Sukses

14 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan mata panda secara alami bisa kamu praktikkan di rumah. Menggunakan bahan-bahan alami, memperhatikan pola hidup sehat, serta perawatan tubuh yang tepat dapat membuat kamu terhindar dari masalah mata panda.

Mata panda biasanya muncul karena berbagai kebiasaan buruk yang kamu lakukan. Pola hidup yang kurang sehat, kebiasaan tidur malam atau begadang, dan menatap layar hp dalam waktu lama merupakan beberapa perilaku yang meningkatkan risiko munculnya mata panda. Memperhatikan kebiasaan sehari-hari sangat penting untuk mencegah mata panda.

Cara menghilangkan mata panda harus kamu terapkan secara rutin. Penggunaan mentimun, kentang, minyak zaitun, dan bahan-bahan alami lainnya efektif dalam menghilangkan mata panda. Hal ini tentunya juga aman digunakan sebagai perawatan rutin.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut, kamu bisa menjaga penampilan tetap menarik dan bebas dari mata panda. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/3/2022) tentang cara menghilangkan mata panda.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Mentimun

Cara menghilangkan mata panda secara alami yang mungkin sudah dikenal banyak orang adalah menggunakan mentimun. Kandungan vitamin A, B, dan C, serta kandungan air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silikon pada mentimun sangat baik untuk mendukung mata agar sehat dan terlihat lebih segar.

Caranya taruh irisan mentimun pada area mata lebih kurang selama 30 menit. Menempelkan irisan mentimun pada area mata, tentu saja merupakan cara menghilangkan mata panda yang sudah diketahui oleh banyak orang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mentimun memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan mata. Lakukan secara rutin.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bukan hanya bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit, tapi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda. Ini berkat antioksidan dalam minyak zaitun yang dapat membantu mencerahkan kulit di bawah mata yang gelap.

Selain itu, ia juga mampu menghidrasi dan melembapkan kulit. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke area kantung mata dan pijat perlahan. Gunakan setiap hari sebelum tidur. Lakukan cara ini secara rutin hingga mata panda mulai memudar.

Kantong Teh

Kantong teh juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda. Pasalnya, tannin pada kantong teh celup dapat mengurangi pembengkakan dan perubahan warna lingkar mata.

Caranya, simpan kantong teh semalaman di dalam kulkas untuk digunakan pagi harinya. Letakkan di atas matamu (dalam keadaan terpejam) selama 10-15 menit. Penggunaan kantong teh sebagai salah satu cara menghilangkan mata panda ini cukup sering dilakukan orang-orang.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Lidah Buaya

Kandungan vitamin E, A, dan C pada lidah buaya dapat membantu menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit. Berkat kandungan tersebut, rutin mengaplikasikan lidah buaya di bagian bawah mata setiap tidur malam, dapat membantu sebagai cara menghilangkan mata panda.

Caranya, usapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata yang menghitam, dan diamkan selama 15 menit. Bilas dan bersihkan dengan air.

Kentang

Kentang mempunyai kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mengurangi radang dan menjaga kelenturan kulit. Cara menghilangkan mata panda dengan kentang mudah saja diterapkan.

Kupas dan cuci bersih kentang hingga tidak ada getah kentang. Blender kentang sampai halus. Masukkan kentang yang sudah halus ke dalam kantong yang bersih dan lembut. Kompreskan kain tersebut pada kedua mata selama 15 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan. Lakukan langkah ini secara rutin untuk hasil maksimal.

Es Batu

Es batu sejak dulu dikenal dapat mengatasi berbagai permasalahan kecantikan, termasuk cara menghilangkan mata panda. Pasalnya, es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada plantar fascia (jaringan). Penggunaan es batu sangat mudah dan digadang-gadang sangat ampuh untuk menghilangkan kantung mata.

Cara menghilangkan mata panda dengan es batu adalah, bungkus es batu dengan handuk atau kain bersih. Gunakan untuk mengompres area mata sekitar 10 menit dengan jeda waktu beberapa kali.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Minyak Almond

Bahan lain yang juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda yaitu minyak almond. Minyak almond mengandung vitmin K, vitamin E yang bisa menetralisir lingkar hitam mata dan membuat kulit cerah.

Cara memakainya, oleskan minyak almond pada bagian bawah mata yang menghitam menggunakan kapas. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini sebelum tidur di malam hari. Bersihkan saat bangun di pagi hari dengan air bersih.

Madu

Madu memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit sehingga ketika dioleskan pada kantung mata. Kulit di area tersebut akan diregenerasi sehingga bisa menjadi cerah lagi.

Cara menghilangkan mata panda dengan madu sangat mudah yakni dengan mengoleskan madu pada kantung mata dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

Putih Telur

Putih telur mengandung vitamin yang dapat membantu mengencangkan kulit. Berkat kandungan tersebut, putih telur dianggap efektif untuk menghilangkan kantung mata.

Berikut adalah cara menghilangkan mata panda dengan menggunakan putih telur. Oleskan putih telur pada bagian mata yang menghitam. Biarkan selama 20 menit atau hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.

Lemon dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis dan lemon dikenal akan kandungan vitamin c yang cukup tinggi. Alasan itulah yang menjadikan jeruk nipis dan lemon sangat populer di dunia kecantikan dalam mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk mata panda. Lemon dan jeruk nipis dapat menghilangkan lingkaran menghitam di area bawah mata.

Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan memotong lemon atau jeruk nipis secara melingkar kemudian menempelkannya pada bagian kedua mata sekitar 10 sampai 15 menit. Lakukan cara menghilangkan mata panda ini setiap hari untuk hasil maksimal.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Mata Panda

Cukupi Tidur

Cara menghilangkan mata panda juga bisa kamu lakukan dengan memperhatikan kebiasaan sehari-hari. Salah satunya yaitu dengan mencukupi waktu tidur. Hal ini disebabkan karena kantung mata yang umum ditemui biasanya disebabkan karena kurang tidur. Kurang tidur dapat memperlambat sirkulasi darah, hingga menjadi pemicu munculnya mata panda. Menghindarinya jelas akan membuat kantung mata kembali seperti semula.

Selain itu, kurang tidur akan membuat munculnya cairan berlebih. Hingga akan membuat kelebihan cairan ini berkumpul pada jaringan kulit di bawah mata. Kantung mata hitam dan bengkak menjadi mudah muncul setelahnya.

Ubah Posisi Tidur

Selain mencukupi waktu tidur, mengubah posisi tidur yang tengkurap bisa dijadikan cara menghilangkan mata panda secara alami. Hal ini disebabkan karena tidur dengan posisi tengkurap dapat menjadi penyebab kantung mata menjadi hitam.

Posisi tengkurap dapat menyebabkan retensi cairan di bawah mata. Hingga membuat kantung mata hitam semakin mudah timbul karenanya. Cobalah dengan posisi tidur menyamping. Sirkulasi darah dapat meningkat karenanya.

Hindari Kopi                 

Kopi dikenal mampu mengurangi rasa kantuk. Meski begitu, mengonsumsinya dapat membuat seseorang mudah terjaga di malam harinya. Jadi memang menghindari kopi adalah salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami.

Jika masih ingin mengonsumsi kopi, pastikan tidak di malam hari. Lebih baik lagi menghindari dan menggantinya dengan minuman yang lain. Misalnya saja seperti teh hijau, susu, dan lain sebagainya.

Mencukupi Asupan Cairan

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan mata panda. Selain itu, agar terhindar dari retensi cairan, kamu dapat mengurangi asupan makanan olahan yang mengandung banyak garam.