Sukses

10 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan, Cegah Penuaan dan Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun kelor tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga berkhasiat bagi kesehatan wajah. Berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dipercaya baik untuk mencegah penuaan dan timbulnya jerawat.

Manfaat daun kelor untuk wajah bisa diperoleh melalui kandungan nutrisi dan beragam zat aktif di dalamnya yang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat. Di dalam daun kelor terkandung zat dan nutrisi diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, serta antioksidan seperti flavonoid. 

Untuk itu, banyak orang kerap menggunakan daun kelor sebagai masker wajah alami yang terbuat dari bubuk daun kelor atau terkandung di dalam produk perawatan wajah tertentu, mulai dari serum, krim wajah, minyak esensial, hingga essence.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat daun kelor bagi kecantikan yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/3/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

1. Mencegah dan mengurangi munculnya jerawat

Berbagai riset menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor mengandung efek antibakteri dan antiradang yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan di kulit yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Meski begitu, manfaat daun kelor untuk wajah dalam mengatasi jerawat masih perlu diteliti lebih lanjut efektivitas dan keamanannya. Jika Anda memiliki kulit wajah berjerawat dan tidak sembuh dengan penggunaan daun kelor, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

2. Mencerahkan kulit wajah

Kandungan vitamin C dalam daun kelor dapat mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit. Vitamin tersebut bekerja dengan cara menekan pembentukan melanin yang memberikan warna pada kulit. Selain, mencerahkan kulit wajah, vitamin C pada daun kelor juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yaitu protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya.

3. Mencegah penuaan

Daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi serta vitamin C yang dapat menghasilkan kolagen. Kadar kolagen dan antioksidan yang cukup berperan penting untuk mencegah dan memperlambat penuaan serta mengurangi bintik atau flek hitam dan kerutan di wajah.

4. Menghaluskan dan melembutkan kulit

Vitamin B3 atau niacinamide yang terdapat di dalam daun kelor dipercaya dapat memperbaiki tekstur lapisan kulit terluar atau epidermis, sehingga membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Selain itu, vitamin ini juga dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit.

5. Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet

Manfaat daun kelor juga diketahui dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Manfaat daun kelor ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, serta senyawa antioksidan dan antiradang yang ada di dalamnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

6. Meregenerasi sel kulit

Tak hanya menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium yang terdapat di dalam daun kelor juga baik untuk kesehatan kulit. Pasalnya, nutrisi satu ini juga dibutuhkan untuk meregenerasi sel kulit wajah, yaitu pembentukan sel baru yang lebih sehat.

7. Melembapkan Bibir

Manfaat daun kelor berikutnya, yaitu melembapkan bibir. Menurut sejumlah penelitian, minyak daun kelor memiliki kualitas yang sangat baik seperti minyak zaitun. Sehingga, dapat melembapkan dan melembutkan bibir secara alami. Selain itu, daun kelor juga memiliki kandungan asam lemak yang biasa digunakan oleh industri kecantikan untuk perawatan bibir. Pasalnya, kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk melembapkan bibir kering dan mempertahankan kelembutan bibir.

8. Mengatasi Kulit Berminyak

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A, E, dan C yang berfungsi efektif untuk menghilangkan kulit berminyak. Caranya cukup mudah, tumbuk daun kelor, campur dengan sedikit air, lalu oleskan pada kulit yang berminyak. Agar mendapatkan manfaat daun kelor ini dengan maksimal, lakukan cara ini secara rutin dan teratur. Dengan begitu, kulit wajah Anda akan terbebas dari kulit kering dan berminyak.

9. Menghilangkan Flek Hitam

Manfaat daun kelor selanjutnya, yaitu menghilangkan flek hitam di wajah. Untuk kadar pemakaiannya, Anda bisa menggunakan sebanyak yang bisa ditempelkan di wajah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menambahkan madu atau temulawak.

10. Mengecilkan Pori

Manfaat daun kelor yang lainnya adalah bisa mengecilkan pori-pori di sekitar wajah. Daun kelor memiliki protein khusus yang bisa memacu tubuh memproduksi kolagen sehingga pori-pori wajah bisa mengecil.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Daun Kelor

Sebelum membuat masker daun kelor, sebaiknya siapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Adapun bahan utama pembuatan masker daun kelor adalah sebagai berikut:

- 1 sdm madu murni

- 1 sdm bubuk daun kelor

- Alpukat yang sudah ditumbuk halus

- 1 sdt jus lemon atau air

Cara membuat masker daun kelor:

a. Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk, lalu aduk hingga rata.

b. Setelah semua bahan tercampur, oleskan racikan tersebut ke wajah secara perlahan sampai rata.

c. Diamkan masker daun kelor berada di wajah selama 20 menit.

d. Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat.

e. Keringkan wajah dengan handuk secara perlahan.

f. Agar mendapatkan hasil optimal, gunakan masker daun kelor pada malam hari.