, Jaksel dan Jaktim pada menjelang siang hingga sore hari," tulis BMKG.

Tak jauh berbeda, wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat pagi hari diprediksi berawan lalu hujan dari siang hingga malam hari nanti.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu antara siang hingga malam hari di Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang," jelas BMKG.

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Singkat Pertentangan

Contoh teks eksposisi pertentangan adalah paragraf eksposisi yang berisi mengenai hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya. Ini contoh teks eksposisi pertentangan:

9. Contoh teks eksposisi pertentangan tim fulsal

Di semestar kali ini, prestasi tim futsal SMAN 77 mengalami penurunan. Di turnamen-turnamen sebelumnya, tim futsal SMA ini selalu masuk final dan juga sering sekali meraih gelar juara.

Namun, di turnamen tahun ini, tim futsal SMAN 77 harus rela tersingkir terlebih dahulu di pertandingan penyisihan awal turnamen futsal tahun ini.

Di pertandingan tersebut, tim yang dilatih oleh Pak Bambang Suhardi itu harus rela kalah 0-3 dari tim futsal SMA Krida. Kegagalan tersebut menjadi prestasi buruk bagi salah satu tim futsal unggulan tersebut.

Hal sebaliknya justru dialami oleh tim futsal SMA Krida. Setelah mengalahkan tim futsal SMAn 77, tim futsal ini melaju dengan mulus hingga ke babak fitnal. Di babak final, tim asuhan Pak Gatot Soedibyo ini berhasil mengalahkan tim futsal SMA Aryaloka dengan skor telak 4-1.

Kemenangan itu menjadi prestasi yang membanggakan bagi tim futsal SMA Krida, di mana tim ini sebelumnya belum pernah sekalipun meraih prestasi yang membanggakan di turnamen-turnamen sebelumnya.

10. Contoh teks eksposisi pertentangan jalan cepat dan lari

Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Meskipun kedua olahraga ini hampir sama, namun olahraga jalan cepat bukan olah raga lari karena sangat berebda. Paling membedakan dari kedua olahraga ini adalah jika olahraga jalan cepat seseorang akan selalu melangkahkan kaki yang menapakkan tanah.

Namun berbeda dengan olahraga lari, untuk olahraga lari ada suatu kala kaki orang tidak menyentuh tanah. Olahraga jalan cepat tidak memerlukan tenaga sebesar olahraga lari, sehingga olahraga jalan cepat ini bisa dikatakan lebih ringan dari pada olahraga lari.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Perbandingan

Contoh teks eksposisi perbandingan adalah berisi paragraf dengan informasi yang dipaparkan dengan cara membandingkan suatu hal dengan yang lain. Contoh teks eksposisi perbandingan menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain.

Ini contoh teks eksposisi perbandingan:

11. Contoh teks eksposisi perbandingan pendidikan

Andi sudah menunjukkan bakat olahraga semenjak masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Olahraga yang ia sukai adalah bulutangkis. Sejak kecil, ia sudah sering mengikuti kompetisi bulutangkis yang diadakan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Andi pun sering memenangkan kompetisi-kompetisi tersebut. Sehingga pada saat ia sudah masuk ke jenjang Sekolah Menengah Atas, Andi pun sering ditunjuk sebagai perwakilan sekolah untuk mengikuti pertandingan antar sekolah.

Bakat Andi ini pun membawanya kepada potensi masa depan yang lebih baik. Ia sering mendapatkan tawaran beasiswa dari berbagai universitas dikarenakan bakat olahraganya yang sangat baik. Andi pun tetap terus mengasah kemampuannya dalam bermain bulutangkis.

Di sisi lain, Rudi bukanlah siswa yang memiliki kemampuan atletis yang baik. Namun, sejak kecil Rudi sudah menunjukkan bakat menyanyi yang sangat baik. Sama seperti Andi, Rudi juga sering menjadi perwakilan sekolah dalam kompetisi menyanyi. Keduanya mengasah bakat mereka yang berbeda, namun tetap menjadikan bakat mereka sebagai identitas jati diri masing-masing.

12. Contoh teks eksposisi perbandingan energi

Kita menggunakan energi dalam sebagian besar aktivitas kita sehari-hari. Misalnya, kita menggunakan energi listrik untuk menonton TV dan menggunakan energi matahari untuk mengeringkan pakaian.

Sebagian besar energi yang kita gunakan dihasilkan dari pembangkit listrik. Sementara itu, fasilitas pembangkit listrik di dalam negeri masih banyak bergantung pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam seperti ini biasanya terdiri dari penggunaan batu bara dan gas alam.

Penggunaan sumber daya alam yang tidak terbarui memiliki efek negatif terhadap lingkungan karena banyak mengeluarkan asap dan gas berbahaya lainnya yang dapat terkumpul pada lapisan atmosfer. Selain itu, sumber daya seperti ini juga akan habis jika terus-menerus digunakan.

Jika tidak digunakan dengan bijak, maka manusia bisa saja kehabisan sumber daya untuk menciptakan energi yang sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Hal ini tentu berbeda dengan cara menghasilkan energi dari penggunaan sumber daya alam yang terbarui. Sumber daya alam seperti ini termasuk udara dan energi matahari.

Penggunaan sumber daya alam ini tidak memberikan efek buruk terhadap lingkungan hidup karena cara penggunaannya tidak menghasilkan zat-zat kimia lain yang dapat merusak lingkungan. Selain itu, penggunaan sumber daya alam terbarui juga akan terus dapat digunakan tanpa ada kekhawatiran akan berkurangnya suplai dari alam.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Singkat Klasifikasi

Contoh teks eksposisi klasifikasi adalah berisi paragraf yang membagi sesuatu dan mengelompokkannya ke dalam kategori-kategori. Contoh teks eksposisi klasifikasi terdiri dari suatu topik yang dipaparkan secara berkelompok. Ini contoh teks eksposisi klasifikasi:

13. Contoh teks eksposisi klasifikasi sastra

Sistem penamaan jenis-jenis kritik sastra bervariasi, tergantung pada pendekatan yang digunakan. Pendekatan moral menekankan pada pertalian karya sastra dengan wawasan moral dan agama.

Pendekatan historis, bekerja atas dasar lingkungan karya sastra yang berkaitan dengan fakta-fakta dari zaman dan hidup pengarang. Pendekatan impresionistik menjadi ciri khas aliran sastra romantik, menekankan pada efek personil karya sastra pada kritikusnya.

14. Contoh teks eksposisi klasifikasi kucing

Kucing terdiri atas beberapa jenis ras, di mana jenis-jenis ras kucing tersebut antara lain Angora, Persia, Manx, dan juga Spinx. Diantara keempat ras tersebut, ras Spinx menjadi ras yang kurang populer di masyarakat.

Namun, meskipun begitu, kucing yang dikenal sebagai kucing tak berbulu ini kini mulai populer dan tak sedikit orang yang mulai memelihara kucing jenis ras ini.

Tidak adanya bulu pada kucing ini membuat kucing Spinx menjadi kucing yang unik dan menarik di kalangan masyarakat. Bahkan, karena keunikan itulah yang membuat kucing ini menjadi kucing yang tergolong mahal harganya.

15. Contoh teks eksposisi klasifikasi kata imbuhan

Imbuhan awalan merupakan imbuhan yang dibubuhkan di awal suatu kata. Imbuhan yang biasa disebut dengan prefiks ini terdiri atas beberapa macam, di mana macam-macam imbuhan ini adalah me- ke-, di-, dan juga ter-.

Berbanding terbalik dengan imbuhan awalan, imbuhan akhiran atau sufiks adalah imbuhan yang justru dibubuhkan di akhir sebuah kata. Imbuhan ini sendiri terdiri atas beberapa macam, yaitu -an, -kan, -nya, -lah, -kah, -tah, dan juga -pun.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS