Sukses

4 Contoh Iklan yang Singkat dan Menarik, Simak Pula Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Contoh iklan sering kali dicari oleh banyak orang. Pasalnya, iklan dapat menjadi media yang paling efektif untuk mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat. Iklan diklasifikasikan sebagai bentuk komunikasi pemasaran.

Dilansir dari buku "Iklan Menarik Produk Laris" yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, iklan sendiri diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak untuk membeli barang atau jasa yang diberitahukan itu.

Iklan biasanya dimuat di media massa baik cetak, elektronik, maupun online. Selain itu, iklan juga dapat ditemui di tempat-tempat umum yang banyak dilewati orang. Iklan dibuat bukan hanya untuk mengenalkan sebuah produk, namun juga bisa menyadarkan orang ataupun memberitahu tentang tempat yang ditawarkan.

Untuk memudahkan anda membuat iklan, berikut ini terdapat beberapa contoh iklan beserta pengertian dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (7/3/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pengertian Iklan

Sebelum mengetahui contoh iklan, anda juga perlu memahami pengertian iklan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan tak hanya untuk masalah komersial. Tetapi juga dapat berisi ajakan kepada para pembacanya untuk melakukan hal-hal yang baik.  Iklan biasanya dipromosikan melalui televisi, radio, media sosial, majalah, dan banyak ditemukan pada baliho di jalan.

Sementara , menurut Faela Sufa, pengertian iklan adalah media informasi yang dibuat dengan cara tertentu untuk menarik penonton, asli, dan memiliki karakteristik tertentu dan persuasif, sehingga konsumen secara sukarela terdorong untuk melakukan sesuatu sesuai apa yang diinginkan pengiklan.

Tak hanya itu, Liliweri juga memberikan pendapatnya mengenai pengertian iklan adalah suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran dalam membantu menjual barang, dengan memberi layanan serta gagasan atau ide-ide melalui sasaran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Iklan

Berdasarkan isinya, jenis iklan dibedakan dari kalimatnya. Ada yang sifatnya hanya memberitahu dan ada juga yang sifatnya membujuk. Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis iklas, antara lain:

1. Iklan Tanggung Jawab Sosial

Iklan yang dirancang untuk menyebarkan informasi dan memiliki sifat untuk mendidik agar masyarakat memiliki tanggung jawab atas suatu masalah sosial.

2. Iklan Bantahan

Iklan yang disampaikan melalui media dan bertujuan untuk membantah atau menyangkal suatu tuduhan yang tidak benar. Iklan ini bertujuan untuk memperbaiki citra produk tersebut.

3. Iklan Pembelaan

Ini merupakan kebalikan dari iklan bantahan. Iklan ini bertujuan untuk mendapatkan simpati publik.

4. Iklan Perbaikan

Iklan yang digunakan untuk memperbaiki pesan-pesan yang salah dan sudah terlanjur disebarluaskan melalui media.

5. Iklan Keluarga

Iklan yang berisikan pesan-pesan tentang seputar keluarga.

6. Iklan Cetak

Iklan yang dipasang dan dibuat menggunakan teknologi cetak. Contohnya yaitu surat kabar, baliho, poster, spanduk, dan lain sebagainya.

7. Iklan Baris

Iklan yang terdiri beberapa baris kata atau kalimat saja. Iklan ini biasa ditemukan di koran.

8. Iklan Kolom

Iklan ini memiliki lebar satu kolom namun lebih tinggi dibandingkan iklan baris. Contoh iklan ini adalah iklan kolom adalah advertorial.

9. Iklan Display

Ini merupakan iklan yang lebih luas dari iklan iklan kolom dalam menampilkan sesuatu. Contoh iklan display yaitu iklan radio dan iklan televisi.

10. Iklan Pemberitahuan

Iklan ini lebih terfokus pada kepentingan untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik itu yang berupa peristiwa, keadaan, atau hal lainnya. Iklan jenis ini umumnya dipasang oleh perorangan atau suatu keluarga. Namun, ada pula yang dipasang oleh perusahaan atau instansi pemerintah, misalnya pemberitahuan pameran atau pemberitahuan rapat perusahaan.

11. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini bertujuan memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Contohnya adalah iklan bahaya penyakit campak dan rubella, atau iklan bahaya narkotika. Pengguna iklan ini umumnya pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

12. Iklan Penawaran

Iklan ini bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa. Iklan penawaran jasa, disebut juga dengan iklan niaga.

4 dari 4 halaman

Contoh Iklan yang Singkat dan Menarik

Setelah mengetahui pengertian dan jenis-jenis iklan, berikut ini terdapat beberapa contoh iklan yang singkat dan menarik, yaitu:

1. Contoh Iklan Produk

a. Pak Rudi adalah seorang pedagang martabak manis. Martabaknya enak karena tebal namun lembut. Taburan kacang dan coklatnya juga banyak. Martabak buatan Pak Rudi juga memiliki berbagai rasa seperti keju, pisang coklat, nanas, strawberry, dan lain-lain. Pak Rudi ingin agar martabaknya semakin banyak dibeli orang. Berdasarkan deskripsi tersebut, maka Pak Rudi membuat contoh iklan yaitu "Yummy Rasanya, Pas Harganya"

b. Nuvo ciptakan hari anti kuman. Penuhi hak hidup sehat, dan tumbuh kembang anak.

Nuvo family ciptakan generasi sehat Indonesia

2. Contoh Iklan Jasa

a. Rumah Cuci Gendis Tersedia Laundry Ekspress

3. Contoh Iklan Layanan Masyarakat

a. Ingat demam berdarah, Ingat 3M Plus (menutup tempat penampungan air, menguras tempat penampungan air, mengubur barang bekas, plus menghindari gigitan nyamuk)

b. Listrik pintar, solusi isi ulang PLN

Saatnya anda beralih ke listrik pintar. Dengan listrik pintar, biaya listrik sepenuhnya anda yang mengatur. Tidak perlu repot bayar bulanan, bebas kesalahan catat meter, bebas sanksi pemutusan dan ketidaknyamanan lainnya.

c. Ayo lindungi buah hati anda dari kesakitan, kecacatan dan kematian karena penyakit campak dan rubella.

4. Contoh Iklan 

a. Sekali semprot, wanginya seharian.

b. kenyang gak harus mahal. Ini baru burger!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.