Sukses

Game Nomor 1 di Indonesia Apa? Kenali Jenis-Jenis Game Online

Liputan6.com, Jakarta Game nomor 1 di Indonesia apa mungkin menjadi pertanyaan banyak orang. Pasalnya, banyak game online yang sedang populer di Indonesia sekarang ini. Game tersebut tidak hanya dimainkan oleh anak-anak saja, bahkan orang dewasa juga menggemarinya.

Berbagai game online yang dapat dimainkan di smartphone seperti Free Fire, PUBG, hingga Mobile Legends tentu sudah tidak asing di telinga. Ketiganya merupakan game terpopuler yang dimainkan oleh jutaan orang.

Game nomor 1 di Indonesia apa tentu bisa kamu jawab dengan ketiga game tersebut. Namun, masih banyak pula game lainnya yang tidak kalah seru. Jika ditanya game nomor 1 di Indonesia apa, kamu bisa menjawabnya dengan beberapa daftar di bawah ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/3/2022) tentang game nomor 1 di Indonesia apa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Game Nomor 1 di Indonesia Apa?

Game nomor 1 di Indonesia apa bisa kamu jawab dengan beberapa permainan di smartphone. Pasalnya, game smartphone begitu digemari pada saat ini. Game nomor 1 di Indonesia apa terdiri dari game-game populer seperti Free Fire, PUBG, dan Mobile Legends.

Merangkum dari Lifepal, game nomor 1 di Indonesia apa dapat kamu jawab dengan berbagai daftar game berikut:

Free Fire

Game nomor 1 di Indonesia apa? Jawabannya adalah Free Fire. Garena Free Fire menjadi mobile game paling banyak diunduh di seluruh dunia pada Desember 2021. First person shooter dari Garena ini mengumpulkan hampir 24 juta pemasangan baru. Angka tersebut setara dengan peningkatan 28,2 persen dibandingkan dengan Desember 2020.

Dalam game ini, kamu akan bermain dengan rekan setim untuk mengalahkan musuh, dan bertahan hidup sampai akhir permainan. Nilai penjualan dan jumlah peminat Free Fire menjadikannya sebagai game populer nomor satu di Indonesia.

PUBG

Game nomor 1 di Indonesia apa juga bisa kamu jawab dengan PUBG. Game perang yang satu ini menempati urutan ke-2 sebagai game populer di Indonesia. Jadi di sini sebagai pemain, kamu akan berteman dengan empat orang untuk bisa bertahan hidup melawan 96 orang. Pemenang adalah yang bisa bertahan sampai akhir. Penjualan global game ini mencapai US$ 19 juta atau Rp 270 miliaran. Ratingnya di Android sudah mencapai 13,1 juta dan 58 jutaan di perangkat iOS.

Mobile Legends

Game populer berikutnya yang bisa menjadi jawaban pertanyaan game nomor 1 di Indonesia apa yaitu Mobile Legends. Kehadiran game satu ini merupakan alternatif bagi pencinta DOTA. Cara dan strategi permainannya hampir sama dengan DOTA, tetapi ML bisa dimainkan di perangkat smartphone. Jadi lebih praktis ketimbang DOTA.

Sebagai pemain kamu harus memilih hero dan membuat grup yang berisi lima orang, untuk kemudian saling menghancurkan markas lawan. Siapa yang jago meracik equip dan tangkas menggunakan jurus-jurus yang akan menang. Game bersutan Moonton ini sukses meraih penjualan global sekitar US$ 9 juta atau Rp 128 miliaran.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Game Online

Game nomor 1 di Indonesia apa bisa kamu lihat juga dari jenis-jenisnya. Jenis-jenis game online ini terutama yang biasanya dimainkan di PC atau laptop.

Massively Multiplayer Online Role-playing games (MMORPG)

Jenis game online yang pertama adalah MMORPG. Jenis game online ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan banyak dimainkan. Mungkin kamu lebih mengenal jenis game online satu ini dengan game RPG. Game jenis ini biasanya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. MMORPG biasanya lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada umumnya dalam MMORPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok. Contoh dari genre permainan ini Ragnarok Online, Final Fantasy, DotA, dan lain-lain.

Massively Multiplayer Online First-person shooter games (MMOFPS)

Selanjutnya, ada MMOFPS sebagai jenis game online yang tidak kalah populer dengan jenis MMORPG. Mungkin kamu lebih sering mendengar orang-orang menyebutnya dengan game FPS atau first-person shooter saja. Game online jenis ini mengambil sudut pandang orang pertama sehingga seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang dimainkan, di mana setiap tokoh memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya. Permainan ini dapat melibatkan banyak orang dan biasanya permainan ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer. Contoh permainan jenis ini antara lain Counter Strike, Call of Duty, Point Blank, Condition Zero, dan lain-lain.

Massively Multiplayer Online Real-time strategy games (MMORTS)

Jenis game online selanjutnya adalah MMORTS yang menekankan pada strategi permainan. Permainan ini memiliki ciri khas di mana pemain harus mengatur strategi permainan. Dalam MMORTS ini, ada berbagai tema permainan. Sebut saja contohnya tema permainan berupa sejarah, seperti Age of Empires yang sangat terkenal, fantasi seperti Warcraft dan lain-lain.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Game Online

Massively Multiplayer Online Browser Game

Selanjutnya ada jenis game online yang bisa dimainkan pada browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, hingga Internet Explorer. Biasanya game yang dapat dimainkan di browser ini merupakan game sederhana dengan pemain tunggal yang dapat dimainkan melalui HTML dan teknologi scripting HTML (JavaScript, ASP, PHP, MySQL).

Kamu mungkin sudah mengenal game browser sederhana seperti flash games atau java games yang sudah sangat populer. Permainan sederhana seperti Pac-Man bahkan dibuat ulang menggunakan plugin pada sebuah halaman web. Browser games yang baru menggunakan teknologi web seperti Ajax yang memungkinkan adanya interaksi multiplayer.

Simulation Games

Jenis game online yang juga sedang banyak peminatnya sekarang ini adalah simulation games. Game ini menarik minat banyak orang karena menawarkan pengalaman melakukan sesuatu melalui simulasi. Ada beberapa jenis game simulasi, yaitu life-simulation games, construction and management simulation games, dan vehicle simulation.

Pada life-simulation games, pemain bertanggung jawab atas sebuah tokoh atau karakter dan memenuhi kebutuhan tokoh selayaknya kehidupan nyata, namun dalam ranah virtual. Karakter memiliki kebutuhan dan kehidupan layaknya manusia, seperti kegiatan bekerja, bersosialisasi, makan, belanja, dan sebagainya. Biasanya, karakter ini hidup dalam sebuah dunia virtual yang dipenuhi oleh karakter-karakter yang dimainkan pemain lainnya. Contoh permainannya adalah Second Life.

Sedangkan pada construction dan management solution kamu bisa mendapatkan pengalaman dalam membangun kota hingga membangun peternakan. Kemudian, pada vehicle simulation, kamu bisa belajar mengemudikan mobil, truk, bus, hingga pesawat.

Cross-platform online play

Sedangkan jenis cross-platform online play ini merupakan game yang bisa dimainkan dengan perangkat yang berbeda. Sebagai contoh, kamu bisa memainkan game-game pada PlayStation atau Xbox pada PC. Selain itu, permainan pada konsol PlayStation maupun Xbox juga sudah dilengkapi dengan fitur online.

5 dari 5 halaman

Jenis Game Berdasarkan Platform

PC Games: dimainkan menggunakan personal computer atau PC Desktop hingga laptop.

Console Games: Game jenis ini bisa dimainkan menggunakan konsol game tertentu seperti PlayStation hingga Xbox.

Handheld Games: Game satu ini bisa dimainkan di console game khusus yang mudah dibawa seperti Sony PSP atau Nintendo DS.

Mobile Games: Game jenis ini hadir untuk ponsel atau perangkat mobile. Game ini memang dibuat khusus untuk dimainkan pada perangkat mobile.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS