Sukses

Pengertian Kegiatan Ekonomi, Jenis, Tujuan, dan Cirinya

Liputan6.com, Jakarta Pengertian kegiatan ekonomi penting dipahami. Kegiatan ekonomi ada di semua tingkatan dalam masyarakat. Pengertian kegiatan ekonomi merupakan dasar dari pemahaman ilmu ekonomi.

Umumnya, pengertian kegiatan ekonomi dipelajari sebagai dasar bidang keilmuan ini. Kegiatan ekonomi tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Pengertian kegiatan ekonomi nantinya berguna bagi siapa saja yang menjalankan aktivitas ekonomi.

Pengertian kegiatan ekonomi membantu memahami aktivitas ekonomi mulai dari memproduksi sampai mengonsumsi barang. Pengertian kegiatan ekonomi menjelaskan proses-proses penciptaan dan penggunaan barang dan jasa. Berikut pengertian kegiatan ekonomi dan jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (12/3/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Pengertian kegiatan ekonomi

Mengutip Sumber.belajar.kemdikbud, pengertian kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada dasarnya kegiatan ekonomi merupakan suatu aktivitas atau usaha yang dilakukan manusia untuk mewujudkan kemakmuran, yaitu melalui produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan tersebut antara satu dengan yang lainnya saling berhubungan.

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan penyediaan, pembuatan, pembelian, atau penjualan komoditas atau jasa. Kegiatan ini dilakukan oleh orang-orang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Kegiatan yang melibatkan uang, atau pertukaran produk atau jasa, adalah kegiatan ekonomi.

3 dari 5 halaman

Jenis kegiatan ekonomi

Dalam pengertian kegiatan ekonomi, ada 3 bentuk kegiatan ekonomi utama. Masih dikutip dari Sumber.belajar.kemdikbud, kegiatan ekonomi meliputi:

Produksi

Produksi merupakan kegiatan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa. Kegiatan pokok ekonomi produksi dilakukan oleh produsen dalam rangka menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan dari produksi adalah guna memenuhi kebutuhan para pembeli atau konsumen dan mencari keuntungan dalam menghasilkan barang dan jasa.

Distribusi

Setelah kegiatan produksi, kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan distribusi. Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari pihak produsen kepada pihak konsumen. Orang yang melakukan distribusi disebut distributor. Adapun tugas utama dari kegiatan distribusi yaitu membeli barang-barang dari pihak produsen untuk kemudian dijual kepada pihak konsumen.

Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa secara berangsur-angsur atau langsung habis. Kegiatan konsumsi bisa terjadi ketika produsen menjual barang atau jasa langsung kepada konsumen. Bisa juga kegiatan konsumsi terjadi ketika konsumen membeli barang atau jasa dari distributor.

4 dari 5 halaman

Tujuan kegiatan ekonomi

Salah satu tujuan utama kegiatan ekonomi adalah menghasilkan barang dan jasa agar tersedia bagi konsumen. Semua kegiatan yang dilakukan dengan imbalan uang atau barang berharga adalah pengertian kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa agar keinginan manusia terpenuhi. Usaha manusia diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat. Semua jenis pekerjaan dan profesi dilakukan untuk menciptakan kekayaan dan memenuhi kebutuhan manusia. Menurut Fisher, tujuan kegiatan ekonomi adalah:

Alokasi sumber daya yang tepat

Sumber daya ekonomi terbatas dan kebutuhannya banyak. Sangat penting untuk membuat alokasi sumber daya yang bijaksana sehingga kebutuhan maksimum terpenuhi. Setiap orang menilai kebutuhan dan sumber dayanya. Dia menentukan prioritasnya untuk menerapkan sumber dayanya. Beberapa kebutuhan mendesak sementara yang lain mungkin menunggu beberapa saat. Upaya dilakukan untuk mendapatkan kepuasan maksimal dari penggunaan sumber daya yang tersedia. Alokasi sumber daya yang tepat akan memastikan penggunaan terbaiknya.

Penggunaan sumber daya optimal

Tujuan lain dari kegiatan ekonomi adalah penggunaan sumber daya secara optimal. Sumber daya harus dimanfaatkan secara maksimal. Berbagai faktor produksi seperti tanah, modal tenaga kerja, dll harus digunakan dalam memproduksi barang sedemikian rupa sehingga tidak ada bagian yang dibiarkan menganggur. Misalnya, jika satu set faktor produksi dapat menghasilkan sejumlah unit tertentu, maka produksi tidak boleh kurang dari jumlah itu jika tidak, sumber daya tidak akan digunakan sepenuhnya.

5 dari 5 halaman

Ciri-ciri kegiatan ekonomi

Melansir Yourarticlelibrary, berikut ciri-ciri kegiatan ekonomi:

Menghasilkan kekayaan

Kegiatan ekonomi dilakukan untuk menghasilkan kekayaan. Kekayaan dihasilkan oleh kegiatan produktif. Hasil produksinya bisa untuk konsumsi anggota keluarga atau untuk orang lain. Seorang petani misalnya, dapat menanam sayuran untuk konsumsi keluarganya dan untuk dijual di pasar. Hasil panen yang dijual di pasar akan mendatangkan pendapatan bagi petani.

Memuaskan keinginan

Tujuan utama kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan yang harus dipenuhi mungkin sekarang atau masa depan. Ketika seseorang melakukan pekerjaan untuk mendapatkan uang dan membeli kebutuhan untuk keluarganya maka itu akan memuaskan kebutuhan saat ini. Di sisi lain ketika seseorang menyimpan uang dari penghasilannya saat ini untuk memenuhi kebutuhannya setelah pensiun maka itu akan menjadi rencana untuk masa depan.

Pendapatan berupa uang

Semua kegiatan ekonomi, ini mungkin terkait dengan bisnis, profesi atau jasa, membantu dalam mendapatkan penghasilan uang. Orang melakukan kegiatan ini untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka dengan bantuan uang yang diperoleh melalui kegiatan produktif. Penghidupan dimungkinkan dengan pendapatan uang yang diperoleh dari kegiatan ekonomi.

Kegiatan pengembangan

Kegiatan ekonomi tidak hanya memuaskan keinginan manusia tetapi juga menjadi dasar bagi pembangunan ekonomi masyarakat. Ketika kebutuhan lama terpuaskan maka kebutuhan baru muncul. Sumber daya ekonomi digunakan untuk menghasilkan produk baru dan proses ini membantu dalam menghasilkan lapangan kerja dan akhirnya pendapatan uang. Pembangunan sosial terkait dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan di sana.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.