Sukses

6 Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar, Mulai dari Makalah Sampai Karya Ilmiah

Kata kata pengantar adalah kalimat pembuka dari penulis yang ingin disampaikan penulis pada pembaca terkait karya tulisnya tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Contoh kata pengantar ada banyak jenisnya tergantung isinya. Mengetahui contoh kata pengantar yang baik dan benar dapat menjadi pedoman dalam menulis kalimat kata pengantar itu sendiri, baik untuk makalah sampai karya ilmiah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis. Secara sederhana, kata pengantar adalah kalimat pembuka dari penulis atau pengantar yang ingin disampaikan penulis pada pembaca terkait karya tulisnya tersebut.

Kata pengantar yang baik dan benar merupakan simbol penghormatan kepada para pembaca. Kata pengantar harus menggunakan kalimat efektif, dengan tujuan agar pembaca mudah memahami isi dari kata pengantar.

Berikut ini ulasan mengenai contoh kata pengantar mulai dari makalah sampai karya ilmiah yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (7/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Contoh Kata Pengantar Makalah

                                                               Kata Pengantar

Assalamualaikum wr.wb. Puji syukur atas rahmat Allah SWT, berkat rahmat serta karunia-Nya sehingga makalah dengan berjudul ‘Memaksimalkan Pengolahan Limbah Anorganik untuk Mengurangi Produksi Limbah di Masyarakat’ dapat selesai.

Makalah ini dibuat dengan tujuan memenuhi tugas akhir semester 2 kelas XII dari Bapak Muhammad Azis pada bidang studi biologi. Selain itu, penyusunan makalah ini bertujuan menambah wawasan kepada pembaca tentang pengolahan limbah anorganik guna mengurangi produksi limbah di masyarakat.

Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Muhammad Azis selaku guru mata pelajaran biologi. Berkat tugas yang diberikan ini, dapat menambah wawasan penulis berkaitan dengan topik yang diberikan. Penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada semua pihak yang membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan dan penulisan masih melakukan banyak kesalahan. Oleh karena itu penulis memohon maaf atas kesalahan dan ketaksempurnaan yang pembaca temukan dalam makalah ini. Penulis juga mengharap adanya kritik serta saran dari pembaca apabila menemukan kesalahan dalam makalah ini.

Jakarta, 2 Maret 2022

Penulis

3 dari 7 halaman

2. Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

                                                             Kata Pengantar

Puji syukur senantiasa kami haturkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat serta Karunia-Nya sehingga proposal penelitian 'Interpretasi Penggunaan Simbol dalam Puisi Hujan Bulan Juni' oleh Sapardi Djoko Damon bisa tuntas.

Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mempelajari dan menginterpretasikan berbagai simbol yang digunakan dalam puisi Sapardi Djoko Damono yang berjudul 'Hujan Bulan Juni'. Hal ini patut dipelajari, sebab setiap simbol yang digunakan dalam sebuah karya sastra pasti memiliki interpretasi berbeda.

Proposal penelitian ini tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan dari dosen pembimbing untuk mata kuliah penyusunan skripsi, Bapak Rahmat Kurniawan, M.A. Atas bantuan beliau penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian ini dengan baik.

Penulis sadar bahwa masih ada kekurangan dan kesalahan dalam tulisan dan proses penulisan proposal ini. Oleh karena itu, penulis memohon maaf sebesar-besarnya. Penulis juga selalu mengharapkan kritik serta saran untuk pengembangan hasil tulisan penulis ke depannya.

Yogyakarta, 4 Maret 2022

Penulis

4 dari 7 halaman

3. Contoh Kata Pengantar Laporan

                                                                Kata Pengantar

Segala puji senantiasa disampaikan kepada Allah SWT yang telah memberikan kekuatan dan rahmat-Nya sehingga penyusunan laporan praktik kerja lapangan ini dapat berjalan lancar. Laporan praktik kerja lapangan ini berjudul Pengaruh Media Belajar dalam Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Kelas 3 SDN Permata Semarang.

Laporan praktik kerja lapangan ini disusun dengan kerja keras penulis dan pihak-pihak yang turut berperan di dalamnya. Karena itu, secara khusus penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang turut membantu dalam menyelesaikan penyusunan laporan ini.

1. Bapak Drs. Ahmad Muzakki, M.Pd selaku Kepala SDN 5 Permata Jelita Semarang

2. Ibu Nuraini selaku pendamping selama kegiatan praktik kerja lapangan di SDN 5 Permata Jelita Semarang

3. Bapak Ahmad Muhaimin, M.A selalu dosen pembimbing

4. Teman-teman satu kelompok praktik kerja lapangan.

Laporan ini memberikan penjelasan tentang pengaruh penggunaan media belajar dalam pembelajaran bahasa Inggris dasar untuk siswa kelas 3 SD. Apa saja pengaruh dan bagaimana media belajar tersebut berpengaruh, akan dijelaskan secara lengkap dalam laporan ini.

Selama proses penyusunan dan hasil yang disajikan dalam bentuk laporan ini, penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan. Tidak ada manusia yang sempurna, karena itu penulis senantiasa memohon maaf kepada pembaca apabila masih menemukan kesalahan dalam penulisan.

Penulis juga mengharapkan adanya kritik dan saran membangun dari pembaca, dengan begitu dapat meningkatkan dan membantu penulis untuk terus berkembang di masa depan.

Akhir kata, semoga laporan yang kami susun ini dapat menambah wawasan bagi pembaca secara umum dan penulis secara khusus. Semoga dari laporan ini dapat memberikan manfaat bagi penulis lain.

Semarang, 4 Maret 2022

Penulis

5 dari 7 halaman

4. Contoh Kata Pengantar Proposal

                                                                       Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis menyusun proposal penelitian yang berjudul "Analisis Kerawanan Banjir sebagai Upaya Pengelolaan Bencana di Kecamatan Waru, Sidoarjo."

Penulisan proposal penelitian ini diajukan guna pembaruan informasi daerah rawan bencana banjir di Kecamatan waru, Sidoarjo. Informasi yang terbarui diharapkan mampu menjadi salah satu upaya untuk meminimalisir korban jiwa dan harta di daerah penelitian.

Penulis menyadari bahwa penyusunan proposal ini masih jauh dari sempurna karena pengalaman dan pengetahuan penulis yang terbatas. Oleh karena itu, saran dan kritik dari semua pihak sangat diharapkan demi perbaikan proposal di masa mendatang.

Surabaya, 6 Maret 2022

Penulis

6 dari 7 halaman

5. Contoh Kata Pengantar Skripsi

                                                                       Kata Pengantar

Assalamualaikum wr.wb. Segala puji syukur kepada Allah SWT karena rida-Nya, skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik. Skripsi ini dibuat untuk memenuhi syarat untuk kelulusan pada program sarjana di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Malang.

Penulis sadar bahwa skripsi ini tidak akan terwujud tanpa dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh sebab itu, penulis memberikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya sebagai bentuk apresiasi kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan membantu dalam proses penulisan skripsi ini.

1. Ibu Siti Amina, M.A selalu Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang

2. Ibu Nur Laili Mahmudah, M.A selaku dosen pembimbing yang membimbing dalam penyusunan skripsi ini.

3. Orang tua, kakak, adik dan sahabat penulis yang selalu memberi dukungan secara moral.

4. Semua pihak yang terlibat dalam penyusunan skripsi ini.

Skripsi dengan judul PENGARUH MEDIA BELAJAR DALAM MEMUDAHKAN PESERTA DIDIK MEMAHAMI KOSAKATA DASAR BAHASA INGGRIS ini disusun selain untuk memenuhi kebutuhan tugas akhir, diharapkan juga bisa memberikan wawasan lebih bagi pembaca.

Dalam penulisan skripsi ini, penulis menyadari masih ada kesalahan dan kekurangan di dalamnya. Oleh karena itu, penulis memohon maaf atas kesalahan yang mungkin ditemukan di dalamnya. Penulis juga mengharapkan adanya kritik dan saran membangun untuk membantu penulis di masa depan.

Akhir kata, semoga tujuan dari penulisan skripsi ini dapat terwujud dan dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Akhir kata wassalamu'alaikum wr.wb.

Malang, 4 Maret 2022

Penulis

7 dari 7 halaman

6. Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Ilmiah

                                                                        Kata Pengantar

Puji dan syukur senantiasa kami ucapkan kepada Tuhan YME atas rida dan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan hasil karya tulis ilmiah yang berjudul 'Upaya Pengurangan Dampak Efek Rumah Kaca'.

Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Aidin Arham yang yang telah membimbing dan membantu kami dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada teman-teman yang telah membantu baik secara moral maupun material sehingga karya tulis ilmiah ini dapat terwujud.

Karya tulis ilmiah ini akan menjelaskan tentang fenomena 'Efek Rumah Kaca' dan upaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkannya. Fenomena ini merupakan sebuah fenomena yang sedang menjadi perhatian di seluruh dunia karena dampaknya yang luar biasa.

Penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan dan kesalahan dalam karya tulis yang disusun. Oleh karena itu penulis mohon maaf atas kesalahan tersebut. Kritik dan saran dari pembaca senantiasa ditunggu oleh penulis guna meningkatkan kualitas tulisan ke depannya.

Jakarta, 4 Maret 2022

Penulis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.