Sukses

15 Manfaat Jeruk Nipis Kaya Antioksidan, Kuatkan Kekebalan Tubuh

Jeruk nipis punya segudang khasiat.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jeruk nipis punya segudang khasiat. Jeruk nipis atau sebutan lainnya key lime green, atau Citrus × aurantiifolia merupakan jenis jeruk yang kerap digunakan pada minuman atau penambah rasa masakan. Manfaat jeruk nipis biasa diminum ketika sedang batuk atau radang tenggorokan. 

Jeruk nipis dikenal dengan rasanya yang sangat asam. Meski begitu, jeruk nipis bisa memberi kesegaran tersendiri ketika dijadikan infused water atau air jeruk. Manfaat jeruk nipis juga sangat terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Manfaat jeruk nipis sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, manfaat jeruk nipis juga berguna untuk mencegah beragam penyakit jangka panjang seperti jantung dan ginjal. Manfaat jeruk nipis tentunya tidak main-main.

Berikut 15 manfaat jeruk nipis, dirangkum Liputan6.com dari Healthline dan Medical News Today, Jumat(11/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat jeruk nipis

Sumber antioksidan

Jeruk nipis kaya akan senyawa aktif yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Ini termasuk flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat. Antioksidan adalah senyawa penting yang mempertahankan sel dari molekul yang disebut radikal bebas. Dalam jumlah tinggi, radikal bebas dapat merusak sel-sel, dan kerusakan ini telah dikaitkan dengan kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker.

Antimikroba

Manfaat jeruk nipis telah menunjukkan sifat antibakteri dan antijamur. Menurut beberapa penelitian, limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah akumulasi bakteri Streptococcus. Streptococcus adalah jenis bakteri yang bertanggung jawab atas berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, termasuk infeksi pernapasan dan mulut. Minum air jeruk nipis dapat membantu menghentikan organisme berbahaya ini berkembang dan mencegah penyakit bakteri.

3 dari 8 halaman

Manfaat jeruk nipis

Meningkatkan kekebalan

Manfaat jeruk nipis kaya akan vitamin C, nutrisi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Dalam penelitian pada manusia, mengonsumsi vitamin C membantu mempersingkat durasi dan keparahan pilek. vitamin C juga dapat membantu luka pulih lebih cepat dengan mengurangi peradangan dan merangsang produksi kolagen. Selain vitamin C, jeruk nipis adalah sumber antioksidan yang bagus, yang membantu memperkuat sistem kekebalan.

Sehatkan pencernaan

Minum air jeruk nipis meningkatkan pencernaan. Jeruk nipis bersifat asam dan membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan yang lebih baik. Selain itu, flavonoid dalam jeruk nipis merangsang sekresi cairan pencernaan. Jika mengalami sembelit, keasaman jeruk nipis dapat membersihkan sistem ekskresi dan merangsang aktivitas usus.

4 dari 8 halaman

Manfaat jeruk nipis

Melawan infeksi

Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi seperti virus flu dan pilek. Ini juga dapat mempersingkat durasi penyakit.

Mengurangi peradangan

Radang sendi, asam urat, dan masalah persendian lainnya semuanya disebabkan oleh peradangan. Manfaat jeruk nipis dengan vitamin C-nya dapat mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Menambahkan air jeruk nipis ke dalam air dapat meredakan gejala radang sendi dan kondisi serupa yang menyebabkan nyeri dan kekakuan sendi. Jeruk nipis juga dapat menurunkan kadar asam urat. Asam urat adalah produk limbah yang dihasilkan tubuh saat memecah makanan yang mengandung purin, seperti daging, hati, jamur, dan kacang kering.

5 dari 8 halaman

Manfaat jeruk nipis

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah membantu mengatur berat badan. Asam sitrat dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Untuk memulai hari dengan baik dan meningkatkan metabolisme, minumlah segelas air jeruk nipis di pagi hari, atau isap irisan jeruk nipis sebelum makan.

Menurunkan gula darah

Sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, jeruk nipis dapat membantu penderita diabetes. Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur bagaimana tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah.

6 dari 8 halaman

Manfaat jeruk nipis

Menyehatkan kulit

Jeruk nipis memiliki beberapa sifat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C pada jeruk nipis diperlukan untuk membuat kolagen, protein yang membuat kulit kencang dan kuat. Manfaat jeruk nipis juga mengandung antioksidan tinggi, yang dapat membantu memerangi perubahan kulit terkait usia.

Meremajakan kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang memperkuat kolagen. Minum air jeruk nipis dapat menghidrasi dan meremajakan kulit. Vitamin C dan flavonoid juga ditemukan di beberapa produk perawatan kulit topikal. Tapi, tidak disarankan untuk mengoleskan air jeruk nipis langsung ke kulit karena paparan sinar matahari setelah aplikasi dapat menyebabkan phytophotodermatitis, atau luka bakar akibat jeruk nipis yang menyakitkan.

7 dari 8 halaman

Manfaat jeruk nipis

Mengurangi risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Manfaat jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Vitamin C juga dapat melindungi terhadap aterosklerosis yang menyebabkan plak menumpuk di arteri. Jeruk nipis juga adalah sumber magnesium dan kalium yang baik. Kalium secara alami dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, yang mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Menurunkan risiko stroke

Menurut American Heart Association, makan buah jeruk dalam jumlah yang lebih tinggi dapat menurunkan risiko stroke iskemik bagi wanita. Dalam sebuah penelitian, peserta yang makan jeruk dalam jumlah paling banyak memiliki risiko stroke iskemik 19 persen lebih rendah.

8 dari 8 halaman

Manfaat jeruk nipis

Cegah batu ginjal

Buah jeruk seperti jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tinggi, yang dapat mencegah batu ginjal. Manfaat jeruk nipis ini didapat dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin. Satu studi menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak buah jeruk memiliki risiko batu ginjal yang jauh lebih rendah.

Meningkatkan penyerapan zat besi

Makanan tinggi vitamin C, seperti jeruk nipis, dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati. Zat besi adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kadar zat besi dalam darah yang rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi.

Menurunkan risiko kanker tertentu

Buah jeruk memiliki senyawa yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu. Secara khusus, flavonoid - yang bertindak sebagai antioksidan - dapat membantu menghentikan ekspresi gen yang mendorong perkembangan kanker. Penelitian tabung menunjukkan bahwa buah jeruk dapat menekan pertumbuhan atau penyebaran usus besar, tenggorokan, pankreas, payudara, sumsum tulang, limfoma, dan sel kanker lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.